Sunday, July 5, 2009

Kuliner 99 - Gepuk Karuhun & Ikan Balita, Bogor

Gepuk & Ikan Balita KARUHUN
Tradisional Khas Bogor
Jl. Sukasari No. 12 A Bogor 16142
Telp: 0251 8375444
www.karuhun-balita.com

Mau cari oleh-oleh dari Bogor?. Nah, sekarang ada oleh-oleh yang cukup banyak dicari orang dari kota Hujan ini, Gepuk Karuhun dan Ikan Balita. Gepuk adalah olahan dari daging sapi yang digoreng atau sering juga disebut empal. Gepuk Karuhun diolah berdasarkan resep warisan keluarga. Oleh karenanya dinamakan karuhun yang dalam bahasa sunda artinya “leluhur”. Bumbu yang meresap hingga ke dalam daging ditambah dengan taburan bumbu dan bawang goreng plus sambal yang mantap memang membuat makanan ini banyak diburu pelancong yang mengunjungi Bogor. Dijual dalam box besar ukuran 10 potong dan box kecil ukuran 5 potong, gepuk karuhun ini dapat tahan selama 3 hari dalam suhu kamar dan 1 minggu jika masuk kulkas. Bila perlu dapat dipanaskan dalam microwave atau magic jar. Harga: Rp 80.000 (besar) dan Rp. 42.500 (kecil)


Lain lagi dengan ikan balita, ikan mas kecil-kecil yang digoreng garing sehingga gurih dan renyah. Ikan ini bisa disantap sebagai lauk pauk atau camilan. Ingat coretan tentang Nasi Jambal Ikan Balita di de'Leuit kan? Ikan Balita juga dikemas dalam 2 ukuran box yaitu ukuran besar (200gr) dan ukuran kecil (125gr). Ikan Balita bisa tahan selama 1 bulan asalkan dimasukkan dalam tempat kedap udara. Harga: Rp.55.000 (besar) dan Rp.32.500 (kecil)

Nah, buat yang mau cari oleh-oleh dari bogor selain talas Bogor, asinan dan roti unyil, mungkin gepuk dan ikan balita ini bisa jadi alternatif. Lokasi outletnya ada di jl. Sukasari, daerah Jl. Pajajaran ke arah tajur. Yang udah nyoba dijamin ketagihan deh... :)

Updated (May 2011): Buat yang pengen makan gepuk karuhun dan ikan balita ini dengan suasana nyaman, saat ini telah hadir Dapur Karuhun di Jl. Bima Raya, Bogor. Silakan klik disini untu review lengkapnya.

Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment