Monday, March 7, 2011

Kuliner 142 - Rumah Sumsum, Bogor

Rumah Sumsum
Jl. Lawang Gintung No. 21 Bogor
Telp: (0251)8314579

Unik! Itu kesan pertama yang saya tangkap ketika mendengar rumah makan yang satu ini. Gimana nggak, rumah makan ini menyediakan menu utama yang serba Sumsum, makanya dinamakan Rumah Sumsum. Menu andalannya: Sop Sumsum Sapi. Dahsyat... Satu potong tulang sapi yang besar dengan sumsum yang masih utuh didalamnya disajikan langsung dalam mangkok dengan kuah sop dan sayuran. Bentuk sajiannya saja sudah provokatif, karena tulang tersebut terlihat sangat besar, sehingga mangkuknya tidak muat. Sumsumnya sengaja tidak dikeluarkan dari tulang tersebut, membiarkan kita berkutat untuk mengeluarkan sumsum tersebut. Sebuah sensasi tersendiri. Makanya disediakan sendok kecil panjang dan SEDOTAN! Siapa tau mau nyeruput langsung dari tulangnya :) Harga: Rp. 25.000


Sate Sumsum, menu yang juga tidak boleh dilewatkan. Kelembutan sumsum coba disajikan dengan cara yang berbeda. Pilihan sajiannya bisa dengan bumbu kacang ataupun bumbu kecap. Saya sendiri tidak terlalu sreg dengan rasa bumbu kacangnya, agak asin, soalnya saya penggemar manis. Tapi itu tidak bisa menutupi indahnya tekstur sate sumsum ini. Serasa meleleh di lidah. Yummiiee... Harga: Rp. 21.500

Sumsum Goreng, tidak langsung digoreng ternyata. Sumsum tersebut dicampurkan dalam adonan, sehingga sumsum goreng ini terasa seperti nugget. Anak-anak saya menyukainya. Sambel pendampingnya juga enak. Harga: Rp. 20.000


Nasi Bakar Sumsum Pedas... Favorit saya! Pedes to the max, lezat to the max... Enak banget, tapi juga pedes banget. Bumbu nasi bakarnya bener-bener enak, n ditimpali dengan kehadiran sumsum ditengah-tengah nasinya. Wajib coba!!! Harga: Rp. 13.000


Es Bandrek Kelapa, ini nih buat minumnya. Bandrek yang umumnya disajikan panas-panas, di Rumah Sumsum ini disajikan dengan es didalam kelapa muda. Kelapa mudanya sendiri pas banget, dagingnya tebal tapi empuk. Seger di lidah dan tenggorokan, hangat di perut. Juara!!! Harga: Rp. 13.000


Rumah Sumsum ini terletak di Jl. Lawang Gintung, arah ke Istana Batutulis. Hanya sekitar 200msebelah kanan jalan sebelum Istana Batu Tulis dari arah Jl. Siliwangi/Pajajaran. Buat penggemar sumsum jelas rumah makan ini wajib coba, tapi buat yang bermasalah dengan kolestrol, kayanya tahan dulu yah... :P

Mau tahu tempat makan lainnya di Bogor? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Bogor

Kuliner lain di kota ini:



22 comments:

  1. THKS buat comment nya .
    di tunggu kedatangannya lagi.
    _Riki owner RUMAH SUMSUM BOGOR_

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, rumah sum-sumnya buka dan tutup jam berapa..??

      Delete
  2. Kalo ga salah kemaren saya lewat sekarang udah Pindah di Jl. Pahlawan arah ke cihideung deh...

    ReplyDelete
  3. Wah, saya malah baru dapet laporan kemaren baru ada yang makan di lawang gintung tuh... Mungkin ada resto serupa?

    ReplyDelete
  4. mantep gan ... moga besok bisa kesana #ngiler dan moga alamatnya ketemu, maklum ga tau bogor :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan ada peta lokasinya, klik aja bagian "Location"

      Delete
  5. Masih di Lawang Gintung kok..
    Kmrn ane br makan..
    Maknyoosss!!! :p

    ReplyDelete
  6. rumah sumsum jam operasionalnya jam berapa yaa??

    ReplyDelete
  7. wah sebetulnya maaf saja agak bombastis.Sop sum-sum yang saya bayangkan sebetulnya mirip dengan Kaledo Palu, ada sedikit urat daging ditulangnya, jadi ada keasikan tersendiri buat makannya.Sayang sum-sum di sop sum-sum agak over cooked, sisa sum-sum yang saya dapat dulu cuman setengah, sekali sedot habis blas.enaknya sop sum-sum di makan pake ketupat atau buras, kalau pake nasi, satu sedotan, nasi dah gak ada temen lauknya.sate sum-sumnya malah mengecewakan banget, sum-sumnya bukan sum-sum segar tapi sum-sum beku seperti yang ada di carefour, gak lumer di mulut, kenyal, dan gak berasa sum-sum, begitu juga nasi sum-sumnya, sum-sum di nasi juga memakai sum-sum beku carefour, gak berasa sum-sum.Buat variasi makan di bogor, menariklah, sayang menurut saya agak terlalu bombastis

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... masalah selera sih. Sepakat satu hal, bahwa ini makanan unik yg jadi variasi makanan di Bogor. Kalo Kaledo emang mengutamakan daging yg menempel di tulangnya, susmsumnya bonus, nah kalo ini justru sumsumnya yg diutamakan, makanya "isi" sumsumnya lebih banyak. Nah pengalaman buruk tuh dapet sumsum cuma setengah, kalo saya full bisa liat di fotonya. Kalo sate memang saya lebih suka sate sumsumnya Pak Oo.
      Urusan bombastis, karena gak ada saingannya kali yah :))
      But thanks commentnya yah....

