Monday, October 3, 2011

Kuliner Yogya - Gudeg Yu Djum (Jilid II)


Wisata Kuliner Indonesia #163
Gudeg Yu Djum
Jl. Kaliurang KM 4,5 Karangasem CT III / 22 Yogyakarta
Telp: 0274 - 515968

"Jangan ngaku pernah ke Jogja kalo belum nyicipin Gudeg Yu Djum"... Yup, dahsyatnya gudeg Yu Djum buat saya pribadi masih nomer 1, makanya setiap kali saya berkunjung ke Jogja, meluangkan waktu untuk menikmati Gudeg Yu Djum menjadi satu prioritas yang harus dilakukan :) Saya pertama kali datang ke Yu Djum di tahun 2007 dan langsung ketagihan dengan cita rasa gudegnya. Satu porsi gudeg lengkap akan terdiri dari: nasi, gudeg, sambel krecek, ayam, ati ampela dan telur rebus. Kita bisa bebas memilih apa yang akan tersaji di "piring" rotan beralaskan daun pisang. Yang jelas saya hampir selalu nambah jika bersantap di Gudeg Yu Djum. Aroma manis yang keluar dari tiap bagian di atas bener-bener bakalan memanjakan indera pengecap kita, menjadi pengalaman kuliner jogja yang tak kan terlupakan.


Ingin berbagi kenikmatan Gudeg Yu Jum ini dengan keluarga di rumah? Jangan khawatir, tersedia paket besek maupun paket kendil yang bisa kita bawa pulang. Tinggal kita pilih paketnya, mulai dari harga Rp.35ribu sampai dengan Rp.180rb yang sudah berisi lengkap Gudeg+Krecek, ayam 1 ekor dan Telur 10 butir. Buat lebih jelasnya bisa diklik gambar daftar menu di bawah ini, baik untuk menu makan di tempat dan untuk menu bawa pulang:

Menu dine-in Gudeg Yu Djum

Menu Take Away Gudeg Yu Djum


Mungkin rahasia kelezatan Gudeg Yu Djum ini salah satunya adalah karena mempertahankan cara masak tradisional. Lihat aja dapurnya, panci-panci besar dimasak di atas kompor yang menggunakan kayu bakar. Gak tau kenapa, syaa sering merasa kalo masaknya make arang atau kayu bakar seperti ini rasa yang dihasilkan akan jauh lebih nikmat dibanding jika memasak menggunakan kompor gas biasa. Mungkin karena tingkat kepanasan yang pas, sehingga bumbu dapat matang dengan sempurna dan meresap ke dalam bahan yang diolah.

Gudeg Yu Djum sendiri dapat kita temui di dua tempat yaitu di Jl. Wijilan (salah satu ruas jalan yang menjadi sentra gudeg) dan di Jl. Kaliurang KM 4,5. Dan, Alhamdulillah, ketika saya berkunjung ke Gudeg Yu Djum sempat bertemu langsung dengan Yu Djum, sang legenda hidup, yang masih turun ke dapur untuk membantu menyiapkan masakan dan memotong-motong daun pisang. Kesederhanaan tampak dari nenek yang tempat makannya ini tak pernah sepi dikunjungi pembeli. Gudeg Yu Djum ini merupakan Kuliner Jogja favorit saya...

Kuliner lain di kota ini:



8 comments:

  1. guys, ada blog bagus ttg alat2 masak & kuliner di http://pondokdaharlaukjogja.blogspot.com/
    cekidot... ada gudeg-gudeg-nya juga.

    ReplyDelete
  2. Aduh Laper nihhh....
    jadi pengen nih mas
    tapi jauh ya harus ke jogja
    wong saya orang medan :'(

    ReplyDelete
  3. liputanya oke banget, pic nya keren, tempat mencari info kuliner yg bagus...is on my list if im visiting jogja,anyway thanks...quit informativ n helpful

    ReplyDelete
  4. Hmmm Dah Lama Gag Mkn Gudeg Liat GmbRnya Aja Dah NgiLeR......

    ReplyDelete
  5. Info ini sangat membantu..terima kasih..
    tapi kira2 bisa catering ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja telpon langsung utk menanyakannya

      Delete
  6. maaaantaaaaap ...................................

    ReplyDelete