Tuesday, December 29, 2015

Kuliner Manggar - Gangan Kepala Ketarap RM Fega


Wisata Kuliner Indonesia #382
Kuliner Manggar
RUMAH MAKAN FEGA
Jl. Assalam No.10 Manggar, Belitung Timur
Telepon: (0719) 91114


Mungkin dulu tidak banyak di antara kita yang tahu atau pernah mendengar sebuah daerah bernama Manggar yang berada di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Akan tetapi, setelah sebuah novel karya Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi, mendapatkan apresiasi sangat besar, maka nama Manggar yang menjadi latar daerah cerita pada novel tersebut, mulai dikenal oleh masyarakat luas. Saya pun berkesempatan berkunjung ke "Negeri Laskar Pelangi" ini pada pertengahan tahun 2015 lalu. Dan ketika bicara kuliner di daerah ini, maka nama olahan ikan yang dikenal dengan Gangan, menjadi salah satu sajian yang tidak boleh terlewatkan. Rumah Makan Fega merupakan salah satu restoran yang menyajikan hidangan gangan sebagai salah satu menu utamanya. Untuk ikannya digunakan ikan ketarap, jenis ikan laut yang hidup di perairan sekitar pulau Belitung. Ikan ini menjadi bahan utama di dalam kuah kuning, yang dihasilkan dari racikan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, dan sebagainya. Tapi ada bumbu spesial yang juga menjadi ciri khas dari gangan yaitu Nanas muda. Ya, kita bisa menemukan potongan nanas dalam kuah gangan yang menyuguhkan rasa asam segar yang berpadu dengan rasa gurih dan sedikit rasa pedas. Slurrruuuppp.... Untuk bagian ikan ketarap yang digunakan untuk gangan ini kita bisa memilih bagian ekor, tengah atau kepalanya. Kalau saya sih tidak ragu lagi untuk memilih kepalanya, karena selain aneka olahan kepala ikan menjadi favorit saya, kepala ketarap juga menyimpan "harta karun" yang berlimpah dibanding kepala ikan lainnya. Apa itu? Lapisan kulit yang tebal serupa kikil sapi tapi jauh lebih lembut. Inilah bagian dari kepala ikan ketarap yang terindah bagi indera pengecap saya. Maka, dengan bahan utama ikan ketarap segar yang diolah dalam kuah kuning yang khas nan lezat, maka Gangan Ikan Ketarap di RM Fega ini layak sekali oentoek dipeodjiken. Harga untuk satu porsi Gangan Ikan Ketarap yang dapat disantap oleh 2 sampai 3 orang ini adalah 100 ribu rupiah.



Salah satu sajian spesial di RM Fega, dan juga menjadi kuliner andalan di kawasan lainnya di Belitung, adalah Ikan Bakar. Dengan bumbu minimalis, kesegaran dari ikan ini dapat terlihat dari kekenyalan daging dan rasa natural yang dihadirkan. Belum lagi kita tidak perlu direpotkan dengan deretan duri yang telah dilepaskan dari tempat asalnya. Tinggal cocolkan dengan aneka sambal yang tersedia maka kita dapat menikmati kuliner khas Belitung yang satu ini. Saya lupa untuk menanyakan jenis ikan yang digunakan untuk ikan bakar ini, biasanya digunakan ikan ilak atau ikan tenggiri. Harga untuk ikan bakar ukuran besar adalah Rp. 80ribu.

Jangan lupa untuk menikmati aneka sayuran di sini seperti tauge, kangkung dan genjer. Olahan yang khas adalah olahan menggunakan terasi atau sering juga disebut belacan. Contohnya Genjer Belacan, sayuran kaya serat ini sangat cocok dimasak dengan sambal belacan sehingga memberikan cita rasa yang kuat dan tentunya pedas, sekaligus menjadi pelengkap yang menyempurnakan sang hidangan utama yaitu ikan. Harga satu porsi genjer belacan ini adalah Rp. 25ribu.

Rumah Makan Fega menjadi salah satu spot kuliner favorit di kota Manggar ini karena tidak hanya menyajikan hidangan khas Belitung dengan olahan yang lezat, tetapi juga memberikan suasana segar dan indah karena terletak persis di samping Danau/Kolong Bendung. Bentuk bangunannya pun menyerupai perahu dengan tambahan dermaga kecil yang menjadi spot yang bagus untuk dapat berfoto-foto. Tak heran, hampir setiap agen wisata ataupun tamu-tamu daerah yang berkunjung ke Kabupaten Belitung Timur ini akan diajak untuk menikmati santapan di rumah makan ini. Negeri Laskar Pelangi ini memang tidak hanya mempesona karena keindahan alamnya, tapi juga karena "keindahan" kuliner yang tersedia.


Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment