Kuliner Jogja - Rujak Es Krim Pak Nardi - Wisata Kuliner Indonesia

Friday, May 31, 2019

Kuliner Jogja - Rujak Es Krim Pak Nardi


Rujak serut dengan aneka buah segar dengan kuah rujak yang asam manis dengan sedikit cubitan rasa pedas, ditimpali dengan topping es puter kelapa, maka jadilah sebuah sajian Rujak Es Krim Pak Nardi yang hadirkan semangkuk kesegaran hakiki, layaknya oase di tengah teriknya kota Jogja siang hari ini.


Hari itu jam 13.00, selepas saya menikmati makan siang di Sate Sor Talok - Bantul, Jogja tengah dianugerahi curah sinar matahari yang sangat berlimpah. Teriknya memang membuat AC mobilpun harus dipasang dengan setting yang cukup dingin. Maka sajian dingin nan menyegarkan langsung terlintas di benak saya untuk melawan panasnya kota Jogja ini. Rujak Es Krim Pak Nardi yang berada di kawasan Pakualaman tentunya menjadi sebuah pilihan yang perlu dipertimbangkan. Eh apa itu Rujak Es Krim? Ya sesimpel namanya, ini memang perpaduan antara rujak dan es krim. Rujaknya rujak serut, dimana kita bisa temukan serutan belimbing, mangga, nanas, bengkoang dan sebagainya di dalam kuah rujak yang asem dan manis, tentunya dengan cubitan rasa pedas khas rujak serut. Setelah rujak ini dituang di dalam mangkok, berikutnya es krim (es puter) kelapa dituangkan di atas rujak ini. Es krimnya buatan rumahan alias home made, terasa dari gula yang digunakan tidak membuat tenggorokan terganggu, pun teksturnya yang lembut membuatnya berbeda dengan es puter yang biasa kita temukan di tempat lain. Lalu bagaimana paduan rasa dari Rujak dan Es Krim ini?




Terpujilah Pak Nardi yang menemukan paduan rujak dan eskrim ini, walau tampak seperti paduan yang biasa saja, tapi cita rasa yang disajikan luar biasa. Kebayang kan asem manis pedesnya rujak bertemu dengan dinginnya es krim, nyessssss.... Maka panasnya Jogja siang itu langsung terobati dengan kuliner unik yang satu ini. Pak Nardi sendiri disebut sebagai pelopor Rujak Es Krim ini di kota Jogja, sebelum sajian ini banyak ditiru oleh pedagang lainnya. Sejak 1978, beliau sudah memperkenalkan kuliner ini kepada masyarakat Jogja dan berhasil merebut hati dan lidah para pelanggannya sampai sekarang. Saat ini Pak Nardi sudah tidak lagi langsung menjajakan dagangannya, ada putri dan asistennya yang melayani pelanggan dari jam 8 sampai jam 4-5 sore, di tenda sederhana di kawasan Pakualaman. Sementara Pak Nardi beristirahat di rumahnya yang berlokasi tidak jauh dari lokasi dagangannya. Rujak Es Krim seolah menjadi oase penyegar di tengah teriknya kota Jogja




Wisata Kuliner Indonesia #423
Kuliner Jogja
Rujak Es Krim Pak Nardi

Jl. Harjowinatan, Komplek Pakualaman - Yogyakarta
Telp: 0857-2856-6266
Koordinat GPS: -7.80051, 110.37528




No comments:

@way2themes