Wednesday, November 28, 2007

Kuliner 30 - Ayam Tangkap, Aceh

Nama makanan ini memang sedikit aneh tapi ternyata banyak sekali tempat makan di Aceh yang menyediakan menu ini. Ya, coretan kuliner ke 30 ini cukup spesial karena datang dari Provinsi paling barat negara kita, Nanggroe Aceh Darussalam. Begitu mendarat di bandara, seperti biasa, tujuan pertama tentunya tempat makan. Kita mampir ke Rumah Makan Khas Aceh Rayeuk yang menyediakan tiga menu utama, Ayam Tangkap, Ikan Bakar dan Sate Matang. Apa sebenarnya Ayam Tangkap ini?


Ayam Tangkap adalah ayam yang dipotong kecil-kecil (sebesar ibu jari) kemudian digoreng kering, kemudian disajikan dengan daun temburu dan cabe hijau yang juga digoreng kering. Walaupun bentuknya daun, karena digoreng kering maka daun temburu ini jadi kaya' kripik. Rasanya sih sebenarnya kaya ayam goreng biasa saja, tapi dengan sajian kripik daun dan cabe hijau goreng ini menimbulkan sedikit cita rasa yang berbeda.

Menu kedua adalah Sate Matang yang ternyata adalah Sate Daging Sapi yang disajikan dengan bumbu kacang. Seperti sate sapi pada umumnya, sate ini rasanya manis, demikian pula dengan bumbu kacangnya. Ternyata di sumatera ada juga makanan manis ya?

Tidak ada yang spesial dengan Ikan Bakar nya. Ikan yang digunakan adalah ikan Kerapu dengan daging yang tebal dan empuk, tapi tidak dibumbui dulu sebelum dibakar. Disajikan dengan bumbu sambal kecap. Ya lumayan lah.

Nah, untuk minumnya ada Es Timun, buah ketimun yang diserut (seperti es blewah) kemudian dikasih air gula dan es. Ini baru mantap, sangat menyegarkan, apalagi saya baru menemupuh perjalanan lebih dari 3 jam dari Jakarta.


OK, coretan berikutnya dari tanah rencong ini tentunya akan lebih menarik...
Oh ya, maaf gak bisa nulis harganya soalnya dibayarin, jadi gak tau hehehe

Mau tahu tempat makan lainnya di Aceh? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Aceh

Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. sy juga pernah makan ayam tangkap dan yg paling enak tuh da cuury (kari) nya yg digoreng ampe kering.. ughhh enak bangettt asli rasanya unik banget.bravo kuliner indonesia

    ReplyDelete
  2. makasih infonya blok ya sangat bagus

    ReplyDelete
  3. Setuju sekali kalau ayam tangkap memang lezat, Saya diwanti wanti untuk bahwa di cabin karena kalau tidak bisa hilang waktu transit

    ReplyDelete