Sunday, March 15, 2015

Kuliner Bogor - Surabi Duren Sukasari

Surabi Duren Nangka Keju
Wisata Kuliner Indonesia #360
Kuliner Bogor
SURABI DUREN SUKASARI
Jalan Raya Tajur (seberang Kuntum Nursery) - Bogor
Telp: 0878 7007 8207


Surabi atau biasa juga disebut dengan Serabi merupakan kudapan tradisional yang berbahan dasar tepung beras, terigu dan santan. Yang cukup terkenal adalah gagrak surabi bandung dengan oncom untuk versi yang asin dan surabi dengan kinca untuk versi yang manis. Juga ada gagrak solo yang saat ini banyak dipopulerkan oleh brand Surabi Solo Notosuman. Akan tetapi sekarang kuliner yang satu ini mengalami evolusi dengan sentuhan yang menghasilkan beraneka jenis sajian surabi. Contohnya di Bogor, ada Surabi Duren Sukasari. Ya, sesuai namanya "signature" di kedai ini adalah surabi durennya. Proses pembuatan surabinya sendiri masih menggunakan cara tradisional, adonan serabi dimasak menggunakan cetakan khusus dari tanah liat yang dimasak dengan kayu bakar. Yang membedakan adalah proses penyajian akhirnya, khusus untuk menu surabi duren yang jadi andalannya, tempat ini menuangkan vla duren dengan cita rasa duren yang khas. Walaupun menggunakan perasa, tapi aroma duren yang dihasilkan buat saya pas dan kayaknya tetap menggunakan durian asli sebagai penguat rasanya. Tidak hanya vla duren, di atas surabi ini juga kita bisa pilih tambahan lainnya seperti cokelat, keju, pisang, dan nangka. Harganya berkisar antara Rp. 7.500 s.d Rp. 10.000 untuk satu porsinya.

Surabi Oncom Ayam Special
Di Surabi Duren Sukasari ini memang ada dua pilihan jenis serabi: manis dan asin. Untuk yang manis kita bisa pilih surabi dengan topping duren, coklat, pisang, nangka dan sebagainya. Yang asin juga tak kalah istimewanya, ada topping oncom, ayam, sosis dan telur yang bisa kita pilih. Saya mencoba Surabi Oncom Ayam Special (Rp. 8000), Surabi oncom dengan tambahan suwiran ayam dan diguyur dengan saus special khas buatan dari kedai ini. Sausnya sendiri dari mayonaise dan sambal, yang menghasilkan rasa gurih, dan sedikit manis dan pedas. Sebuah inovasi dari olahan kuliner tradisional yang memberikan cita rasa "mewah"yang lezat.

Surabi Duren Sukasari hadir sejak 10 tahun lalu di Bogor, sekitar tahun 2004. Awalnya menempati kaki lima di ujung jalan Sukasari, yang menjadi asal dari "brand" surabi ini. Cita rasanya yang unik membuat indera pengecap banyak warga Bogor terpikat, sehingga "warung tenda" surabi duren ini tidak pernah sepi. Di malam akhir pekan, siap-siaplah untuk mengantri tempat duduk kita singgah di sana. Sayang, di tahun 2014 lalu, sang pemilik lahan di belakang tenda kaki lima ini memutuskan untuk membuka usaha yang mengharuskan Surabi Duren Sukasari ini pindah. Tapi tak berapa lama, di sekitar tempat ini ternyata muncul usaha serupa, Surabi Duren, sehingga banyak pelanggan yang menyangka tempat makan ini masihlah sama dengan Surabi Duren Sukasari yang dulu. Tapi jangan salah, Surabi Duren Sukasari yang asli saat ini hanya dapat ditemui di Jl. Tajur, tak jauh dari Kuntum Nursery, yang menyediakan wisata agro dan resto.

UPDATE (18 April 2016):
Lokasi Surabi Duren Sukasari, sudah kembali ke Jalan Sukasari, tepat di pertemuan dengan Jl. Pajajaran - nya.
Peta di bawah juga sudah saya update ke lokasi yang sekarang.

Untuk lokasi/alamat tepatnya Surabi Duren Sukasari dapat dilihat di sini:


Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. wih pindah, padahal yg disukasari aja belum dicobain, hihihi

    ReplyDelete
  2. Wah look delicious :9 kalau lagi lewat mau cobain ah :D

    ReplyDelete
  3. hmm pasti enak tuh tp sayang tempat nya jauh.........

    ReplyDelete
  4. hmm pasti enak nihhh jd pengen mampir :G

    ReplyDelete