Sunday, May 26, 2013

Kuliner Medan - Mie Aceh Titi Bobrok


Wisata Kuliner Indonesia #280
Kuliner Medan
MIE TITI BOBROK

Jl. Setia Budi No. 17-C
Telp: 061 77809267
Medan


Jarang ada kuliner khas suatu daerah yang jadi ikon kuliner daerah lain, selain RM Padang tentunya :) Nah di Medan ada kuliner khas Aceh yang jadi salah satu destinasi wisata kuliner di kota Medan, namanya Mie Aceh Titi Bobrok. Karena seringnya direkomendasikan orang, maka saya mencoba ke kedai Mie Titi Bobrok ini untuk makan malam. Mie Kepiting langsung saya pesan. Terdapat tiga pilihan jenis Mie: Kuah, Goreng atau Basah (tidak terlalu kering tapi juga tidak berkuah). Saya pilih yang ketiga. Cita rasa khas Mie Aceh yang menusuk tapi tidak terlalu pedas sudah terasa sejak suapan pertama. Paduan rempah khas Acehnya berpadu dengan bagus, menghadirkan aroma gurih dan pedas yang lezat. Sayang kepiting yang disajikan kecil, berbeda dengan kepiting yang disajikan di Mie Razali Banda Aceh. Tapi justru kaki-kaki kepitingnya menjadi renyah dan mudah dikunyah. Harga satu porsi Mie Kepiting ini Rp. 17.500,-, sedangkan untuk mie biasa dapat dinikmati seharga Rp. 9000.

Menu yang juga sayang dilewatkan jika bersantap di tempat ini adalah Martabak Telur-nya. Banyak yang menyebut kalo martabak telur khas Aceh ini sebagai martabak terbalik. Kalau di Pulau Jawa namanya martabak telur itu, telurnya "dibungkus" kulit martabak. Martabak khas Aceh terbalik, kulitnya justru ada di dalam, dibungkus dengan telurnya, sehingga sepintas tampak seperti telur dadar biasa. Disajikan dengan kuah kari dan juga acar bawang yang khas, harga satu porsi martabak ini Rp. 8.000 aja.

Minumnya, coba deh Juice Terong Belanda. Rasa asamny cukup untuk membuat kita sedikit mengernyitkan kening. Seger banget, dan jelas nikmat diminum ketika dingin. Harga satu gelasnya Rp. 8000.

Saya baru tahu kalau nama Titi Bobrok itu berarti Jembatan Rusak. Ya, kedai Mie Titi Bobrok memang dulunya berada di samping jembatan rusak, sekarang sih jembatannya sudah tidak rusak lagi. Tapi tentunya nama yang sudah menjadi ikon kuliner Medan ini tidak berubah, tidak menjadi Titi Kokoh tapi tetap Titi Bobrok :)

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Medan? Silakan lihat disini: Wisata Kuliner Medan

Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment