Kuliner Purwakarta - Sate Maranggi Cibungur


Wisata Kuliner Indonesia #320
Sate Maranggi & Es Kelapa Muda CIBUNGUR
Jl. Raya Cibungur - Purwakarta
Telp: 0264 351077


Tampilannya tidak nampak terlalu berbeda dengan sate pada umumnya, tetapi perbedaan akan terasa begitu gigitan pertama. Dagingnya terasa manis seperti dendeng dengan aroma rempah yang khas, tapi tetap empuk. Ya itulah kesan yang didapat ketika menikmati sajian Sate Maranggi Cibungur - Purwakarta. 10 tusuk sate sapi disajikan bersama sambal tomat yang pedesnya nonjok. Tanpa bumbu kecap ataupun kacang, sate maranggi ini sudah terasa nikmat. Saya hanya menambahkan sedikit kecap pada sambalnya supaya sedikit mengurangi rasa pedasnya. Selain daging sapi, pilihan daging kambing pun tersedia. Tapi saya lebih memilih daging sapi, lebih kerasa khasnya. Satu porsi Sate Maranggi Sapi ini perlu ditebus seharga Rp. 30.000/10 tusuk, dengan nasi pulen berbalut daun pisang yang dihargai Rp. 5.000/porsi.

Saat ini Sate Maranggi Cibungur tidak hanya menyajikan Sate Maranggi sebagai menunya. Silakan coba beberapa pilihan lainnya seperti sop sapi/kambing, soto, pepes ikan/ati-ampela, ikan bakar dan sebagainya. Saya coba dua diantaranya: Sop Sapi dan Pepes Ati-Ampela. Sop Sapinya gurih dan segar, melengkapi rasa manis yang muncul dari sate marangginya. Sementara pepesnya juga boleh dikasih acungan jempol, bumbunya lekoh banget, malah jadi bikin penasaran dengan pepes ikannya. Kebayang enaknya.

Nah, tidak lengkap menikmati Sate Maranggi Cibungur tanpa mereguk kesegaran Es Kelapa Muda-nya. Ya, di tempat ini Sate Maranggi dan Es Kelapa Muda sudah jadi pasangan yang tak terpisahkan. "Daging" kelapa mudanya memang tebal-tebal tapi masih lembut, disajikan di dalam gelas kaleng yang berembun, kesegarannya memang tak terbantahkan, seolah sanggup menetralkan lemak dari sate yang baru kita santap. Harga 13ribu setimpal untuk segelas besar Es Kelapa Muda ini.

Saya tiba di Sate Maranggi dan Es Kelapa Cibungur ini tepat jam 7 malam di hari terakhir di akhir pekan panjang. Puluhan bangku panjang yang memuat ratusan orang hampir terisi semuanya, suasananya sangat ramai. Tapi hebatnya, tak sampai 5 menit menunggu pesanan sate saya sudah tersaji di meja. Berjualan di pinggir Jl. Raya Cibungur Purwakarta sejak tahun 1990, usaha ini tak menjadi layu walau jalan tol Cipularang berdiri. Padahal banyak usaha kuliner di ruas jalan alternatif penghubung Jakarta-Bandung ini yang menjadi sepi sejak dioperasikannya jalan tol tersebut. Pertanda daya tarik yang diberikan sajian sate maranggi ini memang menjadi magnet yang kuat bagi para pecinta kuliner. Tertarik untuk mencoba? Buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam, kedai ini mudah koq ditemukan. Kalau dari arah Jakarta, keluar saja di tol pintu Cikampek dan belok kanan, Sate Maranggi Cibungur ini dapat ditemukan sekitar 3,3 KM di sebelah kiri jalan.



Comments

  1. wah, mantap nih satenya,, maaf min, ini mau nambahin sedikit destinasi wisata disalah satu surga pulau indonesia, yaitu pulau karimunjawa

    ReplyDelete
  2. gile yg komeng namanya aneh2

    ReplyDelete
  3. Mahal juga ya :), 30000/porsi. Rasanya manis atau pedes?

    ReplyDelete
  4. ada lagi sate maranggi yg murah dan ga kalah enaknya, diseberang sate maranggi ada patung orang makan sate, di sebelahnya ada jalan kecil masuk aja kesitu ikutin jalan utama, nanti sekitar 2-3 km di sebelah kanan jalan. sate maranggi bagja wanakerta, ada saung2nya gitu, bisa sambil liat view sawah ijo. harga 15.000/porsi

    ReplyDelete
  5. enak banget nih sate marangginya! saya sendiri lebih suka yang sate maranggi sapi sih.. nyam nyam sekali! ulasannya mantabz sekali mas! jadi bikin laper bacanya.. :-)

    ReplyDelete
  6. saya
    beberapa kali makan di sana, memang jos maknyus dan yg bikin kita balik
    lagi adalah suasananya, ratusan orang makan sate bareng2 di meja
    sederhana di pinggir hutan.....

    ReplyDelete
  7. kayanya mesti coba nih...di depok ada sate pribumi. menurut saya paling enak seDepok. monggo mampir ke makanjalan.com mas. Sukses selalu!

    ReplyDelete
  8. belum pernah nyoba sate maranggi, kayanya nikmat tuch

    ReplyDelete
  9. harusss di coba nih makanan mas,, \

    ReplyDelete
  10. lezat banget mas bro kelihatannya,,, pengen coba ,,, yuukkk

    ReplyDelete
  11. Indonesia memang sangat kaya dengan kulinernya, masing masing daerah punya rasa masakan sendiri, walaupunnya namanya, te sate :)
    Terima kasih telah berbagi informasi. Kami di sumatera terlalu jauh untuk berkunjung kesana

    ReplyDelete
  12. wow, jadi laper nih kayaknya enak....

    ReplyDelete
  13. Maaf mau nanya Kalau warung sate maranggi purwakarta hari jum'at buka tidak.terima kasih

    ReplyDelete
  14. manteb kang, review makanan lain juga ya

    ReplyDelete
  15. kaya gimana sich rasanya sate maranggi jd penasaran.

    ReplyDelete
  16. aku dan keluarga juga sering makan sate maranggi.. rasanya mantap abizzz... obat batuk berdarah

    ReplyDelete
  17. jos neh kayaknya ,, liat gambarnya aja udah kecium baunya , wa hah ah ah a

    KTA

    ReplyDelete
  18. Wah SateNya rasnya pasti makNyuss itu... jadi kepengen.

    ReplyDelete
  19. sate maranggi widiw sangat enak apalagi yang di cianjur sambel oncomnya maknyus, saya sih seringnya di deket rumah yang di tajur tapi sekali-kali yang di cianjur..

    ReplyDelete

Post a Comment