Wednesday, November 28, 2007

Kuliner 29 - Gudeg Yu Djum, Yogyakarta

Jogja identik dengan Gudeg, tidak hanya makan di tempat, gudeg juga dapat dibawa sebagai buah tangan bagi orang yang berwisata ke Jogja. Pada dasarnya gudeg ada 2 jenis yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg kering tidak berkuah karena dimasak hingga airnya "asat" sedangkan gudeg basah masih menyisakan kuah di sayurnya. Nah, buat yang suka gudeg kering harus coba warung Gudeg Yu Djum.


Banyak teman & keluarga saya yang cukup loyal dengan gudeg yang satu ini, jika tidak sempat mampir langsung mereka biasanya minta dibungkusin. Bumbunya memang luar biasa, Daging ayamnya empuk dan rasa manisnya benar-benar meresap samapi ke dalam daging.

Untuk harga sangat bervariasi, seporsi nasi gudeg + telur bisa kita dapatkan dengan harga Rp. 5.000, sedangkan untuk satu porsi nasi gudeg lengkap (gudeg+krecek+ati ampela+telur+ayam+tahu+tempe) bisa kita santap dengan harga Rp.25000.

Untuk oleh-oleh kita juga bisa memesan satuan atau paket yang dikemas dalam besek atau kendil, sesuai selera kita. Kalau mau sedikit nyeni tentu kendil bisa jadi pilihan, tapi kalo mau gak repot bawanya, besek akan lebh ringkes.

Selamat Menikmati....

Update (Des 2011): Silakan nikmati update terbaru dari Gudeg Yu Djum disini

Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. Lokasi / alamatnya Gudeg Yu Djum di mana, Pak..?

    ReplyDelete
  2. Kalo yang saya makan di daerah Jl. Kaliurang (Selokan Mataram) KM5, terus masuk ke gang gitu, tapi saya juga lupa nama gangnya. Kalo gak salah ada plang namanya koq, klao gak nemu tanya aja ama tukang parkir daerah situ, pasti dikasih tau...

    ReplyDelete
  3. Gudeg Yu Djum tu yg di jl. wijilan bukan?

    ReplyDelete
  4. ada cabang yang di dkat UMY ga pak??

    ReplyDelete
  5. halo om/ tante,
    aku juga suka gudeg. Kalau gudeg yu Djum ada beberapa tempat selain di jalan kaliurang. Ada di sebelah timur hotel sheraton jl. Solo. Terus juga ada di samping pasar Sambilegi. Dan tentu saja yg di Wijilan. Sementara di Kartosuro Solo juga ada (tapi agak sepi). Dari semua yg ada saya paling suka yang di jalan kaliurang.

    ReplyDelete