Friday, July 8, 2011

Kuliner Makassar - Nasi Kuning Riburane


Wisata Kuliner Indonesia #158
Nasi Kuning Riburane
Jl. Riburane (Depan RRI)
Makassar

Kuliner ini sebenarnya bukan asli Makassar, tapi seolah sudah menjadi salah satu trade mark bagi kuliner di kota ini. Nasi Kuning... Berbeda dengan nasi kuning di pulau Jawa pada umumnya, nasi kuning di Makassar tidak didominasi pendamping yang manis. Kalau di Jawa kan kita nemuinnya telur dadar, kering tempe manis, abon, ayam goreng dsbnya, nah kalo Nasi Kuning Riburane ini kita akan mendapatkan sepiring nasi kuning dengan lauk: Telur pindang rebus, sayur waluh, sayur nangka, empal daging, abon dan kering kentang... Nah dari semuanya itu yang terasa agak manis hanya abonnya saja, sementara yang lainnya cenderung asin. Rasanya: jempol... Dan hati-hati dengan porsinya, bagi anda yang kapasitas perutnya tidak terlalu besar mending pesen porsi setengah aja deh.



Nasi Kuning Riburane ini cukup kondang dan menjadi tempat sarapan banyak orang baik penduduk kota Makassar sendiri maupun para pendatang. Lokasinya cukup strategis, di Depan RRI. Dan walau bukan kuliner asli Makassar, tapi rasanya sih menurut saya udah "Makassar" banget. Taunya bukan asli Makassar? karena jelas-jelasan tertulis di depan warungnya: Nasi Kuning Riburane, Asuhan Hj. Istiah Jawa Timur :)

Kuliner di Kota Makassar lainnya...

Kuliner lain di kota ini:



2 comments:

  1. rekomendasi makanan yg menarik n pantas dcoba...thnk :)
    bebek goreng
    bebek bakar

    ReplyDelete
  2. Rekomendasi yg mantap!
    Klo berkenan, di sharejuga dong di Kuliner Hop

    ReplyDelete