Thursday, April 12, 2012

Kuliner Banjarmasin - Soto Banjar "Faisal" di Pasar Terapung


Wisata Kuliner Indonesia #214
Soto Banjar "FAISAL"
Pasar Terapung - Banjarmasin


Berwisata ke Banjarmasin tidak lengkap tanpa mencoba pengalaman berbelanja di Pasar Terapung. Ya, pasar terapung adalah pasar tradisional yang transaksinya dilakukan di atas Sungai Martapura. Baik pembeli maupun pedagang sama-sama menggunakan perahu. Dan, ternyata, di Pasar Terapung ini juga kita bisa mencicipi wisata kuliner khas Banjar. Apalagi kalo bukan Soto Banjar. Salah satu "kedai", yang tentu saja berbentuk perahu, yang bisa kita cari di Pasar Terapung ini adalah kedai Faisal. Kita bisa mendekatkan perahu kita ke kedai ini kemudian menyantap menu yang tersaji di perahu kita atau pindah ke kedai Faisal. Apa saja menu andalan di sini?

Soto Banjar tentu menjadi andalan di sini. Tentunya karena saat ini pembeli di Pasar Terapung tampaknya lebih banyak wisatawan dibanding penduduk lokal, sehingga sajian kuliner khas Banjarmasin ini menjadi pilihan yang banyak diminati. Rasanya memang tak sedahsyat Soto Bang Amat atau Soto Anang Martapura, tapi menikmati soto Banjar di atas perahu sambil menikmati udara pagi Kota Banjarmasin... Tidak tergantikan....

Sate Ayam disini juga ternyata enak banget, empuknya pas dengan bumbu kacang yang manis dan gurih. Dan saya coba mencampur bumbu kacang ini dengan kuah soto banjar... ternyata hasilnya luar biasa pas. Kuah soto banjar yang kaya rempah ternyata berpadu cantik dengan manisnya bumbu kacang sate ini. Boleh dicoba...



Pasar Terapung ini mulai menggeliat sejak jam 5 pagi sampai sekitar jam 7-8 pagi. Tapi sayang, ketika saya kesana hujan gerimis tidak berhenti sejak subuh, membuat tidak banyak pedagang yang turun ke sungai. Konon katanya Pasar Terapung ini memang tidak seramai dulu, yang memang digunakan untuk transaksi kebutuhan sehar-hari layaknya pasar tradisional. Tapi ketika kemaren saya kesana, kayanya lebih banyak wisatawan yang datang ke sana di banding penduduk lokal. Terlihat dari kamera yang selalu hadir di perahu-perahu yang muncul di Pasar Terapung ini :) Pedagang pun akhirnya lebih banyak menjajakan buah-buahan serta kudapan kecil untuk dibeli para wisatawan ini. Bahkan ada yang menjual topi anyaman sebagai cendera mata khas Banjarmasin yang bisa dibeli para wisawatan. Mudah-mudahan ada langkah nyata dari pemerintah maupun masyarakat setempat untuk kembali menghidupkan Pasar Terapung ini, sebagai salah satu ikon wisata Banjarmasin.

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Banjarmasin dan sekitarnya? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Banjarmasin

Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. Salam kenal. Kalau ke Jakarta, mampir ke hotel kami untuk coba kuliner kami...

    Iqbal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga bang. Hampir tiap hari aktivitas saya emang di Jakarta :)

      Delete
  2. Faisal kayak nama mantan tersayang gue tuh haha..
    pengen deh nyobain makan soto di pasar terapung:D

    ReplyDelete
  3. wow asyik tuh makan di atas sungai,...
    mudah2an bisa ketularan jalan2 terus haha

    ReplyDelete