Sunday, April 19, 2009

Kuliner 91 - Itik Panggang dan Soto Banjar, Banjarmasin

Depot Madezo 3
Jl. Gatot Subroto No. 4, Banjarmasin
Telp: 0511-3261789

Ada satu kuliner yang sempat terlewat pada kunjungan pertama saya ke Banjarmasin di tahun 2008, Itik Panggang. Banyak tempat makan di kawasan kota Seribu sungai ini yang menjajakan masakan ini, sebenarnya apa bedanya sih itik ini dengan bebek yang juga banyak menjadi bahan utama berbagai menu di Pulau Jawa? Menurut orang sana sih gak ada bedanya, alias itik = bebek. Tapi tulisan Om Bondan Winarno di kompas.com sedikit menerangkan bahwa yang digunakan di Banjarmasin adalah itik alabio yang berbeda dari jenis bebek yang biasa kita dapati di Jawa. Lalu apa istimewanya itik panggang ini?

Potongan yang disajikan pada itik panggang tidak seperti menu-menu bebek yang biasa kita temui. Dagingnya disajikan dalam potongan-potongan kecil jadi tidak ketauan lagi apakah ini bagian paha atau dada atau lainnya. Kemudian daging itik ini diramu dalam olahan bumbu kecap dan dibakar di atas arang, disajikan dengan sambal khas yang luar biasa manissss. Memang banyak sekali masakan khas banjar yang kuat rasa manisnya, termasuk sambalnya. Di luar rasa manis sambalnya, itik panggang ini saya kasih acungan dua jempol, selain dasarnya emang saya suka berbagai masakan olahan daging bebek, itik panggang ini emang punya cita rasa berbeda dengan bumbu yang meresap sampai ke dagingnya. Kudu dicoba dah... Harga: Rp. 17.000/porsi

Soto Banjar, ya kayanya gak afdol kalo ke Banarmasin gak nyicipin kuliner yang satu ini. Potongan kupat atau lontong yang dipadukan dengan kuah soto yang kaya akan aroma rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, cengkeh, biji pala dan lain-lain. Ditambah dengan soun, telur rebus dan perkedel kentang... perfecto. Harga: Rp.8.500/porsi.

Itik Panggang dan Soto Banjar ini saya nikmati di Depot Madezo, salah satu tempat makan di Banjarmasin yang menyajikan kuliner khas banjar ini. Jadi kalo ke Banjarmasin, jangan lupa untuk cari itik panggang n soto banjar. Kalo nggak, belum bisa ngomong udah ke Banjar :)

Kuliner di Kota Banjarmasin lainnya:

Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. di daerah pulau jawa ada gak rumah makan yang menyediakan menu itik panggang???dan kira2 prospek gak ya mas usaha ini????

    ReplyDelete
  2. hihi..emang itik panggang khas orang banjar..
    ..ada yg bilang juga,nasi kuning orang banjar itu khas,karena cara penyajiannya dan lauk sebagai teman makannya disajikan dengan bumbu habang(merah)
    ..kalau soto banjar,sejak kecil sering menikmatinya..lgsung dari arwah(almarhumah)nenek saya..dan skrg nikmati kalo lebaran idul fitri..hehee

    ReplyDelete
  3. Kalo dari jalan a yani, hotel royal jelita jauh ga, soalnya nginep d situ

    ReplyDelete