May 2009 - Wisata Kuliner Indonesia

Wednesday, May 20, 2009

Kuliner 96 - DimSum Kampoeng, Bogor
May 20, 2009 12 Comments
DimSum Kampoeng
Jl. Pajajaran No. 43B, Bogor
Telp: 0251 9378143

Bisnis kuliner emang gak ada matinya, tempat makan dari berbagai kelas muncul di berbagai sudut kota, tak terkecuali kota Hujan. Nah ada satu tempat makan baru di kota Bogor ini yang cukup unik dan menggelitik, namanya DimSum Kampoeng. Dimsum, kata Wikipedia berasal dari bahasa Kantonis yang artinya "makanan kecil", memang salah satu kuliner favorit istri saya. Nah, kebetulan saya dapat info dari email bahwa di Bogor ada tempat makan dimsum yang baru buka di bulan April 2009, langsunglah kita meluncur kesana. Apa istimewanya tempat baru ini? Berikut beberapa menu yang sempat saya cicipi dan keterangan yang tercantum pada daftar menunya.

Siomai, dalam bahasa mandarin, makanan ini disebut dengan shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Siomai dibungkus oleh kulit yang tipis dari tepung terigu, dengan isi dibuat dari udang, tenggiri dan jamur, di atasnya diberi hiasan parutan wortel. Makanan ini konon berasal dari Mongolia Dalam. Rasanya? mantap, anak saya sampe makan terus gak brenti-brenti, apalagi ditimpali dengan saos asam manis sebagai saos pendampingnya membuat indera pengecap kita lupa daratan :) Harga: Rp. 11.000/porsi

Hakaw, elemen yang tidak bisa terlewatkan dari jajaran dimsum. Cacahan udang yang dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tepung tangmien (terigu) dan tepung tapioka serta diolesi Garlic oil. Dan tak lupa dicocol saos khas dimsum dari nanas dan tomat, seluruuupppp.... Harga: Rp.11.000/porsi

Sui-Kiauw, masih berbahan dasar udang tapi yang ini kulitnya lebih tipis dan dagingnya lebih tebal. Tetap didampingi oleh saos andalan yang selangit rasanya. Harga: Rp. 11.000/porsi


DimSum Kombinasi, buat yang pengen nyobain semuanya pesen aja menu yang satu ini. Satu siomai, satu hakaw, satu Sui-Kiauw dan satu Lumpia. Bukan lumpia semarang loh, tapi lumpia berisi udang cincang, dibungkus dengan kulit tahu. Kelezatan empat jenis dimsum ini tampak begitu kaya dalam sajian yang satu ini. Harga: Rp. 13.000,-



Dimsum Bakar, nah ini andalan tempat makan ini. Berbeda emang dengan yang lain, dan curiganya hanya tempat ini yang menyediakan menu ini di Indonesia. Empat buah dimsum disajikan di atas hot plate dengan diguyur saus barbeque serta didampingi tiga jenis saus: barbeque, asam manis dan mayonaise. Enak tapi citarasa dimsumnya menurut saya hilang terbungkus oleh kuatnya rasa barbeque. Buat yang bener2 pengen merasakan cita rasa dimsum asli mungkin akan kecewa dengan sajian ini, tapi buat yang butuh sesuatu yang berbeda dari sajian dimsum yang begitu-begitu saja, mungkin ini dapat menjadi alternatif. Harga: Rp.13.000,-

Es Pala, buat minumnya jangan lewatkan minuman khas kota Bogor ini. Sari pala yang segar memang benar-benar melegakan tenggorokan kita, ditambah dengan irisan-irisan buah pala yang dapat menjadi pencuci mulut yang unik. Harga: Rp. 5000,-

Banyak juga pilihan menu non dimsum yang dapat dipesan di tempat ini. Sebut saja mie kocok, nasi timbel, ayam goreng/bakar dan lain-lain. Nah buat yang kebetulan lagi di Bogor bisa cari tempat ini, di seberang plaza pangrango (internusa) tepat dibelakang rumah makan sunda Pondok Bambu Kuring. Walaupun bangunannya sederhana tapi rasa yang disajikan di tempat makan ini sangat "berkecukupan" :)

Update: Dimsum Kampoeng saat ini sudah pindah ke Jl. Lodaya (FO Velmeer) seberang McDonald.


Kuliner di Kota Bogor lainnya...


