Thursday, May 9, 2013

Kuliner Bandung - Lotek dan Cendol Alkateri


Wisata Kuliner Indonesia #275
Kuliner Bandung
Lotek Alkateri
Jl. Alkateri

Bandung

Lotek menjadi salah satu ikon kuliner Bandung yang banyak penggemarnya. Salah satu penjaja lotek yang memiliki pelanggan berlimpah adalah Lotek Alkateri. Apa sih yang mebuat lotek ini special? Kunjungan saya ke Lotek Alkateri ini di jam makan siang membuat pertanyaan tersebut berputar dalam otak, karena yang ngantri makanan sederhana ini panjaaanngggg.... Kaya ngantri sembako. "Pesan satu bu, makan disini" - "Pait atau nggak" - "Nggak bu" - "Pedes apa sedeng?" - "Sedeng aja", itulah perbincangan yang menjadi "SOP" setiap orang yang akan memesan Lotek ini. Yang jarang ditemukan di tempat lain adalah munculnya pertanyaan "Pait atau nggak", ini maksudnya adalah menanyakan kepada pelanggan apakah akan disertakan pare dan daun pepaya yang beraroma pahit ke dalam lotek tersebut. Bumbu kacang yang sudah diolah sebelumnya dimasukkan kedalam ulekan besar untuk disatukan dengan aneka sayuran dan tentu saja cabe rawit. Bumbunya benar-benar kental sehingga rasanya aduhai. Yang menarik adalah kerupuk yang biasanya menjadi pelengkap di sajian lotek, di Lotek Alkateri kerupuk pun masuk ulekan dan diremukkan bersama sayuran. Memberikan sensasi berbeda :) Satu lagi, Lotek Alkateri tidak disajikan dalam piring, tapi dalam "pincuk", kertas roti yang digulung berbentuk kerucut. Ribet? Ternyata nggak, mudah untuk dipegang dan tidak akan tumpah. Untuk mendapatkan kenikmatan yang unik dari salah satu ikon kuliner Bandung ini cukup merogoh kocek 9ribu saja.

Padanan paling tepat dari lotek alkateri adalah Cendol yang dijajakan disampingnya. Cendol yang disajikan juga unik, tidak seperti cendol lainnya yang berwarna hijau, Cendol Alkateri ini berwarna putih, kalo kata Detikfood bahan bakunya menggunakan aci kawung seperti yang digunakan untuk membuat Goyobod. Cendol ini juga disimpan dalam Gentong tanah liat, katanya untuk menjaga agar suhu cendol ini tetap dingin. Cendol yang sudah dicampur santan ini tinggal diguyur gula aren, sluruuppp...

Kalo bisa datang ke tempat ini sebelum jam makan siang, karena Lotek Alkateri sudah buka sejak jam 9 pagi, karena kalo datang pas jam makan siang ya harus bersabar mengantri karena banyak sekali pelanggan, terutama karyawan kantor, yang bersantap siang di tempat ini. Lokasinya di trotoar Jl Alkateri ujung, dekat perempatan dengan Jl ABC, di sebelah kiri jalan. Sekarang banyak yang menjajakan lotek dan cendol di sepanjang Jl. Alkateri ini, jadi jangan sampai tertukar yah...

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Bandung? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bandung

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. Kang Indriyatno Banyumurti, saya ada refernsi kuliner di Bandung yaitu Es Shanghai Sarisono Lokasinya berada di jalan Sarijadi (Perempatan seberang Yomart), Mungkin bisa di kunjungi dan dimasukan ke dalam blog ini untuk memperkaya khazanah kuliner Kota Bandung.
    Setahu saya Es Shanghai Sarisono ini pelopor Sop Buah di Bandung, Nama sebenarnya dari Sop Buah adalah Es Shanghai yang diperkenalkan pemilik sop Buah sarisono ini, Hanya saja belakangan lebih di kenal dengan Sop Buah.

    ReplyDelete