Monday, February 29, 2016

Kuliner Pekanbaru - Sate dan Sop Rusa


Wisata Kuliner Indonesia #394
Kuliner Pekanbaru
Warung Era 51
Jl. Kaharuddin Nasution No. 31 - Pekanbaru
Telp: 0761 - 674679

Tidak ada yang spesial jika kita melihat tampilan depan warung yang berada tepat di pertigaan ke arah Bandara Sultan Syarif Kasim II - Pekanbaru ini. Pun jika kita melihat daftar menunya, tertulis di sana menu-menu standar olahan dari daging seperti: sate, sop, soto, empal, dendeng dan sebagainya. Tapi ternyata ada yang unik di Warung Era 51, demikian nama tempat makan ini, karena semua menu di warung ini adalah olahan dari dari daging rusa, jenis daging yang tidak banyak digunakan oleh tempat makan-tempat makan yang lain. Sate Rusa dan Sop Rusa pun segera saya pesan untuk menghilangkan rasa penasaran saya akan sajian warung ini. Tak berapa lama muncul 6 potong sate dengan nasi hangat di hadapan saya. Rasa legit manis yang kuat langsung menyeruak begitu tusukan sate pertama meluncur ke rongga mulut dan indera pengecap saya, sepintas mengingatkan dengan cita rasa sate maranggi. Bumbu yang disajikan juga unik, sepintas mirip dengan bumbu kecap biasa tapi begitu dicicipi tampaknya seperti sambal olahan yang berwarna gelap. Harga satu porsi sate rusa ini Rp. 24.000 untuk setiap 6 tusuk. Kita pun bisa memesan porsi 10 tusuk seharga Rp. 40.000,-


Sop Daging Rusa menjadi sasaran saya berikutnya, like ordinary traditional soup from Indonesia isi dari sop ini juga terdiri dari wortel, kol, seledri, bawang daun dan sebagainya. Tentunya dengan potongan tulang dan daging rusa sebagai bahan utama. Rasa gurih segar dari sop ini dapat menemani manisnya sate sehingga rasa yang tertangkap oleh lidah kita menjadi balance. Untuk satu porsi sop daging rusa ini bisa kita nikmati dengan harga Rp. 25.000,-.

Sebelum beranjak menuju bandara, saya tak lupa untuk memesan dendeng mentah untuk dibawa pulang. Ya, pastinya dendeng ini juga terbuat dari daging rusa. Jangan bayangkan dendeng di rumah makan padang yah, dendeng rusa ini dendeng manis, bahkan manisnya di atas rata-rata. Buat penggemar manis seperti saya sangat menikmati sajian dendeng rusa ini, tapi beberapa teman yang tidak suka manis merasa olahan dendeng ini tidak pas buat mereka. Selera memang tidak bisa diperdebatkan hehehe. Enaknya, Warung Era 51 lokasinya sangat strategis, tepat di pertigaan menuju arah bandara sehingga menjadi lokasi yang tepat jika kita dalam perjalanan dari dan ke Bandara. Tidak dicantumkannya kata-kata "RUSA" di plang warung ataupun daftar menu memang menjadi misteri, ketika saya tanya ke kasir perihal ini ke kasir, dia pun hanya menjawab, "Wah saya juga gak tau pak, udah dari sananya".



Alamat dan Peta Warung Era 51:
Jl. Kaharuddin Nasution No. 31 - Pekanbaru
Koordinat GPS: 0.470800, 101.454270

Kuliner lain di kota ini:



9 comments:

  1. Aku pernah makan daging rusa di sumbawa. Rasa nya lebih hangat di badan

    ReplyDelete
  2. apa di sana masih banyak rusa mas, sampai rusa dijadikan olahan kuliner? ada penangkaran atau peternakan rusa

    ReplyDelete
  3. belum pernah makan daging rusa..dilihat dari pic nya kayaknya enak

    ReplyDelete
  4. waduhh sate rusa, kaya apa yaa rasanya.....
    penasaran pengen nyobaa jadinya

    ReplyDelete
  5. pilih sate nya aja ahh...kayanya lebih manteppp

    ReplyDelete
  6. kuliner indonesia memang membuat ngiler aja kalau cuma di lihat,,jadi penasaran ingin merasakannya

    ReplyDelete
  7. paling suka coba-coba makanan khas suatu daerah.. hehehehehe....
    aku gak pernah coba sate rusa, enak gak ya...
    kuliner indonesia kayak makasnan khas bali udah di tulis belum ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah sih, sebagian di sini: http://www.banyumurti.net/search/label/Bali

      Delete
  8. Sepertinya enak ya, tapi ga tega sama rusa yang imut-imut ituh :)

    ReplyDelete