Reading Time:

Tuesday, May 12, 2009

Kuliner 95 - Kampung Amplang, Samarinda
May 12, 2009 2 Comments
Kampung Amplang
Jl. Pangeran Antasari No. 10 Samarinda
Telp: (0541)7770135

Pulang dari Samarinda, bawa oleh-oleh apa ya? Salah satu yang banyak dibawa orang adalah Amplang, terutama Amplang Kuku Macan. Termasuk saya yang selalu membawa makanan ini untuk dibawa pulang ke rumah. Camilan sejenis kerupuk ini memang berbeda dengan "kerupuk-kerupuk" lainnya. Bentuknya yang khas (seperti kuku macan), dengan rasa ikan yang gurih serta ukurannya yang sekali suap memang membuat amplang kuku macan banyak diburu orang.


Pada kesempatan ini saya berhasil bertemu dengan salah satu pemilik usaha amplang kuku macan ini di Samarinda, namanya mas Taufik. Saya dibawa ke outlet penjualannya yang terletak di Jl. Pangeran Antasari, namanya Kampung Amplang. Beragam oleh-oleh khas Samarinda tersedia di toko ini, dan tentu saja yang paling banyak dijual adalah Amplang Kuku Macan yang tersedia dengan bermacam-macam harga, tergantung ukuran serta kualitas. Dari yang termurah Rp.9000 sampai Rp.25000

Selain amplang, Kampung Amplang ini juga menyediakan berbagai penganan oleh-oleh lainnya yang mayoritas berbahan baku ikan, baik yang berupa produksi sendiri maupun produksi para pelaku usaha makanan lainnya dari Kalimantan Timur. Jadi kalo ke Samarinda, jangan lupa bawa oleh-oleh ya...

Kuliner di Kota Samarinda:


Reading Time:

Monday, May 11, 2009

Kuliner 94 - Tahu Tauhid Lembang, Bandung
May 11, 2009 8 Comments
Tahu Tauhid
Jl. Cijeruk 113 Lembang
Jl. Sesko-AU No.20 Lembang
Telp.: 022-2784749

Tahu buatan kota Bandung emang beda. Kelembutan, kekenyalan,rasanya dan yang penting harganya sulit ditemukan tandingannya, terutama di Kota Bogor. Tidak heran setiap pulang dari Bandung, salah satu pilihan oleh-oleh untuk mertua adalah tahu bandung langganan ibu saya yang pedagangnya rajin menyambangi rumah ortu saya dengan sepeda motor. Nah, ibu saya sempet bilang kalo mau lebih enak lagi cobain Tahu Tauhid yang bisa dibeli di Lembang (jauh aja sih dari rumah). Akhirnya dapet juga kesempatan buat jalan ke Lembang sekaligus mampir untuk belanja Tahu Tauhid ini.


Masuk ke tokonya, terdapat beberapa kios. Ada restonya, ada yang jual oleh-oleh khas bandung, ada yang jual makanan juga lotek etc, dan akhirnya saya menemukan satu kios yang jualan tahu. Tadinya sempet ragu, apa bener ini tempat tahu yang legendaris ini? Koq sepi? Pertanyaan saya terjawab ketika saya masih memilih paket yang akan dibeli; ibu-ibu, bapak-bapak=, remaja dan sebagainya silih berganti langsung memesan tahu sementara saya masih bengong hehehe. Tahu Tauhid yang masih mentah ini dijual dalam berbagai paket (klik gambar menu diatas supaya lebih jelas), mulai dari yang isi 10 biji dengan harga 5000perak sampai tahu box besar isi 50biji dengan harga Rp.27.500 aja.


Sampe rumah langsung istri saya dengan sigap menggoreng tahu ini dan tentunya menyiapkan sambal kecap rawit dan tomat kesukaan saya. Ketika dicoba, ternyata memang terasa bedanya tahu tauhid ini, teksturnya yang lembut dan tingkat keasinannya pas banget. Dan ini juga dirasakan sama oleh semua penghuni kediaman kami di Bogor, pantes ya orang ketagihan hehehe. Dan paket 50 biji tahu yang saya bawa segera menghilang dalam hitungan 3-4 hari, ludes tak bersisa.


So, buat yang lagi maen ke Bandung atawa ke Lembang, bisa mampir ke Tahu Tauhid. Saya waktu itu mampir ke toko yang di jalan Sesko AU, jadi kalo dari arah lembang mau balik ke Bandung, setelah Pasar Lembang, ketemu perempatan masih lurus terus (kalo balik ke Bandung belok kanan), kira-kira 50m dari situ di sebelah kanan jalan tampak plang toko Tahu Tauhid. Katanya sih denger-denger sekarang sudah bisa delivery, tapi saya juga belum coba tuh. Selamat bertahu ria.....

Kuliner Kota Bandung lainnya:

Reading Time:

@way2themes