Wednesday, December 10, 2014

Kuliner Makassar - Menyeruput Hangatnya Sarabba


Wisata Kuliner Indonesia #348
Kuliner Makassar
Kedai SARABBA
Jl. Sungai Cerekang - Makassar


Rasanya tidak lengkap jika mengunjungi Makassar tidak mencicipi Sarabba. Ya, Sarabba adalah minuman khas dari ibu kota Sulawesi Selatan yang banyak dijajakan di berbagai sudut kota ini. Akan tetapi ada satu ruas jalan yang berjejer kedai-kedai dengan Saraba sebagai sajian utamanya, namanya Jl. Sungai Cerekang. Sehabis menyantap Ayam Goreng Sulawesi, malam itu saya habiskan di salah kedai di Jl. Sungai Cerekang ini. Satu gelas Saraba langsung saya pesan, minuman yang memberi kehangatan bagi siapa yang meneguknya. Tidak heran, karena Saraba sendiri berbahan utama jahe dan gula aren, mirip seperti minuman Bandrek kalau di Jawa Barat. Tapi yang membedakannya adalah Saraba menggunakan santan, di samping pelbagai rempah-rempah seperti pala dan kayu manis. Aroma wangi yang menggoda langsung menyergap hidung begitu Saraba hadir di depan kita. Tegukan pertama langsung mengalir ke kerongkongan yang menghadirkan sensasi hangat yang beda, manisnya gula merah memang berpadu indah dengan gurihnya santan dan hangatnya jahe, serta ditimpali sedikit wangi dari kayu manis. Oh ya, kita juga diberi opsi apakah akan menggunakan telur untuk saraba kita, tenang, telur tersebut akan dikocok benar sebelum diguyur dengan panasnya air dari sarabba, sehingga ketika kita meminumnya tidak terasa sama sekali bau amis yang biasanya muncul pada telur mentah. Sebagi minuman yang dipercaya juga sebagai penambah stamina tubuh, maka opsi penambahan telur tersebut layak untuk dicoba.

Jika menikmati Sarabba di sekitar Pantai Losari, maka temannya adalah Pisang Epe. Akan tetapi, di Cerekang ini, teman untuk minum saraba adalah aneka gorengan yang disajikan bersama sambal. Berbeda dengan di pulau Jawa, di kota-kota di Pulau Sulawesi sambal memang menjadi kawan bagi aneka gorengan, terutama pisang goreng. Mungkin ada yang bertanya, apa rasanya makan pisang goreng dicocol sambel? Saya pertama kali mencobanya di Manado, dan ternyata ketagihan sampai sekarang. Rasa pisang yang manis-manis sepet gitu ternyata bisa berpadu dengan sambal. Dan satu per satu gorengan mulai berpindah tempat, dari atas piring ke dalam rongga perut kita masing-masing.

Saya hitung ada sekitar 5 kedai sederhana atau lebih yang menjajakan Saraba di ruas jalan Sungai Cerekang ini. Dan menariknya, hampir semuanya terisi penuh oleh pelanggan yang datang. Ya, walau "bersaing", tampaknya tidak menjadi masalah bagi kedai-kedai ini. Kursi-kursi plastik yang disediakan kedai-kedai tersebut sebagian besar terisi oleh para penikmat Saraba. Saat ini Sarabba sudah banyak tersedia di berbagai kota di pulau Sulawesi, bahkan sekarang sudah ada kemasan sachet bagi yang ingin menikmati Saraba Instant. Walau tidak seenak Saraba asli, Saraba instan ini boleh lah untuk melepas rasa kangen daripada harus jauh-jauh balik ke Makassar :) Jika anda adalah orang yang berniat berkunjung ke Makassar, masukkan Saraba ini sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Makassar.

Peta / Alamat Lokasi Saraba - Cerekang:


Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. Pasti hangat dan mantap jika dinikmati dibawah dinginnya ibu kota :)

    ReplyDelete
  2. itu rasanya persis sama nutrisari wedang saraba nggak?
    .
    pisang gorengnya aneh banget, kaya temenku makan pisang goreng pake cabe rawit. wkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum pernah coba nutrisari saraba. Tapi kalau di Makassar sudah banyak kemasan sachet nya.
      Pisang goreng kalau di Sulawesi memang banyak yang disajikan pake sambel, beda dengan di Jawa.

      Delete