Monday, March 17, 2014

Kuliner Padang - Martabak Hayuda, Si Pelopor Martabak Kubang


 Wisata Kuliner Indonesia #316
Martabak Kubang HAYUDA
Jl. Prof M. Yamin SH No. 138 B (daerah Pasar Raya)
PADANG
Telp: 0751-28143


Sepintas tidak ada yang berbeda antara martabak kubang dengan martabak telor pada umumnya. Akan tetapi keistimewaan mulai terasa begitu potongan pertama masuk mulut, gurihnya adonan martabak kaya rempah ditimpali dengan daging sapi yang telah dicincang memenuhi rongga mulut kita dengan sensasi yang melenakan. Dan sensasi itu belumlah usai, guyur atau celupkan potongan martabak dengan kuah yang tersedia. Kuah cuka dengan potongan tomat, bawang bombay dan irisan cabe rawit di dalamnya itu membuat indera pengecap kita mendapatkan sensasi manis, asin, asam dan segar dengan sedikit cubitan pedas yang melengkapi gurihnya potongan martabak kubang ini. Ya, pengalaman kuliner ini bisa didapatkan di Martabak Kubang HAYUDA yang berada di Jl. M. Yamin, kawasan Pasar Raya Padang. Satu porsi martabak Kubang ini bisa kita nikmati dengan harga Rp. 18.000 saja.

Buka dari siang sampai jam satu malam, penggorengan di Martabak Hayuda ini tidak pernah kosong, selalu penuh terisi dengan pesanan yang terus mengalir. Mengintip sebuah thesis mahasiswa di Universitas Andalas ternyata HAYUDA merupakan singkatan dari Haji Yusri Darwis, sang pelopor usaha Martabak Kubang ini. Kubang sendiri adalah nama sebuah desa kecil di Kecamatan Guguk Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, tempat kelahiran Yusri Darwis. Sejak tahun 1971, beliau telah merintis usaha martabak ini, mulai dari kaki lima sampai berbentuk restoran dengan banyak cabang di beberapa kota termasuk Jakarta seperti sekarang. Suksesnya membuat orang banyak meniru nama martabak kubang yang diperkenalkannya, sehingga akhirnya nama "Martabak Kubang" dipatenkan sejak tahun 1999, agar orang tidak salah lagi memilih.

Saat ini Martabak Kubang Hayuda telah memiliki 5 cabang di luar Padang yaitu di Jakarta, Depok, Serpong dan Bogor. Jadi kalo ke Padang, jangan sampai lewatkan untuk mencicipi Martabak Kubang HAYUDA di tempat aslinya.

Mau tau tempat makan di Kota Padang lainnya? Klik ini: Kuliner Padang

Kuliner lain di kota ini:



7 comments:

  1. Di Jogja juga ada martabak yang mengusung nama Martabak Kubang. Bedanya dengan martabak biasa itu lembaran martabaknya terasa lebih lembut dan kenyal, kalau lembaran martabak biasa kan cenderung renyah kriuk-kriuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak bener, itu juga salah satu yang beda dengan martabak kubang

      Delete
  2. Sekali goreng banyak banget gitu yaaaa :-) Mas kalo ama mertabak HAR palembang kira2 pilih mana ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo selera saya sih pilih Martabak Kubang. Tapi kan martabak HAR pake kari, jadi agak kurang apple to apple.

      Delete
  3. Martabak Hayuda, Si Pelopor Martabak Kubang memang top markotop artikel tentang martabaknya sip om
    jangan lupa mampir ya

    Paket Wisata Gunung Bromo Malang Murah

    ReplyDelete
  4. martabak hayuda kelihatannya enak kalo ada waktu saya akan mampir untuk mencicipi martabak hayuda

    ReplyDelete
  5. Halo.... Saya dari Greenpack.
    Saya mau kasih info nih. Kalo ada siapa saja yang membutuhkan Kemasan Makanan bisa menghubungi kami Greenpack.

    Trims.

    ReplyDelete