Monday, December 24, 2007

Kuliner 36 - Oleh-oleh Bandeng Juwana, Semarang


Butuh oleh-oleh dari Kota Semarang? Singgah saja di pusat oleh-oleh kota Semarang yang berada di Jalan Pandanaran. Berderet toko penganan menyajikan berbagai oleh-oleh khas ibu kota Jateng ini, seperti Wingko, Lumpia, Bandeng Presto dan lain-lain. Ada salah satu toko yang cukup besar yang menyediakan banyak pilihan oleh-oleh yaitu Toko Bandeng Juwana.

Toko yang namanya diambil dari produk unggulannya ini memang menyajikan aneka ragam penganan untuk oleh-oleh. Berikut diantaranya:


Bandeng Duri Lunak. Bandeng Juwana dikenal sebagai salah satu merek bandeng presto yang banyak peminatnya. Untuk bandeng duri lunak biasa, dijual dengan harga Rp. 42.500/kg, berisi 4-5 ekor bandeng. Selain itu terdapat berbagai varian bandeng yang dijual disini, sebut saja : Bandeng Dalam Sangkar (digoreng dalam telur), Bandeng Otak-Otak, Bandeng Teriyaki, Bandeng Boneless, Bandeng Vacuum (tahan sampai 3 bulan), dan sebagainya.




Wingko Babat. Dijual dengan brand Dyriana, wingko ini menyajikan berbagai pilihan rasa, seperti rasa kelapa (standar), nangka, coklat, aren sampai varian rasa lainnya seperti durian dan choco chip. Kita dapat membelinya dalam besek isi 20 pcs, dan isinya bisa kita pilih sesuka kita, tentunya dengan harga yang sedikit berbeda untuk setiap rasa.



Ayam goreng tulang lunak. Walaupun tidak terlalu khas semarang, tapi oleh-oleh yang satu ini bisa anda coba untuk dibawa pulang. Ayam yang renyah sampai ke tulang-tulangnya ini disajikan dengan bumbu keremes dan sambel yang serupa dengan sambel bandeng. Seekor bisa kita bawa pluang dengan merogoh kocek Rp. 42.500,-

Soft Cookies, Mini brownies & Brownies Kukus. Selain penganan tradisional, di toko ini juga menyediakan penganan "modern". Soft Cookies salah satunya, berbentuk biskuit besar tetapi empuk dengan taburan butiran coklat. Ini sangat saya rekomendasikan buat para tukang ngemil n pencinta coklat. Selain itu ada juga mini brownies yang dicetak dalam bentuk2 mungil dengan 2 pilihan rasa yaitu coklat dan coklat kopi, dikemas dalam kemasan isi 6 dan isi 12. Ada juga brownies kukus yang besar dengan berbagai pilihan rasa seperti coklat, keju, stawberry dan mint.



Masih banyak lagi pilihan penganan yang bisa dijadikan buah tangan dari toko ini, sebut saja Lunpia Semarang, Moaci, Enting-Enting Gepuk, Krupuk Tahu, Semprong, Madumongso, Jenang, Kripik paru, Gethuk, Wajik dan sebagainya... So siapkan extra bagasi kalo ingin memborong semuanya :))

Mau tahu tempat makan lainnya di Kota Semarang? Silakan lihat disini -> Wisata Kuliner Semarang

Kuliner lain di kota ini:



7 comments:

  1. Nitip oleh oleh bandung ya..namanya martabak bolu yg ada di http://martabakbolu.com gitu Sukses untuk semuanya ya.....Bravo oleh oleh kota kota di Indonesia

    ReplyDelete
  2. Beda Martabak bolu GOLDEN BELL dengan martabak biasa :
    1. Martabak bolu tidak berminyak, kulitnya tipis dan rasanya seperti bolu.
    2. Tanpa bahan pengawet sedikitpun.
    3. Tidak harus disajikan dalam keadaan panas. ( martabak biasa lebih enak dimakan selagi panas, agar minyaknya tidak mengumpal )
    4. Di dalam lemari espun tetap empuk (tidak keras seperti martabak pada umumnya hanya tahan 1 hari)

    ReplyDelete
  3. Rasa Martabak Bolu Golden Bell :
    • Keju
    • Keju+coklat
    • Kacang+coklat
    • Keju+kismis
    • Keju+kacang+coklat

    Alamat Martabak Bolu Golden Bell :
    Jl.Dangdeur Indah II no.1 (SuryaSumantri)
    Bandung 40163
    Telp. 08164214477, (022)-70760391

    Dari Jakarta keluar dari tol Pasteur belok kiri atau pulang ke Jakarta sebelum masuk tol Pasteur belok kanan 800 m.
    Melewati Universitas Maranatha, sebelum Apartmen Majesty Belok kanan.
    Jl. Dangdeur ada disebelah rumah Jl. Suria Sumanti no. 94 (Auto Bridal Car Wash) .


    Khusus bis wisata, pesan minimal 15 box diantar ke tempat persinggahan atau ke tempat makan siang/malam.

    Delivery dari Sabang sampai Merauke.

    ReplyDelete
  4. Hem... jadi ngiler neh mas, referensinya sebagian besar saya udah nyoba, emang enak-enak-enak..

    ReplyDelete
  5. Bagus-bagus isi tentang jajanan disini. Anda kreatif dan tentunya makin banyak berkat selalu. Selepas Top Ten in Google Martabakbolu.com merasakan manfaat penjualan yang sangat spektakuler. Maybe ini bisa menjadi bahan promosi untuk jajanan di seluruh Indonesia. Sukses to all of you

    ReplyDelete
  6. Bandeng presto duri lunak adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Pati dan Semarang, Jawa Tengah. bandneg presto ini dibuat dari ikan bandeng (Chanos chanos) yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak.

    Heheh.. bangga juga sih karena saya pernah tinggal di kedua kota yang disebutkan diatas sebagai daerah asal bandeng Presto : Pati dan Semarang. Tiga tahun lalu saya kerja dan tinggal di Semarang. Sekarang saya tinggal di Pati. Istri saya orang Pati asli. Itulah mengapa situs ini lahir, sebagai wujud kebanggaan akan produk asli lokal sendiri : Bandeng Presto.

    Sistem presto membantu kita para penikmat bandeng agar bisa mengkonsumsi ikan ini tanpa khawatir dengan durinya. Sekarang sudah banyak varian makanan lain berbahan bandeng. Bandeng tanpa duri, otak-otak bandeng, bakso bandeng, nugget bandeng, krupuk bandeng, keripik bandeng, abon bandeng,… dan mungkin banyak lain yang belum saya sebutkan.

    Bandeng presto semarang memang ikan istimewa, selain enak dan bergizi, juga membawa berkah bagi banyak orang
    sumber :
    jual bandeng presto semarang
    bandeng presto semarang online
    info bandeng presto semarang

    ReplyDelete