Kuliner Bandung - Cuankie Serayu

Antrian yang mengular di depan kedai sederhana menjadi salah satu bukti pesona kuliner Bandung yang satu ini. Ada tahu putih yang diisi aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng yang menjadi ciri khas utama dari cuankie. Rasa otentik yang terjaga dari kuah yang disajikan membuat Cuankie Serayu tak pernah kehilangan pelanggan.


Suatu hari Sabtu, selepas jam makan siang, tapi saya belum sempat makan siang. Akhirnya memilih salah satu kuliner legendaris di kota Bandung, Cuankie Serayu. Walaupun sudah kondang dan menjadi salah satu destinasi kuliner di kota Bandung, tapi terus terang saya belum pernah sempat menyambangi tempat ini, sampai hari itu. Parkiran di sepanjang Jl. Serayu, nama jalan yang dijadikan brand penjual cuankie ini, sudah tampak penuh. Pun sepintas tampak antrian mengular di depan kedai sederhana yang merupakan tempat menjajakan Kedai Cuankie Serayu. Setelah mendapat parkir, langsung saya menghampiri kedai ini. Ada dua jalur antrian di depan kedai ini, yang pertama antrian khusus untuk yang membungkus alias take away, sedangkan yang kedua antrian untuk yang makan di tempat. Antrian yang makan di tempat inilah yang ternyata cukup panjang mengular. Sebenernya apa sih yang membuat orang rela mengantri makanan yang satu ini?




Antrian ini langsung menuju tempat pelayanan, kita langsung memilih menu dan membawanya ke meja. Ada dua pilihan menu yang bisa kita cicipi: cuankie dan batagor, saya pilih cuankie tentunya yang menjadi signature tempat ini. Pilihan isiannya ada baso tahu, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng dan bakso goreng, rata-rata isiannya hanya aci, tapi di situlah keistimewaannya, mungkin karena rasanya yang "kampungan" dan tidak banyak macem-macem. Tapi yang istimewa ada di kuahnya, rasa segar dan gurih menyeruak sejak seruputan pertama. Hampir saya lupa untuk membubuhkan sambal dan kecap, karena sudah terlanjur kesengsem dengan cita rasa kuahnya.
Harga satu porsi Cuankie Serayu lengkap ini Rp. 17.000

Kedai Cuankie Serayu ini tidak terlalu besar, tak heran tempatnya selalu padat, baik di dalam kedai maupun bangku-bangku yang disediakan di halaman. Buka mulai pukul 11 siang sampai jam 7 malam, dengan catatan kalo belum habis. Terkadang jam 5 sore mereka sudah kehabisan barang dagangannya. Tapi jangan khawatir, jika pusatnya di Jl Serayu ini terasa terlalu ramai, silakan coba kunjungi cabangnya yang ada di Jl. Mangga serta di Jl Cihapit (gerobak dorong).

Wisata Kuliner Indonesia #416
Kuliner Bandung
Cuankie Serayu
Jl. Serayu - Bandung
Telpon: 081221636600

Koordinat GPS: -6.90913, 107.62576


Comments

  1. Hoalaaah, antriannya panjang juga, ya.. Pasti enak, nih.. Kapan2 kalo ke Bandung jadi pingin nyoba cuankie ini.. Biasanya suka makan cuankie yg dijual abang-abang lewat.. :D

    ReplyDelete
  2. udh sering kebandung padahl, tp blm nemu tempat ini.
    ntar next pasti sini, thanks infonya

    ReplyDelete
  3. wah, sempet makan ini dan emng selalu antri ya kang.
    kapan hari tuh saya antri sampe setengah jam lebih, malah lagi panas-panasnya haha
    udah laper, panas, kalo ga sabar jadi galak 😂
    tp semua terbayar karena rasa Cuankie Serayu emang enak!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts