Saturday, July 13, 2013

Kuliner Jogja - Bakmi Kadin


Wisata Kuliner Indonesia #287
Kuliner Jogja
BAKMI KADIN

Jl. Bintaran Kulon No. 3 & 6 (sebelah wartel Kadin)
Telepon : (0274) 373396 HP : 0878 385 96 400
Yogyakarta


Salah satu kuliner yang patut disatroni kalo maen ke kota Jogja adalah Bakmi Jawa. Ya, selain gudeg, bakmi jawa merupakan favorit saya jika hendak bersantap di kota budaya ini. Nah salah satu legenda Bakmie di kota ini adalah: Bakmi Kadin, bakmi yang didirikan oleh Mbah Hj. Karto sejak tahun 1947 ini memang menjadi salah satu magnet destinasi kuliner kota Jogja. Terbukti ketika saya mengunjungi tempat ini untuk makan malam, puluhan tempat duduk yang tersedia di tempat ini sudah hampir penuh. Saya pesan Bakmie Godog alias Bakmie Rebus. Ukuran bakmienya cenderung lebih besar dibanding mie lain yang sering kita temui. Ditemani ayam, kol, telor, tomat, daun bawang, acar dan taburan bawang goreng, kunci dari kenikmatan Bakmi Godog ini ada di kuahnya yang gurih. Sluruuupp...

Bakmie Gorengnya pun tak kalah sedapnya, bumbu kecapnya merata ke setiap helai mie yang ada. Sebenarnya, salah satu hal yang membuat olahan Bakmi Kadin ini terasa spesial adalah proses memasaknya yang menggunakan anglo dengan bahan bakar arang. Tingkat kepanasan yang dihasilkan alat memasak ini memang bener-bener pas untuk memasak hidangan khas Jawa ini, sulit ditandingi dengan olahan yang menggunakan kompor gas biasa. Tapi ada satu masalah yang muncul dengan alat masak ini, proses memasaknya pun menjadi jauh lebih lama. Empat gerobak dengan alat masak lengkap tidak berhenti mengolah bahan-bahan untuk memenuhi pesanan para pelanggannya, akan tetapi tetap saja terasa lama menanti pesanan kita. Atau mungkin inilah juga salah satu kunci kenikmatan Bakmi Kadin, dengan waktu pelayanan lebih dari 15 menit, tentunya rasa lapar akan mendera pencernaan kita, belum lagi aroma wangi yang tersebar ke seluruh penjuru kedai. Jadi begitu pesanan tersaji, siapa yang bisa mendustakan kenikmatannya? :))

Minumnya saya pesan Es Tape. Tape hijau dan gula pasir yang diberi air dan es batu. Sederhana memang, tapi kesegarannya membuat saya tidak berhenti menyeruput es tape ini. Satu gelas ludes tandas, bahkan sebelum pesanan Bakmie Godog saya hadir di meja.

Alunan musik keroncong "live" dari para pemusik sepuh juga menemani makan malam saya malam itu. Beragam lagu, baik lagu barat, Indonesia dan tentunya lagu daerah mengalun merdu, menambah perut kita makin keroncongan :) Harga di Bakmi Kadin ini relatif lebih mahal dibanding tempat lainnya, tapi itu sebanding dengan kenikmatan yang diberikan. Jadi kalo berburu kuliner Jogja, jangan lewatkan Bakmi Kadin ini sebagai salah satu tujuan Anda.

Mau tahu tempat makan lainnya di Jogja? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Yogyakarta

Kuliner lain di kota ini:



10 comments:

  1. Heran juga dg banyaknya penjajan..padahal rasanya biasa saja..gk enak2 banget.

    ReplyDelete
  2. Lagian kalkulatornya gk bener baterainya..Нεнε ¨☺¨ нεнε ¨☺¨ нεнε.. :D

    ReplyDelete
  3. Salah waktu masuk blog, harus nya ntar malam saja setelah buka puasa ..... Jadi LAPARRRRRR

    ReplyDelete
  4. Salam kenal, Bang

    http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. sudah pernah mampir enak juga, pesen ayam nya dipisah lebih mantab

    ReplyDelete
  6. NUMPANG PROMOSI

    *OMAH BAKMI*

    JOGJAKARTA

    “dimasak dengan ARANG CITA RASA TRADISIONAL”

    SPESIAL MENU :

    · BAKMI GORENG
    · BAKMI GODHOG
    · NASI GORENG
    · NASI GODHOG
    · MAGELANGAN
    · KWETIAU
    · CAPCAY

    Lokasi : Jalan Raya GODEAN KM 4,5 utara jalan ( samping BRI SYARIAH)

    Recommended menu : BAKMI GODHOG + minuman TEH + krupuk RAMBAK

    ReplyDelete
  7. i miss indo food :(

    ReplyDelete
  8. Numpang promo & share kuliner soto sapi sotosapijoss.wordpress.com

    ReplyDelete
  9. Ternyata banyak jg kuliner khas jogja, sebagian dah pernah nyoba rasanya recomended bgt :)
    Maaf numpang ngasih info nih, kalo ada yg mau ngadain acara syukuran,pernikahan dan lain lain tapi gakmau repot masak? Kami dari Bu Mentik Catering & Wedding Organizer menawarkan berbagai macam paket dan pilihan menu. Cek dulu yaa disini www.bumentik.com

    Terimakasih.. :)

    ReplyDelete