Saturday, October 1, 2011

Kuliner Pontianak - Mie Tiaw Daging Sapi Apollo


Wisata Kuliner Indonesia #162
Mie Tiaw Apollo
Jl.Pattimura No. 63 Pontianak
Telp. 0561 738741

Setelah dua tahun lalu berkesempatan menikmati Kuliner Pengkang di pinggiran Kota Pontianak, tahun ini saya berkesempatan untuk mencicipi kuliner di jantung kota Pontianak. Salah satu yang banyak direkomendasikan adalah Mie Tiaw Daging Sapi APOLLO. Bener aja, waktu sudah menunjukkan pukul 22.30 ketika saya tiba di kedai ini, tapi ramenya pengunjung seolah hari masih sore, ada yang makan disana dan tidak sedikit yang membawa pulang untuk disantap di rumah. Langsung saya pesan Mie Tiaw plus segelas jeruk panas. Tak lama hadir di meja saya sepiring mie tiaw dengan porsi yang cukup besar. Karena berwarna coklat gelap, saya pikir mie tiaw Apollo ini akan terasa sangat manis, tapi ternyata dugaan saya salah, rasanya justru cenderung asin. Bumbunya terpadu dengan sempurna, tanda cara masaknya yang gak asal-asalan. Di sela-sela mie tiaw ini akan kita temukan daging sapi, babat, tauge dan sayuran. Walau kurang manis (buat ukuran saya) tapi saya harus angkat jempol buat cita rasa yang disajikan Mie Tiaw Apollo ini. Dan harganya pun relatif terjangkau, hanya 15rb rupiah saja satu porsinya.

Buat minumnya jangan lupa untuk mencicipi kesegaran jeruk Pontianak yang sudah sangat kondang itu. Segernya jeruk hangat ini emang beda banget kerasanya di lidah dan tenggorokan. Harganya 8ribu untuk satu gelasnya.


Mie Tiaw Apollo ini sendiri buka dari jam 15.00 sampai jam 03.00 pagi! Tak heran di malam selarut ini pengunjungnya masih berbondong datang, apalagi saya datangnya memang di malam sabtu, malam akhir pekan. Dan tidak salah menjadi kuliner legenda di Pontianak karena memang sudah hadir sejak tahun 1968, seperti yang tercantum pada papan namanya. Lokasinya juga strategis, mudah dijangkau dan dekat dengan Pusat Oleh-Oleh Pontianak juga loh. Sama-sama di Jalan Pattimura.Jadi kalo ke ibu kota Kalimantan Barat ini, sempatkan untuk mampir ke Mie Tiaw Apollo, dijamin gakan nyesel deh :)

Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. Setuju! Saya salah satu penggemar berat mie tiaw daging Pontianak, tapi apa daya sekarang saya sudah jauh di rantau, di Balikpapan. Di Balikpapan ada juga beberapa tempat yg menyediakan menu mie tiaw dengan label khas Pontianak atau Singkawang tapi pakai potongan daging ayam dan mie yg digunakan adalah mie tiaw kering yg direbus agar lembut, bukan mie tiaw jadi yg sudah lembut khas Kalbar.

    ReplyDelete
  2. Coba dicek saingan sebelah Appolo dan dengarkan ceritanya. Yang satu bilang tidak pernah pindah (Appolo), sedangkan saingannya di tetangganya (Mie Tiaw Polo) bilang pindahan dari sebelah. Yang mana yang benar?

    ReplyDelete
  3. Mie Tiaw Apollo and Mie Polo Sama Enaknya !! Mie Tiaw Polo Dulunya adalah orang yg mengelola mie tiaw Apollo. Kokinya juga sama, dan hasil masakannya sama2 enak. nikmati saja mie tiaw Apolo and mie tiaw polo, pasti yg pernah merasakan akan ketagihan ingin slalu mencicipi. seperti saya yang slalu menikmati mie tiaw apollo and mie tiaw polo.

    ReplyDelete
  4. Untuk urusan mie tiaw di Pontianak, APOLLO jagonya. Sejak 1964 mie tiaw Apollo telah menjadi pilihan bagi para pecinta kuliner khas Pontianak, mak nyosss... :-)

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum....salam kenal mas bayu, seneng liat postingan yang ini soalnya ini makanan favorit saya :) kalo lagi kepingin bisa tiap hari saya makan disana. mau yang Apollo atau Pollo, sama-sama enaknya menurut lidah saya.

    ReplyDelete