Tuesday, April 16, 2013

Kuliner Banyuwangi - Rujak Soto Bu Ning

Kuliner Banyuwangi - Rujak Soto
Wisata Kuliner Indonesia #273
Kuliner Banyuwangi
Rujak Soto Bu Ning

Jl. Nusantara,
Banyuwangi


Kuliner Banyuwangi yang cukup kondang adalah Rujak Soto, banyak penjaja soto rujak di beberapa titik di kota Banyuwangi. Salah satu yang direkomendasikan adalah Rujak Soto Bu Ning yang berada di Jl Nusantara. Pertanyaan yang muncul adalah makanan apa ini? Soto? Atau Rujak? Dua jenis masakan yang jelas berbeda dan nampak aneh jika digabungkan. Tapi mari kita lihat perpaduannya, pertama-tama disiapkan bumbu rujaknya: gula merah, kacang goreng, garam dan cabe rawit, dan sesuai "adat" rujak Jawa Timur, bumbu petis tentu jadi bahan utama rujak ini, semua diulek menjadi satu. Kemudian lontong, timun, tahu, tempe, kangkung dan tauge disiapkan di dalam mangkok dan dibanjur bumbu rujak tadi. Selesai? Tentu belum, kalau selesai sampai disini namanya hanya "rujak" :) Mangkok tadi kemudian dibanjur lah dengan kuah soto yang cukup light dengan potongan babat yang cukup ramai sebagai pelengkapnya. Kerupuk udang hadir sebagai penyempurna hidangan ini. Rasanya? Hmmm, ternyata paduannya ciamik, rasa rujak petis yang nendang di"halus"kan dengan kuah soto yang lembut.

Kuliner Banyuwangi - Bu Ning
"Orang kenalnya Bu Ning, tapi nama saya Ibu Pon", begitu sapanya dengan ramah. Sudah berjualan rujak ini sejak 25 tahun lalu! "Udah capek mas, pengen istirahat, tangannya makin pegel" ujarnya sambil tersenyum. Dibantu sang anak, Ibu Poin berjualan dari jam 9 pagi sampai sore. Tidak hanya Rujak Soto, kedai sederhana ini juga menjajakan Rujak Cingur yang tidak kalah banyak peminatnya.


Mencari kedai ini susah-susah gampang. Berada di samping jalan besar Jl. Nusantara, sebelah timur PLN, Rujak Soto Bu Ning ini berada tepat di seberang Bioskop Irama yang sudah tidak berfungsi lagi. Dan, sulitnya, kedai ini gak pake plang nama plus tukang becak yang saya tumpangi juga tidak mengetahui. Akhirnya langsung bertanya pada ibu-ibu yang ternyata Ibu Pon sang empunya "Rujak Soto Bu Ning" :)

Kalau mau berkenalan lebih jauh dengan salah satu Kuliner Banyuwangi yang legendaris ini, boleh tengok rekaman video kreasi kang Matahari Timoer ini. Selamat menikmati....



Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. di banyuwangi selain rujak soto juga ada nasi Tempong dan nasi pecel rawon. sudakah mencoba :) ?
    di daerah muncar (banyuwangi) juga ada rujak yang cukup unik, namanya rujak Kelang. rujak buah yang memakai kuah pindah ikan. gurih kuah dan rasa masam, manis buah-buahan ehm...segar, manis, gurih . . . mrip nano-nano

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh, terima kasih infonya yah. Mudah-mudahan ada kesempatan berkunjung ke Banyuwangi lagi.

      Delete