May 2010 - Wisata Kuliner Indonesia

Saturday, May 29, 2010

Kuliner 122 - Mie Razali, Banda Aceh
May 29, 20101 Comments
Mie RAZALI
Jl. T. P. Polem No. 83-85, Banda Aceh
Telp: 0651 - 7400174


Kali kedua saya menginjakkan kaki di kota Serambi Mekah ini, kesempatan emas untuk kembali menikmati kuliner Aceh yang cukup legendaris. Ada tiga tempat yang disarankan oleh teman saya wajib untuk dinikmati selama kunjungan kali ini: Ikan Bakar Awak Awai, Kopi Ulee Kareng dan Mie Aceh RAZALI. Kunjungan pertama saya adalah ke Mie RAZALI yang ternyata terletak di kawasan Peunayong, hanya sekitar 100 meter dari tempat saya menginap, Hotel Sultan. Suatu kebetulan yang menyenangkan :) Tahun 2007 lalu saya sempat menikmati Mie Aceh di lapangan Peunayong, dan kesempatan kali ini saya menjajal kedahsyatan Mie Razali yang namanya cukup tersohor ini. Ada tiga jenis penyajian mie Aceh yang bisa kita pilih di tempat ini: Mie Rebus, Mie Goreng dan Mie Goreng Basah (Mie Goreng tapi mienya masih basah, nyemek-neyemek gitu deh kalo bahasa Jawanya). Sementara untuk "isi"nya banyak pilihan yang tersedia: Udang, Daging, Jamur, Cumi-Cumi, Kepiting ataupun gabungan dari pilihan-pilihan tersebut.


Kalo saya jelas pilih menu favorit sepanjang masa, Mie Kepiting dengan sajian Goreng Basah. Memang yah, makan kuliner daerah di tempat aslinya emang gak ada lawannya, Dahsyat... Mie yang besar dan semi basah dengan olahan bumbu khas Aceh ditimpali dengan Kepiting Besar yang tersembunyi dibalik rimbunnya Mie benar-benar memanjakan indera pengecap kita. Teman saya mencoba Mie Rebus Udang yang rasanya juga gak kalah dahsyatnya, kuah Mie Aceh yang pedas serasa memanggil bibir kita untuk segera menyeruputnya... Sluruppp... Jangan lupa untuk menikmatinya dengan pendampingnya yaitu emping serta acar bawang. Untuk Mie Biasa tanpa "isi" kita cukup menebus dengan harga Rp. 8000, tapi jika pake "isi" harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 18000 (Mie Udang atau Daging atau Jamur) sampai paling mahal Rp.30.000 (Mie Kepiting). Tapi ada lagi yang lebih mahal yaitu Mie Special Campur (Kepiting + Udang + Daging + Cumi-cumi) yang harus dibayar dengan harga Rp. 40.000. Gak rugi deh, kepitingnya aja gede, wajar kalo agak mahal.


Buat minumnya, ada dua menu yang saya sarankan Teh Tarik dan Juice Terong Belanda. Teh Tarik, minuman khas dari tanah melayu, merupakan minuman teh yang dipadu dengan susu dan dikocok dengan sempurna. Tambah es, hasilnya menyegarkan... Satu lagi minuman yang jarang ditemui di tanah Jawa, Juice Terong Belanda. Buah yang asam dan kaya akan vitamin A dan C ini memang jarang dimakan langsung karena rasanya yang asam, tapi kalo sudah dibuat juice rasanya segerrrr bangettt.... Oh ya, anda juga bisa mencoba juice pinang muda yang dijajakan tepat di depan Mie Razali. Katanya sangat baik untuk mengembalikan vitalitas tubuh, sayang saya gak sempet untuk mencobanya.


Buat yang pengen makan Mie Aceh di tempat aslinya, Mie RAZALI sangat direkomendasikan. Selain di Banda Aceh, Mie Razali ini juga sudah buka cabang di Aceh Besar dan Aceh Tengah. Slogan yang tertera di daftar menunya "Citarasa Sepanjang Masa"... Ya, memang Mie Aceh adalah salah satu kuliner nusantara dari Ujung Barat Indonesia yang citarasanya tak lekang oleh waktu. Terbukti Mie Razali yang sudah bertahan sejak tahun 1967.

