Kuliner Jogja - Sate Sor Talok - Wisata Kuliner Indonesia

Saturday, June 1, 2019

Kuliner Jogja - Sate Sor Talok


Tekstur daging yang empuk dihasilkan oleh proses pembakarannya yang menggunakan jeruji besi. Sifat besi sebagai konduktor, mengalirkan panas ke dalam yang membuat daging matang luar dalam. Akan tetapi berbeda dengan sate klatak, sate Sor Talok disajikan tanpa tusuk satenya dan bumbunya menggunakan bumbu kecap manis dengan aroma rempah yang menggiurkan. Dagingnya yang empuk dan tanpa lemak perlu mendapat predikat juara


Penjaja sate kambing tentunya banyak hadir di setiap kota di Indonesia, termasuk di Jogja. Tapi ada satu tempat yang direkomendasikan banyak pecinta kuliner, karena tidak hanya enak, proses memasak dan penyajiannya pun berbeda dengan yang lain. Sate Sor Talok, itu nama tempatnya. Apa yang membuatnya berbeda? Pertama, potongan daging yang disiapkan cukup besar, tidak dalam potongan kecil layaknya sate kambing yang banyak kita temukan. Kedua proses memasaknya menggunakan jeruji besi untuk menusuk daging kambingnya ketika dibakar. Sifat besi sebagai konduktor, mengalirkan panas ke dalam yang membuat daging matang luar dalam. Dan Ketiga adalah penyajiannya, disajikan tanpa tusuknya kita disodori sepiring potongan daging kambing tanpa lemak hangat nan empuk, ditemani dengan bumbu kecap dengan tomat, potongan bawang merah dan cabe rawit. Nasi hangat yang disajikan dalam bakul membuat hidangan makan siang kali ini terasa begitu sempurna. Oh ya, daging kambing di sini memang terkenal enak karena tidak bau prengus, plus empuk. Tampaknya selain proses memasak yang paripurna, pemilihan daging untuk dihidangkan juga melalui proses quality control yang baik.

Mau mencoba menu lain? Silakan pesan Tongseng Kambingnya, kuah tongseng yang manis gurih dengan cubitan rasa pedas, berpadu dengan potongan daging kambing yang empuk. Tak heran, sang maestro kuliner William Wongso, dalam salah satu postingan di Instagramnya menobatkan bahwa Tongseng Sor Talok ini merupakan Tongseng terbaik di Asia Tenggara! Tak cuma William Wongso, tokoh kuliner Indonesia Bondan Winarno (Almarhum) pun merekemondasikan tempat ini sebagai salah satu penjual sate terbaik. "Pembakaran yang sempurna menghasilkan daging yang juicy", begitu tulis beliau dalam buku 100 Maknyus Joglosemar, mengomentari Sate Sor Talok ini. Foto Pak Bondan ketika bersantap di tempat ini pun terpampang besar di dalam kedai Sor Talok ini.





Sor Talok sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Ngisor (wit) Talok, atau di bawah pohon kersen, karena dulu lokasi berjualannya memang di bawah pohon kersen. Berjualan sejak tahun 1985, awalnya Sate Sor Talok menempati kedai di kawasan Jl Parangtritis sebelum pindah beberapa tahun lalu ke tempatnya sekarang di Jl Pramuka - Bantul, tepat di pinggir jalan raya. Buka sejak pagi hari sekitar jam 8, kedai Sate Sor Talok ini beranjak tutup di pukul dua siang. Padahal sebenarnya kebayang nikmatnya menikmat sate ini sebagai menu makan malam. Buat yang ke Jogja, saya rekomendasikan untuk singgah di Sate Sor Talok untuk menikmati olahan daging kambing terbaik di tempat ini.


Wisata Kuliner Indonesia #424
Kuliner Jogja
Sate Sor Talok

Jl. Pramuka, Ring Road Timur, Bantul - Yogyakarta
Telp: 085 100 660763
Koordinat GPS: -7.8895, 110.34761



1 comment:

@way2themes