April 2011 - Wisata Kuliner Indonesia

Tuesday, April 26, 2011

Kuliner Bogor - Jl Suryakencana, Pusat Kuliner Bogor
April 26, 2011 12 Comments
Kuliner #148
Perempatan Jl Suryakencana - Gg.Aut
BOGOR

Salah satu pusat kuliner Bogor adalah Jl Suryakencana. Terdapat beberapa titik kuliner di sepanjang jalan ini. Salah satunya ada di kawasan perempatan Jl Suryakencana dan Gg Aut/Gg Roda. Berikut adalah beberapa penjaja kuliner disana yang saya sempat twitkan beberapa waktu lalu:

1/ Soto Kuning Pa Yusup, juaranya Soto kuning khas Bogor. Jeroan dan daging sapi disajikan dalam bentuk yang sudah digoreng ataupun rebusan bumbu kuning

2/ Bakso Kikil Pak Jaka, percis di sebelah Soto Pa Yusup. Bakso dengan kuah bening yang ditemani kikil. Orang biasanya menggunakan bihun dibandingkan mie.


3/ Ayam Bakar Panas, masuk sedikit di Gg Aut-nya. Cabang dari Ayam Bakar di Taman Kencana


4/ Laksa Gg Aut, juaranya laksa nih... kuahnya nendang banget. Buka dari jam 7 pagi sampe sekitar jam 3 sore. Jadi bisa untuk makan pagi ataupun makan siang.

5/ Bakso Malang Putra Arema, kayaknya bakso bakarnya yummie tuh..

6/ Aneka pepes, untuk dibawa pulang. Ada pepes jamur, teri, oncom, usus, peda, otak2 dll

7/ Wedang Ronde, Rondenya enak nih, bisa coba juga Bubur Sagurangi or Jali-jalinya

9/ Es Pala n Es Mangga, buat yg nyari segeran khas Bogor selain asinan, ini perlu dicoba

10/ Asinan Jagung Bakar, dahsyat nih rasanya. Coba bawa pulang, terus masukin kulkas. Wuiihhh, sueger...

11/ Toko Buah "Anggun" yg lgs jualan aneka juice buah jg. Murah cm Rp. 3K-5K. Seger n aslinya terjamin. Yang beli ngantriii...

12/ Comro Atmajaya ini juga boleh dibungkus. Bentuknya mini, rasanya maksi!

13/ Cungkring, potongan kikil bumbu kuning dengan guyuran bumbu kacang yang manis. Baca ulasan lengkapnya disini.

14/ Dodongkal, kudapan khas jawa barat dengan bahan dasar tepung beras dan gula merah, ditabur kelapa parut. Dijual berdampingan dengan Seupan Taleus alias Talas Kukus yang disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula pasir (opsional)


15/ Bir Kocok, Bir yang non alkohol :) Karena terbuat dari Jahe, Gula Merah dan Kayu manis. Dingin di mulut, hangat di tubuh.

Dan masih banyak lainnya loh... Silakan kunjungi Jl Suryakencana atau sering disingkat Surken kalau memang berniat untuk berwisata kuliner di Bogor

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

Monday, April 25, 2011

Kuliner Bandung - Bubur Ayam Pelana
April 25, 2011 6 Comments

Kuliner #147
Bubur Ayam Pelana
Jl Burangrang (Seberang BPI)
Bandung

Buburnya encer tidak sekental Bubur Mang H. Oyo, tapi rasa kaldu ayamnya bener2 meresap sampe ke hati :)) Itulah kesan pertama waktu saya mencoba mencicipi Bubur Ayam Pelana ini.Gak cuma itu yang jadi kelebihan dari salah satu penjaja bubur ternama di Kota Bandung ini, Potongan ayamnya melimpah ruah, gak pelit. Sementara pilihan "topping"nya juga beragam mulai dari telur, telor muda, ati ampela, sampe kulit ayam. Mau dapet semua? Pilih saja menu Bubur Ayam Istimewa yang harus kita tebus seharga Rp.14rb, sementara yang paling murah (bubur dan ayam saja) 1 porsinya Rp.10rb saja. Porsinya pun cukup mengenyangkan sehingga kita diperbolehkan untuk memesan 1/2 porsi saja dengan kisaran harga Rp.7rb-Rp.11rb.

Saya menemukan tempat ini tidak sengaja dalam perjalanan menuju kantor. Ketika melewati Jl. Burangrang saya melihat tenda penjaja bubur yang dipenuhi oleh pelanggan. Langsung saja saya masuk ke dalam karena kebetulan belum sarapan. Dan ternyata memang tingkat kepenuhan pengunjung berbanding lurus dengan rasa :) Bubur Ayam Pelana ini memang salah satu penjual bubur legendaris dari kota Bandung, konon telah memulai usaha sejak tahun 70an di Jl Pelana (nama jalan yang akhirnya menjadi brand dari bubur ini) dan saat ini telah memiliki beberapa cabang. Salah satunya yang paling ramai ya di Jl. Burangrang ini. Bubur ini buka pagi hari (05.30-10.00) dan sore/malam hari (16.30-22.00), jadi bisa buat sarapan ataupun makan malam. Yuk, kita coba cicipi salah satu ikon kuliner Bandung ini

Reading Time:

