Kuliner Balikpapan - Kepiting Saus Spesial Dandito


Wisata Kuliner Indonesia #370
Kuliner Balikpapan
KEPITING DANDITO
Jl. Marsma Iswahyudi No. 71, Gn Bakaran - Balikpapan
Telp: 0542-764367, 0811532368


Buat saya, salah satu aktivitas wajib jika berkunjung ke Balikpapan adalah menikmati sajian kepiting. Ya, Balikpapan adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan olahan kepitingnya. Selain RM Kenari, Salah satu tempat yang juga terkenal dengan aneka menu berbahan dasar kepitingnya, serta selalu ramai adalah Rumah Makan Dandito yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Bandara. Ada tiga jenis kepiting yang bisa kita pilih disini: Kepiting Jantan/Super, Kepiting Betina/Telur dan Kepiting Soka. Kepiting Jantan memberikan kepuasan makan kepiting sejati karena memiliki bagian tubuh yang besar, yang berarti menyediakan porsi daging yang lebih banyak. Kepiting Betina lebih kecil dari kepiting jantan tapi memberi bonus telur di badannya, sedangkan Kepiting Soka memiliki keistimewaan dengan cangkangnya yang lunak sehingga bisa ikut dimakan. Setelah memilih jenis kepitingnya, maka berikutnya adalah memilih jenis olahannya. Salah satu jenis olahan yang menjadi signature di RM Dandito adalah Saus Spesial Dandito. Saus ini menyuguhkan rasa manis dan asam yang ditimpali dengan cubitan sedikit rasa pedas, dan yang bikin spesial adalah komposisi rasa yang dihasilkan memang bisa memenuhi rongga mulut kita dengan cita rasa yang aduhai. Daging kepiting yang putih dan lembut langsung berubah menjadi garang dan menantang begitu tersentuh saos spesial Dandito ini. Bahkan ketika santapan sudah habis, sulit untuk menahan godaan untuk tidak menjilati setiap jemari yang masih menyisakan saus ini. Acungan jempol saya berikan buat sang kreator Saus Spesial Dandito.

Buat saya, ada satu lagi pilihan saus yang juga perlu dipoedjiken: Saus Lada Hitam. Pedasnya si lada hitam langsung nonjok begitu bertemu si indera pengecap. Seberkas rasa manis dan cita rasa gurih juga turut hadir di saos ini. Membongkar cangkang kepiting yang cukup sulit terasa sebanding ketika daging kepiting yang "tercemari" dengan saus lada hitam ini bersentuhan dengan indera pengecap kita. "Seuhah" pun menjadi bagian dari proses menikmati kepiting saus lada hitam persembahan dari Kepiting Dandito ini.

Di daftar menu yang diberikan oleh sang pramuwisma kita bisa lihat ada dua kategori olahan Kepiting Dandito ini: pedas dan tidak pedas. Untuk yang pedas hanya tersedia dua opsi yaitu Saus Spesial Dandito dan Saos Lada Hitam, sementara yang tidak pedas ada beberapa opsi yang bisa kita pilih yaitu Saos Asam Manis, Saos Tiram, Rebus/Stim dan Goreng Bawang Putih. Diantara empat pilihan olahan non pedas tersebut, hanya ada satu yang dikasih jempol di menunya sebagai tanda menu yang direkmoendasikan di Rumah makan ini, yaitu Kepiting Goreng Bawang Putih. Rasa natural dari daging kepiting yang hanya digoreng dan disajikan dengan butiran bawang putih ini direkomendasikan bagi yang ingin menikmati gurih dan segarnya kepiting yang disajikan di sini. Sayang sambal yang turut disajikan bersama kepiting ini kurang yahud, tapi tenang kita masih bisa cocol daging kepitingnya dengan saus spesial dan lada hitam di atas kan :)

Satu menu yang jarang ditemukan di tempat lain adalah Kepiting Soka. Dengan cangkangnya yang lunak, kepiting ini hanya bisa disajikan dengan digoreng tepung terlebih dahulu, kemudian disajikan dengan saus spesial dandito atau saus lada hitam sesuai pilihan kita. Buat yang tidak mau repot membongkar cangkang kepiting untuk dapat menikmati daging kepiting, kepiting soka ini adalah pilihan yang tepat. Kita hanya tinggal mengguyurnya dengan saus pilihan kita dan langsung dapat disantap. Tapi bagi saya pribadi, kenikmatan makan kepiting itu justru pada perjuangan membuka cangkangnya dan menemukan "harta karun" di dalamnya. Jadi ketika menyantap kepiting soka ini, sensasi itu tidak didapatkan dan juga cita rasa kepitingnya sudah agak berkurang karena bumbu tepungnya. Walau begitu, menu yang satu ini menjadi andalan di Kepiting Dandito dan peminatnya sangat banyak.

Untuk menikmati Kepiting Dandito, saya sarankan jangan sendirian karena satu porsi kepiting yang disajikan tidak akan muat untuk perut satu orang, kecuali kapasitasnya memang di atas rata-rata. Paling tidak satu menu ini dapat dihabiskan oleh 2-3 orang. Untuk harga ditentukan dari pilihan kepiting yang kita santap, untuk satu porsi Kepiting Jantan/Super kita harus merogoh kocek sebesar Rp. 185.000,-, Kepiting Betina Rp. 195.000 dan Kepiting Soka Rp 165.000 (belum termasuk pajak 10% yah). Kita juga bisa bawa kepiting ini sebagai oleh-oleh loh, tinggal pesan langsung atau bisa lewat telepon saja untuk menu kepiting yang kita inginkan dan bilang akan diambil kapan, RM Dandito akan menyiapkan pesanan kita dalam kemasan kotak praktis yang sudah siap bawa. Enaknya lagi, jika dari Kota Balikpapan, Kepiting Dandito ini berada dalam jalur arah ke bandara, jadi tidak sulit untuk mengambilnya. Bahkan untuk memenuhi pesanan take away ini, mereka sudah siap buka sejak jam 6 pagi! Jadi bagikanlah sensasi menikmati kepiting Dandito untuk keluarga tercinta di rumah.

Kira-kira kamu sukanya kepiting yang mana?

Peta/Alamat Kepiting Dandito:


Comments

  1. aaaaa pengen langsung meluncur terus maakan kepiting dehh sepuasnya ... bikin kolestrol naik nihhhh :D

    ReplyDelete
  2. Kangen banget ama kepiting Soka. Lama gak ke Balikpapan. Uda kebayang dagingnya kulenyeerrr di mulut. Bener banget Mbak Lia, bikin kolesterol naik.

    ReplyDelete
  3. Makanan di Balikpapan emang mahal - mahal..
    Tapi kali kepiting yg satu ini emang top daah (y)

    ReplyDelete
  4. mesti dicoba nih, maksih infonya gan,

    ReplyDelete

Post a Comment