Mau tahu tempat makan lainnya di Aceh? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Aceh

Reading Time:

Friday, May 28, 2010

Kuliner 121 - Roti Bumbu-Bakar CARI RASA, Bandung
May 28, 2010 6 Comments
Roti Bumbu-Bakar "CARI RASA"
Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 149, Pasar Kosambi, Bandung
Telp. 022 4239740

Pedagang roti bakar tentunya bertebaran di Bandung dari yang menjajakan di tempat tetap ataupun yang mobile (pedagang keliling). Tapi para pencinta Roti Bakar di Bandung tentu mengenal salah satu pedagang yang namanya cukup melegenda di dunia Roti Bakar, CARI RASA. Saya mengenal roti bakar Cari Rasa sejak SD, karena sering dibelikan oleh bapak saya ketika pulang kantor. Terletak di salah satu sudut depan Pasar Kosambi, Jl. Ahmad Yani, sudah puluhan tahun roti bakar ini tetap bertahan di tengah gempuran pedagang roti lain ataupun jenis makanan lain yang menyainginya. Tekstur roti yang lembut serta kekayaan "bumbu"nya yang selalu dirindukan oleh para pelanggan setianya.



Setelah lama sekali tidak menikmati salah satu kuliner Bandung ini, bulan April kemaren saya berkesempatan untuk mampir lagi ke tempat ini. Ada tiga pilihan ukuran yang bisa kita pesan: Roti kadet (ukuran roti satu tangkap), Roti Kecil (roti panjang dengan pinggiran bergerigi) serta Roti Besar (hampir sama dengan roti tawar biasa yang berbentuk tradisional tapi dengan ukuran cukup besar). Saya memilih Roti Kecil karena sudah terbayang kelembutan daging rotinya yang khas. "Bumbu"nya merupakan gabungan dari: mentega, selai kacang, meses (coklat butir), selai strawberry dan selai nanas. Kalu mau, kita pun bisa memesan roti ini tanpa dibakar. Saya sih tetap memesan Roti Bakar. Begitu selesai dibungkus, sampai mobil dengan tidak sabar langsung saya ambil sepotong roti ini, wuihhhhh, rasanya juaraaaa... Gak tau yah, walaupun roti bakar mungkin sama-sama aja dimana-mana, tapi Roti Bakar CARI RASA ini menyajikan perpaduan kelembutan tekstur roti dan bumbu yang menurut saya beda, lebih gurih, lebih lembut dan lebih kaya akan rasa.


Selain roti bumbu diatas, sekarang Cari Rasa juga menyediakan opsi tambahan seperti keju dan kornet. Dengan harga bervariasi mulai Rp.3500 untuk roti kadet dan Rp.10.000 untuk roti kecil tanpa dibakar. Kalo mau dibakar tambah saja 200perak untuk roti kadet atau gope saja untuk roti kecil. Tambah keju, siapin goceng untuk ukuran roti kecil. Apapun pilihan Anda, rasanya tetap juara :) Kita pun bisa bebas memilih pilihan bumbu yang tersedia, misalnya tanpa selai kacang, tanpa selai nanas dan lain-lain. Sang "koki" akan menghapal semua pesanan kita tanpa catatan dan tanpa urutan order hehehe, padahal aliran pelanggan tampaknya tidak pernah surut terutama di akhir pekan.

Jadi, buat yang lagi liburan, dan butuh alternatif makan untuk oleh-oleh dari Bandung selain Kartika Sari, Prima Rasa, Amanda dan sejenisnya, cobalah Roti Bumbu-Bakar CARI RASA ini. Terletak di Pasar Kosambi, tapi jangan masuk kedalam pasar. Tokonya ada di sudut depan dekat jembatan penyeberangan. Selamat mencoba...

Reading Time:

@way2themes