Wednesday, February 4, 2009

Kuliner 80 - Resto KATJAPIRING, Bandung


KATJAPIRING
Paris Van Java Mall, GF, G-C-15
Jl. Sukajadi 137-139, Bandung
Telp: (022) 820633456

Liburan akhir tahun 2008 kemaren saya bersama keluarga dan teman menyempatkan untuk sekedar jalan-jalan di salah satu mall yang tematik di kota Bandung, Paris Van Java (PVJ). PVJ memang memiliki konsep unik sehingga tampak berbeda dengan mall-mall lainnya, suasana asri dengan pepohonan dan burung-burung yang beterbangan bebas membuat pengunjung sangat nyaman untuk berbelanja ataupun sekedar belanja jendela (windows shopping) :)) Dengan suasana asri ditimpali dengan udara kota Bandung yang sejuk tentunya membuat perut kita akan cepat terasa lapar. Seperti Cilandak Town Square (CITOS) di Jakarta, PVJ Bandung ini juga didominasi oleh tempat-tempat makan yang sangat beragam. Akhirnya kami memutuskan untuk makan di rumah makan yang unik dan menyajikan menu yang kayanya bakal cocok dengan selera kita dan yang paling penting, memberikan discount cukup besar dengan menggunakan kartu kredit yang saya punya :) Nama tempatnya KATJAPIRING.


Resto Katjapiring ini mengusung resep tradisional yang merupakan gabungan cita rasa dari Penang Malasia dan Jawa Indonesia. Desain bangunannya pun dibuat seperti jaman doeloe baik interior maupun eksteriornya. Jendela kayu, kursi kayu jaman dulu, hiasan dinding, toples kerupuk dan lain-lain seakan mengantar kita ke jaman Belanda dulu. Ketika saya membuka menu beragam jenis makanan yang mengundang selera terpampang di sana, cukup bikin pusing untuk milihnya. Akhirnya inilah beberapa makanan yang kita pesan:

Curry Fried Rice, nasi goreng dengan bumbu kari yang kaya akan santan dipadu dengan daging ayam dan balutan telur dadar. Buat yang suka masakan melayu harus nyoba menu yang satu ini, rasa karinya cukup nendang untuk dapat memanjakan indera pengecap kita. Harga: Rp. 26.000,- (exc. PPN & service charge)


Fried Noodle "Mamak Style"
. Mie Goreng khas dari katjapiring yang bercita rasa Jawa dengan rasa pedas yang cukup menghentak dari bumbunya yang cukup "penuh" menghiasi mie, ditambah dengan taburan kacang dan sayuran. Muantabbb deh pokoknya.... Harga: Rp. 26.000,- (exc. PPN & service charge)

Manggo Chicken, menu unik ini menggabungkan ayam goreng dengan bumbu mangga muda dan cita rasa pedas. Rasanya asam-asam gitu deh. Kalo saya sih gak begitu suka, tapi istri saya bilang menu yang satu ini enak banget. Maklum saya dari dulu gak suka buah asam, buat rujak aja nyarinya buah yang manis. Harga: Rp. 40.000,- (exc. PPN & service charge)

Roti Canai dan Chicken Curry, ini nih yang Malay banget... kari ayam dalam bumbu kental disajikan dengan roti canai yang tipis dan krispi. Karinya top abis, saya suka banget, tapi roti canainya saya prefer kalo agak lebih tebal (kaya roti prata-nya India), pasti lebih manteb. Harga: Rp. 22.500,- (exc. PPN & service charge)

Tomaten Soup, buat yang nyari appertizer atau emang nyari makanan yang lebih light, mungkin bisa coba menu ini. Sup tomat yang asam manis disisipi daging ayam, sangat pas buat dimakan panas-panas buat ngelawan udara dinginnya Bandung. Harga: Rp. 20.000,- (exc. PPN & service charge)

Gimana? Tertarik mencoba? Dijamin gak kan nyesel deh... walaupun emang harganya harga "Mall" tapi sebanding dengan "fasilitas dan fitur" yang diterima oleh lidah kita. Nice to try....

Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. selamat neh jadi pemenang mingguan Internet Sehat Blog Award

    ReplyDelete
  2. nyam nyam jadi laper nih...
    *krukkkk krukkk* hehehe maap perutnya bunyi :D

    ReplyDelete
  3. barusan berdua dengan istri nyoba menu tumpeng rijstafel, bihun singapur, caciwis tumis bawang, n teh nasgitel. enak sekali seperti masakan eyang putri. :). rasanya otentik.

    ReplyDelete
  4. punten,selain katjapiring, ada resto apa lagi yang enak di pvj?

    ReplyDelete