Wednesday, May 23, 2007

Kuliner 09 - Nasi Jambal (Restoran Gili-gili Bogor)


Udah lama gak posting, terakhir lebih dari sebulan lalu. Sebenernya banyak stock postingan yang ada di kepala, tapi perasaan susah banget ngeluaingin waktu buat nulis. Gak tau emang sibuk ato males doang :) OK, coretan ini akan menceritakan pengalaman makan di salah satu restoran di Bogor, namanya Restoran Gili-Gili, tepatnya ada di Jl. Pajajaran. Menu utamanya adalah masakan khas sunda.

Salah satu menu yang sering, bahkan selalu saya dan keluarga pesan jika datang ke tempat ini adalah, Nasi Jambal. Walaupun namanya Nasi Jambal, bukan berarti hanya nasi yang dikasih jambal dan sambel :) Menu ini cukup lengkap, Nasi beras merah yang sudah dibumbui (ada pete nya juga loh) , ayam goreng atau gepuk (boleh pilih), perkedel jagung manis, tahu goreng, oncom leunca dan sambal beserta lalapannya. Disajikan dalam piring dari anyaman bambu dialasi daun pisang.

Rasanya? Muanteppp bro... semua yang tersaji di piring itu uenak. Mulai dari nasinya, ayamnya, tahunya yang sangat lembut, oncom leunca yang menggigit, juga perkedelnya yang mungkin menggunakan jagung jenis sweet corn. Harganya juga relatif terjangkau, seporsinya 24ribu perak kalo gak salah. Gak rugi deh... Apalagi jika kita menikmatinya dengan es teh manis atau es teh apel. Hmmmm, layak untuk anda coba.

Restoran ini juga memberikan suasana yang nyaman, tanah yang dimilikinya tidak semuanya dihabiskan untuk bangunan, tapi disisihkan sebidang tanah untuk sawah lengkap dengan padinya, menjadikan suasana asri dan udara yang sejuk mengalir ke meja-meja makan. Bangunannya pun tidak dibatasi dinding yang pada jadi kita bisa menikmati indahnya pesawahan. Selain itu dipinggirannya juga tidak lupa ditambahkan kolam ikan dengan berbagai jenis ikan berbagai warna. Masuk ke bagian dalam, terdapat beberapa saung makan untuk pengunjung yang lebih suka menikmati makannya sambil lesehan. Juga terdapat area permainan untuk anak-anak, menjadikan restoran Gili-gili ini sangat tepat dijadikan alternatif untuk bersantap bersama keluarga.

Score (1-10):
Nasi Jambal Gili-Gili : 8,5


Update: Gili-gili sekarang berubah nama menjadi de'Leuit, bisa dilihat reviewnya di Kuliner 85 - de Leuit Restaurant, Bogor

Kuliner lain di kota ini:



10 comments:

  1. Gili-Gili saat ini sudah berubah nama jadi de'Leuit. Menu nasi jambal yang sempat hilang beberapa waktu lalu dari Gili-gili kembali menjadi andalan resto de 'Leuit ini.

    ReplyDelete
  2. Gili-gili udah punya menu minuman kopyor belum ? Kalau ada boleh dong saya jadi supliernya. Kelapa kopyor berkulit saya jual Rp 21.000 per buah dijamin asli alam, bukan sintetis...! (ANDRI e-mail: cv_km_kontraktor@yahoo.co.id)

    ReplyDelete
  3. coba deh ada resto yang viewnya bagus di jalan paledang - bogor - Resto GUmati namanya...penganan indonesia...

    ReplyDelete
  4. wah boleh juga info kuliner kota bogornya nich, kebetulan saya juga asli bogor cuma dah lama ga keliling cari makanan enak,

    ReplyDelete
  5. wah gili gili sudah dibuka kembali loh, kemarin saya lewat jalan pajajaran dan mampir. mereka udh modif nasi jambalnya, jadi nasi gurih (nasi jambal dibakar).

    ReplyDelete
  6. yups, Gili-Gili sudah buka kembali dengan nama Riung Gili-Gili kalo gak salah, sementara de-Leuit bergeser sedikit lokasinya di belakang Gramedia Pajajaran. nantikan coretannya :))

    ReplyDelete
  7. Restoran Gili-gili sekarang sudah baru..dan berbeda dengan de'leuit...
    makanannya juga lebih enak sekarang.. :)

    ReplyDelete
  8. Gili-gili tetap gili-gili.....
    De'leuit yah De'leuit dengan citarasa khas NASI JAMBAL tentunya...
    Untuk lebih jelasnya silahkan coba sendiri....

    SELAMAT MENCOBA

    ReplyDelete
  9. Yup, D'Leuit sudah pindah ke tempat baru, n Gili-gili kembali menjadi gili-gili...

    ReplyDelete
  10. gili-gili sudah kembali lagi setelah sempat berganti management dan berganti menjadi de'leuit. dan makanannya juga lebih enak dan variatif kebetulan saya suka dengan ikan gurame bakarnya rasanya top maknyus selain sop gurame yg rasa tom yang pokoke uenak......

    ReplyDelete