Tuesday, April 19, 2011

Kuliner Bogor - Martabak Air Mancur
April 19, 2011 4 Comments

Kuliner #146
Martabak Air Mancur
Jl Jend Sudirman No. 64
Jl Raya Pajajaran No 20 S-T (Ruko)

Siapa sih yang gak kenal kudapan bernama Martabak ini? Di Bogor ada tempat jual martabak yang kondang dan tak pernah sepi pengunjung, namanya Martabak Air Mancur. Favorit saya Martabak Telur Super. Adonan telur yang gurih ditimpali daging sapi yang kenyal bener2 memanjakan indera pengecap kita. Bumbu cuka dan acarnya pun wajib dikasih jempol. Bener2 melengkapi kelezatan martabak telur ini. Paling pas buat jadi kudapan sore hari. Harga: Rp. 35.000,-


Kalo buat istri dan anak saya Martabak Tipis Kering Keju Meisis menjadi favoritnya. Martabak manis dengan adonan kulit yang tipis sehingga menghasilkan martabak tipis yang sangat renyah. Anak saya selalu berebut kalo martabak tipis kering alias martabak tiker ini disajikan. Enak banget sih emang. Harga Rp.16.000,-

Masih banyak aneka martabak yang tersaji disini. Tengok saja menu di atas, ada Martabak Jagung Special, Keju Strawberry, Martabak Tipis Kering, Martabak Telur Cornet, Martabak Telur Sosis dan sebagainya. Harganya bervariasi antara Rp. 15.000 sampe Rp.44.000 per kotaknya. Martabak ini dinamai Air Mancur karena kedainya memang berada di kawasan Air Mancur, Jl Jend Sudirman, Bogor. Dan membuka cabangnya di salah satu ruko di Jl Pajajaran. So, boleh coba martabak ini untuk alternatif tujuan wisata kuliner Bogor.

Reading Time:

Monday, April 18, 2011

Kuliner Bogor - Cungkring Suryakencana
April 18, 2011 3 Comments

Kuliner #145
Jl. Suryakencana (dekat perempatan Gg Aut)
Bogor

Mau cari sarapan yang unik di Bogor? Cobain deh CUNGKRING. Dari namanya juga unik kan? :) Cungkring ini adalah potongan kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak bumbu kuning kemudian diguyur dengan bumbu kacang yang aduhai rasanya. Kadang bisa dinikmati dengan lontong dan tempe goreng tepung. Paduan bumbu kuning yg meresap plus bumbu kacang yang legit menjadikan makanan ini sangat sangat saya rekomendasikan.


Saya mendapatkan Cungkring ini di salah satu sudut Jl Suryakencana, dekat dengan perempatan dengan Gg. Aut. Hanya sebuah gerobak pikul dan dilayani seorang bapak tua yang sangat ramah. Katanya dia sudah "standby" dari jam 7 pagi dan habis sekitar jam 10an. Tapi di akhir pekan, biasanya jam 9 udah ludes, ujarnya. Satu potong cungkring dihargai Rp.3000. Tempe dan lontongnya sendiri Rp.1000. Saya sendiri menghabiskan 3 potong cungkring + 2 potong tempe yang ditebus sebesar Rp.11rb. Sangat sesuai, dan sekali lagi saya tegaskan, bumbu kacangnya jempol!



Jadi buat yang mau berwisata kuliner di Bogor, jadikan cungkring sebagai tujuan wiskul anda. Dijamin gak kan nyesel :)
Reading Time:

Friday, April 8, 2011

Kuliner Bandung - Lotek Buah Batu (Herry Thea)
April 08, 2011 6 Comments
#Kuliner 144
Lotek Buah Batu (Herry Thea)
Jl Buah Batu No. 157A
Bandung


Bumbu dengan kekentalan dan "kekasaran" yang pas disatukan dengan aneka sayuran seperti kangkung, kacang panjang, waluh, kol dll plus lontong dan kerupuk... Pedesnya pesen yang sedeng aja. Wuiihhh.. meleleh di lidah bro. Itu kesan pertama begitu saya mencoba mencicipi Lotek Buah Batu (Herry Thea) sebagai menu makan siang saya hari itu. Menguleg adonannya langsung begitu dipesan, membuat lotek yang tersaji di meja kita bener2 "fresh from the cobek" :) Bumbunya yang paling saya suka, manis dan pedesnya itu loh, cucokss... N ditambah dengan lontong, porsinya pas banget buat makan siang... Satu porsi lotek plus lontong ini bisa ditebus dengan harga Rp. 15rb, sedangkan kalo tanpa lontong Rp. 13rb.


Menurut yang punya dari page di facebooknya, Lotek Buah Batu ini sudah mulai menjajakan makanan khas Sunda ini sejak tahun 1996 dan berpindah-pindah tempat sebelum akhirnya berada di tempatnya sekarang, dan ditambah dengan nama Herry Thea supaya pelanggan tidak tertukar dengan penjaja lotek lainnya yang ada di Jl. Buah Batu. Buka dari pukul 10.30-16.00, lotek buah batu ini bisa ditemui di samping BNI Syariah Buah Batu. Jadi buat yg pengen makan siang di Bandung, boleh meluncur ke Jl Buah Batu untuk menikmati sepiring lotek, masakan khas Sunda, ini...
Reading Time:

@way2themes