Sunday, March 23, 2008

Kuliner 48 - Kepiting Asam Manis Special, Hary Crab, Samarinda

Tanggal 10 Maret 2008 merupakan keberangkatan pertama saya kaluar kota di tahun ini. Tepat seminggu setelah kelahiran anak kedua, saya harus terbang ke Samarinda. Setelah mengalami delay selama 2 jam, pesawat yang saya tumpangi akhirnya landing di Balikpapan pukul 11.25 WITA, kemudian saya melanjutkan perjalanan dengan taksi ke Samarinda. Wisata kuliner saya mulai malam harinya dengan mengunjungi Hary Crab, tempat makan sea food yang berlokasi di Jl Pahlawan, tepetnya di sudut pertigaan dengan Jl. Kulintang. Berikut sedikit coretan tentang sajian di tempat makan ini...


Kepiting Asam Manis Special, adalah menu special di Hary Crab. Kepiting yang sudah dipotong-potong dimasak dalam kuah asam manis yang kental. Bumbunya tidak seasam dan semanis bumbu asam manis yang biasanya kita temui di tempat makan di Pulau Jawa, tapi justru inilah letak kelezatan dan keunikannya. Nilai plus yang utama adalah kepiting yang disajikan adalah kepiting telur, telur kepiting yang merah membaur dalam daging kepiting putih yang tebal. Konon, kalau bulan tidak terang (bukan bulan purnama) maka lebih mudah untuk mendapatkan kepiting telur dibanding kepiting biasa. Harga per porsi Rp.50.000,-


Ikan Trekulu Goreng. Di setiap daerah sering saya temui jenis ikan yang baru, demikian pula di Kota Samarinda ini. Di deretan menu, teman saya tertarik untuk mencoba Ikan Trekulu. Seekor ikan panjang dan besar segera tersaji meja kami dengan didampingi sambal terong. Daging ikannya gurih, layak untuk diganjar dengan selembar uang 50ribu-an.

Pulangnya, mampir dulu ke tepian sungai Mahakam untuk menikmati Durian Melak, durian khas dari Kalimantan Timur. Sambil menikmati aliran sungai Mahakam, aroma buah durian khas dengan cepat menyergap indera pengecap kita. Tapi hati-hati, walau tertulis angka Rp.5000, tapi harga itu hanya ditujukan pada buah durian yang paling kecil dan masih mentah. Untuk durian yang matang, paling tidak kita harus mengeluarkan uang antar 15-25ribu rupiah satu butirnya.

Dan hati-hati juga, setelah makan kepiting & kerang, dilanjutkan dengan durian, tentunya angka kolestrol di tubuh kita mungkin akan meningkat. Tinggal pinter-pinternya kita mengatasinya :))

Kuliner lain di kota ini:



1 comment:

  1. di Balikpapan atau samarinda coba cari bubur ayam samarinda. pasti top rasanya.
    atau beli bingka kentang di depan mall pasar pagi...
    selamat menikmati

    ReplyDelete