Monday, April 20, 2009

Kuliner 92 - Oleh-oleh Banjarmasin

Rumah Makan CENDRAWASIH
Jl. Pangeran Samudera No. 65/24
Telp. 0511-4364230

Setelah makan enak di Banjarmasin, saatnya untuk membagi "keindahan" kuliner ibukota Kalimantan Selatan ini dengan keluarga di rumah. Ternyata untuk membeli oleh-oleh makanan di Banjarmasin saya kembali berkunjung ke RM Cendrawasih, tempat pertama kali saya menikmati kuliner di kota ini. Selain menyajikan makanan khas Banjar yang sangat lezat, di bagian depan rumah makan ini juga dijajakan berbagai penganan yang siap untuk dibawa pulang, baik produksi rumah makan ini ataupun produksi pengusaha lainnya dari kota Banjarmasin, bahkan kota-kota lainnya di Kalimantan, seperti Balikpapan dan Samarinda. Tapi sayang saya hanya bisa membeli sedikit, tapi paling tidak ada yang bisa dicoret disini :)


Ikan Saluang Goreng, inilah ikan khas Banjarmasin yang banyak penggemarnya. Dengan ukuran mungil, ikan ini sangat renyah kalo sudah digoreng. Sangat enak buat dijadikan lauk ataupun dijadikan cemilan. Hampir mirip dengan Ikan Balita punyanya Bogor, tapi ikan saluang ini lebih kecil. Untuk kemasan 250gr, ikan saluang ini dijual dengan harga Rp. 30rb.


Amplang, ini adalah sejenis kerupuk kecil bulat yang terbuat dari ikan pipih. Amplang juga terkenal sebagai oleh-oleh dari kota Samarinda, tapi yang dari Samarinda biasanya berbentuk sabit atau terkenal dengan istilah kuku macan. Amplang Banjarmasin juga memiliki kelebihan dengan adanya taburan bawang goreng yang membuat amplang ini lebih harum. Dijual dalam berbagai kemasan, yang kecil 9rb dan yang besar 18rb.


Enaknya, kalo belanja oleh-oleh di RM Cendrawasih, makanan kita dikemas dalam sebuah tas anyaman bambu sehingga mudah untuk dibawa. Selain itu, tasnya juga bisa dijadikan oleh-oleh tambahan hehehe... Jalan-jalan ke Banjarmasin yukksss...

Kuliner di Kota Banjarmasin lainnya:


Kuliner lain di kota ini:



No comments:

Post a Comment