Wednesday, January 29, 2014

Kuliner Bandung - Mie Linggarjati, Sejak 1950!


Wisata Kuliner Indonesia #308
Mie Linggarjati
Jl. Balong Gede No. 1 (Samping ex Dian Theater - Alun-Alun)
Bandung


Bandung memang dipenuhi penjaja makanan legendaris yang sudah memulai usahanya puluhan tahun yang lalu. Tak terkecuali di tempat ini, Mie Linggarjati. Menurut sang empunya, tempat ini sudah mulai berjualan makanan (dulunya Rumah makan) sejak tahun 1950. Ini berarti sudah bertahan selama 60 tahun! Apa sih yang menjadi keistimewaan tempat ini? Yamin Manis Baso Babat menjadi pilihan menu utama saya. Biasanya saya bukanlah penikmat mie, tapi penggemar baso. Disini keadaan terbalik, saya benar-benar menikmati setiap helai mie yang tersaji di atas mangkok, entah mengapa aroma gurih dan manis dari yamin manis yang ditaburi suwiran daging ayam halus ini begitu pas dengan lidah saya, jarang-jarang. Sementara itu baso yang disajikan di mangkok terpisah bersama kuah sendiri tidak terasa istimewa bagi saya. Tapi babatnya oke loh, empuk dan tidak liat. Jadi buat saya, magnet utama tempat ini ada di Yaminnya. Harganya relatif mahal untuk ukuran mie baso, satu porsi yamin manis baso babat ini dihargai sekitar 35rb rupiah. Tapi puas lah...

Atas rekomendasi banyak orang juga saya tergoda untuk memesan Es Alpukat. Katanya enak banget. Saya berpikir, bukannya dimana-mana es alpukat ya gitu-gitu saja? Pertanyaan saya langsung terjawab begitu suapan es pertama Es Alpukat itu hinggap di rongga mulut. Alpukat ini tidak disajikan dengan diblend halus tapi dihancurkan saja. Yang membuat istimewa dari minuman seharga 23ribu rupiah ini adalah pemanisnya, koq bisa pas banget ya? Jujur, saya bingung bagaimana mendeskripsikan cita rasa es alpukat ini, yang jelas begitu memikat. Es Alpukat yang memikat :) Dan yang pasti gak cuma enak, tapi enak bingiiitttt....

Gambar diambil dari resepawon.com
Walaupun saya lahir dan besar di Bandung tapi terus terang baru mengetahui tentang Mie Linggarjati akhir-akhir ini lewat iming-iming teman-teman di beberapa grup WhatsApp. Mungkin karena dulu saya gak hobi jajan kali yah. Di tempatnya yang bersih ini, awalnya Mie Linggarjati adalah rumah makan yang menyediakan aneka jenis makanan, sampai akhirnya memfokuskan diri hanya menjual mie baso dengan berbagai variannya. Dikelola oleh generasi kedua, tempat ini masih menjadi magnet yang cukup kuat bagi para pencinta kuliner Bandung. Terbukti, tempatnya yang masih banyak dikunjungi orang walau tempat sekitarnya seperti Dian Teather dan Palaguna Plaza sudah mati dan tidak lagi beroperasi. Dijamin gakan nyesel deh...

Mencari tempat makan di Bandung lainnya? Coba cek daftar Kuliner Bandung ini...

Kuliner lain di kota ini:



7 comments:

  1. Wuih enak banget nih keliatannya, jadi laper :9

    Jangan lupa ikutan lomba blog 'Jelajah Kuliner Unik Nusantara'
    Berhadiah jalan-jalan ke 5 kota Indonesia GRATIS.
    Tertarik? Yuk submit tulisan kamu di sini -> bit.ly/jelajahkuliner

    ReplyDelete
  2. Selama ini kalo ke bandung pasti nyobain mie naripan, kayak nya ini wajib di coba. Ngiler ama mie babat nya :-)

    ReplyDelete
  3. Kalo Akung dah pernah kan Om? Gw sih favoritnya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo soal mie, saya sih favoritnya mie karet, yang di astana anyar dan di kopo....
      bakmi rox juga enak, di mekarwangi dan kopo...


      tapi kapan kpan mau nyoba ah mie linggarjati...l

      Delete
  4. udah nyoba ini enak baso linggar jati , tapi saya sering beli di mie naripan bandung karena udah langganan dan rasanya khas ga tergantikan deh hehehe :D www.mienaripan.co

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Mie Naripan emang terkenal mas, tapi saya tidak berani coba soalnya diakui menyediakan menu yang tidak halal buat muslim: http://news.detik.com/read/2008/02/21/102703/1048154/675/1/mie-tua-naripan-masih-tetap-diburu

      Delete
  5. Ada mie encek di jalan guntur... sebetulnya tujuan saya di cafe sebelahnya, tapi saya mampir karena takjub pembelinya buanyak banget dan keluar masuk, padahal baru sekitar jam 9an apgi... mienya tipis2 dan teksturnya lembut tapi ngga terlalu kenyal. enak buat diseruput. Kuahnya light. harga 30an jika lengkap dengan baso dan tahu baso. Juara

    ReplyDelete