Saturday, May 27, 2017

Kuliner Semarang - Mie Kopyok Pak Dhuwur


Wisata Kuliner Indonesia #408
Kuliner Semarang
Mie Kopyok Pak Dhuwur
Jl. Tanjung, Semarang
Telp: 085641372758


Dua tahun lalu saya pernah posting sebuah coretan yang judulnya 12 Kuliner Mie Khas dari Indonesia yang berisi kuliner olahan mie dari pelbagai daerah di Indonesia yang pernah saya cicipi. Tentunya coretan itu belum lengkap karena masih banyak olahan mie khas nusantara yang belum saya sentuh. Salah satunya Mie Kopyok, salah satu ikon kuliner Semarang. Mie ini unik karena komposisinya yang menarik, tersaji dalam piring, sajian mienya hampir tidak terlihat, tertutup oleh "topping" tahu pong dan kerupuk gendar. Lebih lengkapnya, satu porsi mie kopyok berisikan mie kuning, lontong, tauge, tahu pong, kerupuk gendar dan tambahan irisan daun seledri serta taburan bawang goreng. Semuanya disatukan dalam kuah kaya rempah yang gurih dan segar. Mie Kopyok ini cocok menjadi sajian bagi vegetarian karena tidak mengandung aneka daging, termasuk kuahnya yang hanya mengandalkan rempah tanpa kaldu hewani.

Mie Kopyok Pak Dhuwur adalah salah satu legenda kuliner di Semarang yang konon sudah mulai berjualan sejak tahun 60an, dan saat ini usahanya diteruskan oleh generasi kedua dan saudaranya. Saat ini sudah punya beberapa cabang, tapi pusatnya ada di Jl. Tanjung yang cukup padat dikunjungi pelanggan apalagi ketika jam makan siang. Saya belum pernah makan mie kopyok sebelumnya, dan sajian mie kopyok Pak Dhuwur ini memang ngangeni. Beragam tekstur dari isinya membuat rongga mulut kita merasakan sensasi yang berbeda. Ada lontong yang lembut, mie kuning yang kenyal, tauge yang nyakres karena dibiarkan tidak matang sempurna, tahu pong yang krispy di luar dan lembut di dalam, dan juga kerupuk gendar yang garing. Dan itu semua jadi sempurna karena kuah mie yang gurih dan segar. Tinggal tambah sedikit kecap dan sambal sesuai selera, sluruuupppp.

Mie Kopyok pak Dhuwur buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, tapi hati-hati, terkadang jam 2 pun dagangan bisa sudah habis terjual. Saya menikmati mie kopyok ini saat waktu brunch, sekitar 10 pagi. Jalan kaki tak sampai 5 menit dari tempat menginap saya di Hotel Crowne Plaza Semarang, yang beririsan dengan Paragon Mall. Tempat makannya menempati sebuah halaman rumah di Jalan Tanjung. Disediakan beberapa meja panjang dan kursi, juga tambahan di torotoar jalan untuk menampung pembeli yang tidak mendapat tempat di dalam. Catat tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata kuliner Semarang jika kamu mau berkunjung ke kota ini.

Peta dan Alamat Mie Kopyok Pak Dhuwur:
Jl. Tanjung, Semarang
Koordinat GPS: -6.97628, 110.4163


Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. wah ... mampir ke gado gado dan es panekuk Pak Yono ngga mas.. posisi tepat di seberangnya?
    Gado-gado siram ala semarang (daun selada segar, tauge dan kol rebus, kentang rebus, tomat segar diguyur bumbu kacang yang dimasak ditambah sambel terai mateng plus kerupuk udang, jangan lupa telor resbusnya) ... juara se semarang tuh.
    Es panekuknya juga tiada banding...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh belum coba nih... Catet ah, mudah2an ada kesempatan ke Semarang lagi.

      Delete