      Delete
  8. Pokoke muuuantab & uuuueenak....nyam-nyam
    pertahankan dan kembangkan menu yg lain. ows...petunjuk donk utk kesehatan pasca makan sum-sum...??? Biar bisa lanjut terus nikmati menu sum-sum`nya

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum ...pak saya mau nawarin bahan baku(isi sum-sum)
    siapa tau bapak minat,hubungi saya. 087781627047/via imail saya

    ReplyDelete
  10. aduh jd ngiler ihhhh,mau deh makan disana tp alamatnya benarkan blm pindah maksud sy.

    ReplyDelete
  11. Lumayan untuk pilihan alternative.
    Soal rasa..... Cukup dicoba untuk pertama kali!
    Jadi tidak penasaran....

    ReplyDelete
  12. Rumah sumsum bogor? maaf sy kecewa tdk seperi yg digambarkan dan dibayangkan,rasanya tdk jelas dan dimeja tdk tersedia merica,garam,kecap dan sambal seperti dirumah makan yg menu utamanya sop,sambal baru datang setelah diminta dan diantarpun sambal yg sdh lama/tdk segar dan kering ,pelayanannyapun tdk ramah/tdk profesional

    ReplyDelete
  13. hari minggu 15 desember 2013 kemarin baru nyoba makan dirumah sum-sum dan hasilnya saya kapok untuk makan di sana lagi, pelayanannya minus banget, banyak yang sudah sold out alias sudah habis, kl boleh mereview yang kemarin saya makan :
    Sop sum-sumnya : Tulangnya guedeee banget segede gaban, rasanya lumayan seger, tapi tidak seperti yang saya bayangkan seperti saya baca review2 orang yang sudah mencobanya.
    Sate sum-sum : HABIS dan baru dikasih tau kalau HABIS setelah saya menunggu setengah jam
    Sum-sum goreng : HABIS dan baru dikasih tau kalau HABIS setelah saya menunggu setengah jam
    Baso sum-sum : Standart seperti kebanyakan rasa baso biasanya (tapi menurut saya ini yang lebih LUMAYAN rasanya dibandingkan semua yang saya pesan)
    Sop IGA : Itu bukan sop iga, tapi SOP TULANG... ga ada dagingnya sama sekali, kuah dingin anyep, (ini yang paling mengecewakan, karena saya pesan itu SOP IGA, bukan SOP TULANG) isinya tulang semua, dagingnya cuma prentilan-prentilan kecil.
    Sate ayam : Jauhhh banget dari rasa enak
    Es teh manis : Baru datang pada saat mau pulang, bayangkan baru datang saat mau pulang, jadi saat makan, meja saya tidak diberikan minum sama sekali.
    Es sum-sum : TIDAK DATANG
    Es jeruk : Baru datang pada saat mau pulang, bayangkan baru datang saat mau pulang, jadi saat makan, meja saya tidak diberikan minum sama sekali (rasa tawar, tidak manis, tidak asem)

    Pegawai-pegawainya sangat sangat mengecewakan. Saat kami mau pesan, dia malah bilang "Pesannya ntar dulu yaa, soalnya lagi repot banget ini"
    WOW..... helloooo.....
    Sioookkk saya mendengarnya....

    Mungkin sekarang rumah sum-sum cuma mempunyai "nama" yang besar, tidak dengan apa yang dia tawarkan.

    Semoga informasi yang saya berikan bisa membantu semuanya yang mau kesana.

    Terima kasih...

    note: kalo mau kesana, jangan lupa bawa SENDOK, GARPU, KECAP, SAOS, SAMBAL sendiri dari rumah. Karena anda akan sangaaat sangaaat lama mendapatkannya (malah justru ga dapet) kalau meminta ini ke pelayannya.

    ReplyDelete
  14. Review gabriell sama banget sama review teman saya yang sudah pernah ksana. Pelayanannya minus banget. Akhirnya teman sy ga jd makan disitu..

    ReplyDelete
  15. Tanggal 16 feb 2014 saya kerumah sumsum, luar biasa jelek pelayanannya.. bayangkan saya dikasih nasi dipiring yg masih basah... wow amazing... saya komplain malah pegawainya ngedumel.. kesel mau pindah tapi ud terlanjur pesen.. akhirnya makan juga, dan bener ngga sesuai harapan saya... saya pikir sop sumsumnya bakal disruput dalam keadaan panas tapi kok dingin ya..? Alhasil sakit perut deh udahannya... kapok deh makan dirumah sumsum..

    ReplyDelete
  16. Sop sumsum nya mantappppp gurih gurih nyoiiiiiii

    ReplyDelete
  17. menuju situ klo dari stasiun bogor naek angkot nya apa aja yaa...?? thankss

    ReplyDelete
  18. thanks sob untuk postingannya...
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    http://chaniaj.blogspot.com/

    ReplyDelete