Sunday, March 27, 2016

Kuliner Bandung - Bubur Ayam Pak H. Amid


Wisata Kuliner Indonesia #396
Kuliner Bandung
BUBUR AYAM PAK H. AMID (PAJAJARAN)
Jl. Pajajaran No. 105, Bandung
Telp: 022 – 6020864


Bubur ayam di kota Bandung punya ciri khas yang berbeda dengan bubur ayam di kebanyakan kota lainnya. Buburnya cenderung sudah gurih dengan aroma kaldu ayam yang menggoda tanpa dibubuhi apapun, sedangkan bubur ayam di kota lain sang bubur akan diberi guyuran "kuah" kuning yang memberikan aroma gurih pada sajian bubur ayamnya. "Topping" di bubur ayam Bandung pun lebih meriah biasanya, di porsi lengkapnya selain suwiran ayam, kacang dan taburan seledri, kita juga bisa menemukan potongan cakue, ati ampela dan telur rebus. Jadi untuk memilih bubur ayam Bandung yang enak, patokan saya cukup dua: gurihnya bubur ayam dan kelengkapan "topping"-nya.

Dengan patokan itu juga saya menjadikan Bubur Ayam Pak H Amid sebagai salah satu penjaja bubur ayam favorit di kota kembang ini. Terkenal juga dengan sebutan Bubur Ayam Pajajaran, saya mulai mengenal bubur ayam ini waktu zaman kuliah dan langsung jatuh cinta pada suapan pertama. Di tempat inilah saya pertama kali merasakan sajian telur mentah/setengah matang disajikan di dalam bubur yag panas. Buburnya yang gurih bahkan membuat pecinta kecap seperti saya merasa ragu untuk membubuhkannya di atas mangkok, karena takut menodai rasa aslinya. Toppingnya pun berlimpah, kalau kita pesan porsi bubur ayam spesial, maka kita akan mendapatkan sajian yang lengkap di atas bubur ayam: suwiran ayam, cakue, ati ampela, bawang goreng, seledri dan juga telur rebus. Satu porsi Bubur ayam spesial bisa kita nikmati dengan harga Rp. 16.000, menu yang paling mahal di tempat ini.

Bubur Ayam Pak H Amid berjualan di Jl Pajajaran - Bandung sejak 1982. Dahulu lokasinya tidak jauh dari GOR Pajajaran Dan sudah lima tahun terakhir, sejak tahun 2011, menempati tempatnya yang baru masih di ruas jalan yg sama, tepatnya di Jl Pajajaran No 105. Tepat di pertigaan dengan Jl. Arjuna atau seberang kantor Samsat. Jam buka dari bubur ayam ini juga sangat panjang, mulai dari jam 6 pagi, sampai jam 8 malam. Jadi kita bisa menikmati Bubur Ayam tidak hanya sebagai menu sarapan saja tapi juga sebagai menu makan siang dan makan malam. Atau mungkin juga sebagai cemilan sore. Kalau kamu makan bubur ayam biasanya jam berapa?

Peta dan Alamat Bubur Ayam Pak H. Amid (Pajajaran):
Jl. Pajajaran No. 105 (pertigaan dengan Jl. Arjuna), Bandung
Koordinat GPS: -6.90706, 107.59308



Kuliner lain di kota ini:



9 comments:

  1. Eow gitu ya mas Banyu,,, tambah tahu aku kalau bubur khas Kota Bandung itu seperti itu,,, Ngebayangin aja udah enak, enak gimana gituw, apalagi merasakannya sendiri, hehehe....
    Kapan mas Banyu ke Jogja lagi buat kulineran disini? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya sih udah berkali2 ke Jogja... Cinta sama kuliner kota Jogja...

      Delete
  2. Menu yang paling mahal cuman Rp.16.000?? Gilak, murah amat :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti orang jakarta yah? hihihi...
      Di Bandung sih buryam 16rb udah kemasuk mahal...

      Delete
  3. Makanannya bikin ngiler. harganya juga murah2 lagi

    ReplyDelete
  4. Beuhh, ni bubur Pak aid emang pedo echo kang,
    kentalnya luar biasa,

    dari jaman jualannya masih di depan Istana plaza Ip sampe sekarang pindah ke pertigaan jalan arjuna, saya selalu mampir ke tempat bubur pak amid.

    Malem - malem dingin makan buburnya pak Amid di tambah minumnya jus alpukat "hadeuhhh" !!

    ReplyDelete
  5. manteb,nanti kalo saya berkunjung ke bandung reuk mampir heula kunbal ngeh www.p4won.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Makanannya bikin ngiler. harganya juga murah2 lagi

    ReplyDelete