Sunday, August 12, 2007

Kuliner 18 - Restoran Ria Rio, Manado


Manado, kota yang terkenal dengan wisata baharinya, menjadi tujuan saya berikutnya. Tanggal 24 Juli 2007, saya mendarat di bandara Sam Ratulangi untuk mengikuti dua kegiatan sekaligus di kota ini. Tanggal 25 saya menjadi pembicara pada Workshop Pemanfaatan Database Wartel Warnet yg diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan Telematika - Ditjen Aptel, dan untuk tgl 26-27 saya menjadi fasilitator untuk pelatihan internet dalam kegiatan Fasilitasi Literasi Kominfo untuk Kaum Perempuan Sulawesi Utara.


Malam pertama dan kedua saya diajak menikmati hidangan ikan di restoran yang tampaknya menjadi rujukan banyak orang Menado untuk menikmati kuliner khas manado,yaitu Restoran Ria-Rio. Disana tersedia berbagai jenis ikan, bahkan sebagian namanya baru saya dengar kali ini. beberapa jenis iklan yang tersedia contohnya ikan bobara, bobara laut, goropa, kerapu, kerapu mulut tikus, mujaer, kakap merah dan lain-lain. Selain itu terdapat juga makanan laut lainnya seperti udang, udang golah (udang laut), dan cumi-cumi. Kita dapat memilih berbagai jenis olahan seperti goreng, bakar, bakar rica, goreng mentega, asam manis dan lain-lain.


Untuk sayur, kita bisa memilih beberapa jenis masakan yang tersedia seperti cah kangkung, cah pakis (nah ini percis pakis yg saya makan di singkawang tahun lalu), sapo tahu, capcay dan lain-lain.

Untuk minuman, yang menjadi pilihan utama di restoran ini adalah Es Kelapa Muda, kita bisa memilih kelapa muda ini menggunakan Gula Jawa atau Sirup Kelapa. Kalau saya jelas memilih menggunakan gula jawa. Jadi ingat tahun 2000 saya suka menikmati es kelapa muda di jalan Kelapa Dua,Akses UI Depok, disana kita bisa memilih gula sendiri yang disiapkan di meja.

Untuk dessert, ada jg beberapa yg khas manado. Pernah makan pisang goreng dikasih sambal? Nah, snack yang unik ini bisa ditemui di Manado, selain itu ada juga singkong rebus yang dikasih bumbu santan asin.

Gimana? Penasaran? Memang ibu kota Provinsi Sulawesi Utara ini menyajikan sensasi kuliner yang dihadirkan untuk para penikmat makanan. Oh iya, hari terakhir kita dijamu oleh ibu Ivonne dr Depkominfo, yang menyediakan satu meja lengkap makanan yang sebagian besar merupakan kuliner khas manado,sebut saja bubur manado,ikan bakar rica, ikan goreng, dan juga lengkap dengan penganan kecil khas manado seperti klapertart dan lemang.

Jadi, silakan kunjungi manado, nikmati keramahan masyarakat dan kulinernya.
Torang Samua Barsodara to...

Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. Semakin mantap kuliner report nya mas, bisa jadi bahan reference nih kalau wisata

    Yuwono
    tehnaga.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. mauuu!!!!
    no' laporan makanannya pake daftar harga juga dong... jauh2 dijug2 kalo mahal kan bt...

    ReplyDelete
  3. Bener juga ya ndew, tapi susahnya seringnya dibayarin sih jadi gak perhatian ama harga hehehe :D
    OK, Next time kucoba masukin harganya yah... thx

    ReplyDelete