Saturday, November 10, 2012

Kuliner Tanjung Pinang - Sop Tulang Pak Jenggot


Wisata Kuliner Indonesia #246
Sop Tulang Pak Jenggot
Jl. Tanjung Uban KM 15 Tanjung Pinang


Agak mengernyitkan kening ketika diajak untuk menikmati makan siang Sop Tulang ketika saya transit di kota Tanjung Pinang, sebelum melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Gimana gak bingung? Sop Tulang? Cuma sop dengan isi tulang gitu? Terus apa yang dimakan? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut langsung terjawab ketika semangkuk Sop Tulang akhirnya hadir di meja depan saya. Ternyata tulangnya masih diselimuti daging yang cukup tebal. Ya, sop tulang ini lebih tepat untuk disebut Sop Daging Sapi sebenernya. Dagingnya sangat empuk, dan sangat mudah dilepaskan dari tulangnya, tanda bahwa proses memasaknya tidak sebentar. Belum lagi kuah sop yang panas nan segar, diguyurkan ke nasi hangat, dibubuhi sedikit jeruk nipis dan sambal yang josss, menjadi santap siang yang luar biasa.

Nama kedainya pun unik, Pak Jenggot, mungkin pemiliknya berjenggot yah :) Tidak hanya sop tulang, Pak Jenggot juga menyediakan menu lain, yang tidak saya lirik karena sudah terlalu penasaran dengan yang namanya Sop Tulang. Kalau hadir ketika makan siang tiba, bersiap-siaplah untuk mengantri tempat duduk karena banyaknya pelanggan yang datang, baik warga Tanjung Pinang maupun tamu-tamu yang dijamu oleh tuan rumahnya di kota ini. Berjarak sekitar 15 menit dari Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah, Sop Tulang Pak Jenggot merupakan pilihan makan siang yang mantap bagi anda yang akan baru tiba atau akan berangkat menuju bandara kota Tanjung Pinang tersebut. Jangan lupa untuk berbekal tissue atau sapu tangan untuk mengusap bulir keringat yang akan keluar ketika kita menyantap hidangan ini, sebuah "culinary experience" tersendiri.

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. saya pernah kesini..waktu perjalanan menuju bintan lagoi.. emang enak banget..! kebayang2 jadinya dagingnya yg empuk dan kuahnya yg segarrrr....

    thanks for sharing..jd pengen kesana lg deh

    ReplyDelete