March 2011 - Wisata Kuliner Indonesia

Wednesday, March 9, 2011

Kuliner 143 - Kupat Tahu Gempol, Bandung
March 09, 20111 Comments
Kupat Tahu Gempol
Pasar Gempol, Bandung
Telp: 022-4260809


Menempati tempat sederhana di salah satu sudut Pasar Gempol, Kupat Tahu Gempol telah menjadi salah satu ikon Kuliner Bandung yang banyak diburu para wisatawan kuliner. Apa yang membedakan Kupat Tahu Gempol dengan penjaja kupat tahu lainnya yang banyak bertebaran di kota Bandung? Bumbu dan Tahunya.... Yup, bumbu kacangnya memiliki kekentalan dan rasa yang pas banget. Manisnya cocok sehingga tidak perlu ditambahin kecap lagi sebagai pengaya rasa. Tahunya di"impor" dari Cibuntu, pusat tahu terkenal di kota Bandung. Teksturnya lembut tapi tidak menghilangkan kekenyalannya. Seporsi Kupat Tahu Gempol ini harus ditebus dengan harga Rp. 10.000,-. Dibandingkan harga kupat tahu di tempat lain mungkin terasa lebih mahal, tapi dengan porsi lebih besar dan rasa yang lebih unggul, tentunya harga tersebut sangat sepadan untuk kita bayarkan.


Melongok info dari DetikBandung, Kupat Tahu Gempol dikelola oleh H. Achdan bersama istrinya Ibu Yayah sejak tahun 1975 (saya aja belom lahir tuh :)), mewarisi usaha kakaknya. Dan ketika saya makan kesana kemarin tampak Ibu Yayah dengan sangat ramah melayani pelanggannya. Kesantunan dalam kesederhanaan inilah mungkin yang menjadi salah satu daya tarik intangible tersendiri. Tidak berlebihan jika Kecap Bango pun mendaulat Kupat Tahu Gempol sebagai salah satu ikon di setiap Festival yang diadakannya. Jadi, kalo ke Bandung sempatkanlah mampir ke Pasar Gempol (Jl Gempol), yang berada di daerah Jl Trunojoyo dan Jl Bahureksa, untuk menikmati salah satu legenda kuliner Bandung ini.

Reading Time:

Monday, March 7, 2011

Kuliner 142 - Rumah Sumsum, Bogor
March 07, 2011 23 Comments
Rumah Sumsum
Jl. Lawang Gintung No. 21 Bogor
Telp: (0251)8314579

Unik! Itu kesan pertama yang saya tangkap ketika mendengar rumah makan yang satu ini. Gimana nggak, rumah makan ini menyediakan menu utama yang serba Sumsum, makanya dinamakan Rumah Sumsum. Menu andalannya: Sop Sumsum Sapi. Dahsyat... Satu potong tulang sapi yang besar dengan sumsum yang masih utuh didalamnya disajikan langsung dalam mangkok dengan kuah sop dan sayuran. Bentuk sajiannya saja sudah provokatif, karena tulang tersebut terlihat sangat besar, sehingga mangkuknya tidak muat. Sumsumnya sengaja tidak dikeluarkan dari tulang tersebut, membiarkan kita berkutat untuk mengeluarkan sumsum tersebut. Sebuah sensasi tersendiri. Makanya disediakan sendok kecil panjang dan SEDOTAN! Siapa tau mau nyeruput langsung dari tulangnya :) Harga: Rp. 25.000


Sate Sumsum, menu yang juga tidak boleh dilewatkan. Kelembutan sumsum coba disajikan dengan cara yang berbeda. Pilihan sajiannya bisa dengan bumbu kacang ataupun bumbu kecap. Saya sendiri tidak terlalu sreg dengan rasa bumbu kacangnya, agak asin, soalnya saya penggemar manis. Tapi itu tidak bisa menutupi indahnya tekstur sate sumsum ini. Serasa meleleh di lidah. Yummiiee... Harga: Rp. 21.500

Sumsum Goreng, tidak langsung digoreng ternyata. Sumsum tersebut dicampurkan dalam adonan, sehingga sumsum goreng ini terasa seperti nugget. Anak-anak saya menyukainya. Sambel pendampingnya juga enak. Harga: Rp. 20.000


Nasi Bakar Sumsum Pedas... Favorit saya! Pedes to the max, lezat to the max... Enak banget, tapi juga pedes banget. Bumbu nasi bakarnya bener-bener enak, n ditimpali dengan kehadiran sumsum ditengah-tengah nasinya. Wajib coba!!! Harga: Rp. 13.000


Es Bandrek Kelapa, ini nih buat minumnya. Bandrek yang umumnya disajikan panas-panas, di Rumah Sumsum ini disajikan dengan es didalam kelapa muda. Kelapa mudanya sendiri pas banget, dagingnya tebal tapi empuk. Seger di lidah dan tenggorokan, hangat di perut. Juara!!! Harga: Rp. 13.000


Rumah Sumsum ini terletak di Jl. Lawang Gintung, arah ke Istana Batutulis. Hanya sekitar 200msebelah kanan jalan sebelum Istana Batu Tulis dari arah Jl. Siliwangi/Pajajaran. Buat penggemar sumsum jelas rumah makan ini wajib coba, tapi buat yang bermasalah dengan kolestrol, kayanya tahan dulu yah... :P

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Reading Time:

@way2themes