Sunday, August 26, 2012

Kuliner Surabaya - Lontong Balap Garuda Pak Gendut


Wisata Kuliner #241
Lontong Balap Garuda PAK GENDUT
Jl. Kranggan (Ex. Bioskop Garuda
)

Salah satu kuliner yang menjadi signature dari Kota Surabaya adalah Lontong Balap. Dan salah satu penjajanya yang melegenda di kota ini adalah Lontong Balap Pak Gendut. Potongan lontong, tahu goreng dan lentho yang sudah tersaji di atas piring, diguyur dengan kuah dengan tauge berlimpah. Kuahnya sendiri seperti kuah sup yang memiliki aroma garlic yang kuat. Jangan lupa taburan bawang goreng dan sentuhan sambal petis diperlukan untuk menyempurnakan hidangan yang konon merupakan langganan para artis asal Surabaya seperti Ahmad Dani dan Ari Lasso. Mungkin ada yang asing dengan lentho yang menjadi salah satu ciri khas dari lontong balap ini.

Mirip dengan perkedel, lentho terbuat dari kacang tolo yang ditumbuk dan disatukan dengan adonan dari parutan singkong dan bumbu-bumbu lainnya, kemudian digoreng. Tapi ada yang berbeda dengan lentho di Lontong Balap Pak Gendut ini. Dikutip dari Surya Online, lentho disini tidak ada campurannya, murni berbahan kacang tolo dan dibumbui. Menurut Syaiful Arifin, anak ketiga Pak Gendut sebaiknya lentho dibuat tanpa campuran tepung terigu atau singkong. Jadi, hanya memakai bahan kacang tolo yang diblender kemudian dicampur dengan kacang tolo yang masih utuh. Hasilnya lentho bertahan kriuk-nya meskipun sudah dicampur dengan kuah lontong balap.

"Kawan sejati" dari Lontong Balap Garuda ini adalah Sate Kerang. Sate Kerang yang mungil dan lembut disajikan dengan bumbu kecap dan sambal petis serta taburan bawang goreng. Dengan cepatnya tusuk-tusuk sate yang tadinya dipenuhi kerang menjadi polos karena isinya berpindah ke mulut :) Jangan lupa juga untuk memesan Es Kelapa Muda di kedai sebelah untu menuntaskan makan malam yang dahsyat ini.

Lontong Balap Pak Gendut buka dari jam 3 sore sampai jam 10 malam. Menempati bekas bioskop Garuda sehingga dikenal juga dengan sebutan Lontong Balap Garuda. Dan saat ini banyak sudah penjaja Lontong Balap yang ikut berjualan di kawasan ini, tetapi magnet memang terasa lebih kuat di Lontong Balap Pak Gendut yang sudah berjualan sejak 1956 dan sekarang dijalankan oleh generasi keduanya. Dengan harga satu porsi Rp. 7.000 dan sate kerang 700 rupiah per tusuknya, tampaknya Kuliner Surabaya yang satu ini tidak boleh terlewatkan jika Anda mengunjungi Kota Pahlawan.

Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. wah kpan2 boleh dicoba ini pak,, kos saya jg di sby...

    ReplyDelete
  2. ada depot baru di surabaya yang menyajikan nasi uduk khas betawi dan lontong sayur nama depotnya kireyna bertempat di jalan dharmahusada no 39. prakteknya senin - jumat jam 09.30 - 21.30 sabtu 09.30 - 20.00 dan khusus minggu jam 06.00 di car free day taman bungkul. harga mulai 6500 untuk nasi uduk khas betawi nya dan 6000 untuk lontong sayur nya.. side dish nya ada bermacam" mulai semur daging sampai semur jengkol untuk nasi uduk khas betawi nya dan opor ayam, opor telor untuk lontong sayurnya.. silahkan datang untuk pembuktian rasanya di jamin berbeda dari nasi uduk mana pun di surabaya.

    ReplyDelete
  3. kalo ini recomended... enak dan pasti balik lg :D

    ReplyDelete
  4. Kunjungi website kami di www.lontongbalap-aslipakgendut.com

    ReplyDelete