Monday, April 13, 2015

Taman Wisata Kuliner Sabang


Wisata Kuliner Indonesia #367
Kuliner Sabang - Aceh
Sate Gurita
Taman Wisata Kuliner Sabang


Sate Gurita, menu ini mungkin tidak mudah untuk ditemukan di kota lain di Indonesia, tapi tidak di kota Sabang. Ya, Sate Gurita memang menjadi salah satu ikon kuliner di kota Sabang, tidak sulit kita temukan beberapa penjual sate gurita di kota ujung Barat Indonesia ini. Salah satunya di Taman Wisata Kuliner Sabang. Di tempat makan berkonsep food court dan outdoor ini kita bisa menikmati sajian Sate Gurita, yang dapat dipilih apakah menggunakan bumbu kacang atau bumbu sate padang. Tekstur dari gurita ini tidak seperti cumi yang cenderung alot, tapi lembut, sepintas mirip dengan daging ayam. Penggemar cita rasa manis akan pilih bumbu kacang, sedangkan yang condong ke gurih silakan pilih bumbu sate padang. Harga satu porsi sate gurita ini Rp. 15.000 yang berisi sekitar 6 tusuk sate dan lontong.

Tidak cuma sate gurita, di Taman Wisata Kuliner ini juga kita dapat menikmati kuliner Aceh yang sudah terkenal se-antero Indonesia, apalagi jika bukan Mie Aceh. Terdapat dua sajian mie aceh yang bisa kita pilih apakah lebih suka kering atau berkuah. Untuk isiannya lebih beragam, apakah mau cumi, udang, daging sapi dan telur. Cita rasa mie aceh di sini layak dipoedjiken, gigitan pedasnya dapet dengan tetap menghadirkan aroma khas dari kuliner yang satu ini. Untuk satu porsi mie aceh udang harus ditebus dengan harga Rp. 20.000,- sedangkan mie aceh cumi Rp. 18.000. Untuk minumnya silakan coba pesan teh serai yang memberikan kehangatan teh dengan aroma serai yang menyegarkan.

Selain sate gurita dan mie aceh, masih banyak menu lainnya yang dapat kita nikmati di tempat ini seperti Nasi Goreng, Martabak aceh, sate padang, sate ayam, cumi goreng, mie bakso dan sebagainya. Tapi sebenarnya ada menu yang paling spesial di Taman Wisata Kuliner Sabang ini dan gratis lagi. Apakah itu? Hembusan semilir angin pantai dan pemandangan terbenamnya matahari. Ya dengan konsep outdoor di pinggir pantai kita bisa menikmati hembusan angin pantai di sore hari, sambil menantikan terbenamnya matahari di ufuk barat di taman wisata kuliner ini. Acungan jempol perlu diberikan kepada Pemerintah Kota Sabang yang membangun tempat kuliner sabang ini dengan konsep sederhana tapi memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Selain menikmati keindahan alamnya, jangan lewatkan pula untuk berwisata kuliner di kota Sabang, kota dimana matahari terbenam paling akhir di Indonesia.


Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. Mieacehnya kalo di campuri genjes dikit pasti endes banget yaaa kak hehehe

    ReplyDelete
  2. bang, satu lagi kuliner rahasia aceh, Nasi Minyak (Bu Minyeuk) ini khas Aceh Besar, katanya dulu, nasi ini khusus untuk para raja. Insya Allah nggak akan ngecewain bang rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bisa dapet dimana tuh? Dulu pernah ke Jambi juga nyicip nasi minyak, mungkin hampir sama kali yah?

      Delete
  3. Sate Gurita, mengingatkan saat ikut "berburu" gurita dan ikan lainnya di Pantai Sumurtiga dekat Ujongkareeng, Sabang. Segar langsung bakar di pinggir pantai pasir berkarang.

    ReplyDelete