7 Kuliner Khas Bogor, Ini Lokasinya Buat yang Mau Kulineran ke Bogor (2)

Lanjutan

4. Soto Mie

Soto Mie Bogor terkenal dengan kekhasannya, tidak cuma mie kuning, kol dan daging sapi, tapi juga dilengkapi dengan risol (ada juga yang menyebutnya karoket) berisi bihun yang renyah. Kuah beningnya, di beberapa tempat berwarna kemerahan, berasa gurih dan segar. Beberapa penjaja Soto Mie Bogor yang bisa kamu sambangi:

- Soto Mie Pak Ohim

Pertama kali coba Soto Mie ini waktu kedai sederhananya masih berada di kawasan Yasmin, sampai sekarang pindah di daerah Cimanggu.
Lokasi: Jl Raya Taman Cimanggu - Peta
Jam Buka: 08.00 -18.00


- Soto Mie Kesatuan

Namanya diambil dari nama STIE Kesatuan (sekarang menjadi IBIK Kesatuan), kampus yang berlokasi tidak jauh dari Soto Mie ini, tepatnya di Jl. Ranggagading, kawasan Suryakencana.
Lokasi: Jl. Ranggagading (Suryakencana) - Peta
Jam Buka: 07.00 - 15.00 WIB

- Soto Mie Pak Ismet

Kuahnya berwarna lebih bening dibandingkan kuah soto mie lainnya yang cenderung berwarna merah. Bisa pesan soto mie atau soto daging saja.

Lokasi: Jl. DR Sumeru (Persis samping sekolah YZA) - Peta
Jam Buka: 06.00 - 13.30

- Soto Mie Mang Bule

Penjualnya agak bule (agak yah) jadi dinamain mang Bule. Kalo ini jenis soto mie dengan kuah yang agak kemerahan
Lokasi: Jl. Bogor Baru - Peta
Jam Buka: 09.00 - 15.00

5. Doclang


Mirip dengan kupat tahu kalau di Bandung, tapi doclang menggunakan kentang rebus. Potongan lontong yang dibuat dengan dibungkus daun patat, ditemani oleh tahu goreng, kentang rebus dan telur rebus kemudian diguyur bumbu kacang dengan semburat rasa manis dan gurih. Taburan bawang goreng dan kerupuk menjadi pelengkap penyempurna. Mau mencoba? Bisa kunjungi beberapa penjaja doclang ternama ini:

- Doclang Umi Mantarena

Gak banyak yang tahu doclang ini, tempatnya nyempil di Jl. Manterena, "tertutup" oleh suasana ramai di Jl. Veteran. Tapi Doclang Umi Mantarena ini merupakan salah satu penjajan doclang yang legendaris

Lokasi: Jl. Mantarena - Peta
Jam Buka: 06.00 - 11.00


- Doclang 405
Sebenarnya nama pemiliknya adalah Mang Aos, tapi kemudian nama itu diplesetin menjadi "405" untuk merek jualan doclangnya. Ada beberapa gerobak doclang yang dia miliki, tapi semuanya berdekatan di kawasan Jembatan Merah

Lokasi: Jl. Veteran - Jembatan Merah - Peta 
Jam Buka: 24 Jam

- Doclang Pak Odik
Bumbu kacangnya yang kasar dan dibakar menjadi pembeda dari doclang pak Odik yang saat ini sudah dikelola oleh generasi keduanya.

Lokasi: Jl. Pasir Kuda - Peta
Jam Buka: 07.00 - 14.00

6. Cungkring

Banyak yang belum tahu jenis makanan ini, bahkan orang Bogor sendiri. Ada dua versi cungkring: versi yang pertama menggunakan bahan dasar kikil dan bagian kepala sapi. Sedangkan versi kedua menggunakan kulit sapi (krecek). Tapi pengolahannya sama, bahan tersebut dimasak dengan bumbu kuning terlebih dahulu sehingga gurih, kemudian disajikan dengan guyuran bumbu kacang yang legit. Banyak penjaja cungkring di kota Bogor, diantaranya:

- Cungkring Pak Jumat
Yang ini menggunakan bahan kikil dan kepala sapi untuk cungkringnya. Saat ini yang jual sudah generasi ketiga, alias cucu dari pak Jumat. Setiap pagi mangkal di Jl. Suryakencana dengan gerobak pikulnya, dan tidak pernah sepi, apalagi di akhir pekan

Lokasi: Jl. Suryakencana (perempatan Gg. Aut) - Peta
Jam Buka: 07.00 - 12.00


Cungkring Pancasan
Pancasan sebenarnya adalah nama kawasan di kawasan Bogor Tengah. Entah darimana awalnya, tapi daerah ini memang terkenal dengan cungkring. Ada beberapa penjualnya yang mangkal dari pagi di kawasan ini, dan mereka menggunakan bahan kulit sapi untuk cungkringnya

7. Asinan Bogor


Kuah asem manis pedes dengan warna kemerahan yang sueger, emang bikin Asinan Bogor ini banyak digemari. Pilihan isiannya bisa aneka buah atau sayuran, dengan tambahan kacang tanah dan kerupuk sebagai pelengkap. Tidak sulit mencari penjaja Asinan Bogor di Bogor ini, beberapa di antaranya yang terkenal:

- Asinan Gedong Dalam
Lokasi pertamanya ada di kawasan sukasari, dan kemudian membuka cabang, salah satunya di dalam komplek Ruko V-Point, satu komplek bersama Toko Roti Unyil Venus
Lokasi: Jl. Siliwangi - Peta
Jam Buka: 06.00 - 18.00

- Asinan Ny Yenny
Ini salah satu penjaja asinan bogor yang cukup kondang, selain lokasinya yang dekat terminal bus, rasanya juga memang enak.
Lokasi: Jl. Binamarga 1 - Peta
Jam Buka: 08.00 - 20.00

- Asinan Angel Rose
Relatif "pendatang baru" dalam dunia Asinan Bogor, Asinan Angel Rose memiliki cukup banyak pelanggan sehingga rumah produksinya pun diperluas. Tambahan gerusan kacang tanah dalam bumbu asinan yang segar memang menjadi pembeda
Lokasi: Jl. Taman Pajajaran - Peta
Jam Buka: 09.00 - 18.00


Sebenarnya masih banyak titik kuliner khas kota Bogor ini, gak salah untuk menjadikan kota hujan ini sebagai destinasi wisata kuliner keluarga.

Comments

  1. No, duh jadi pengen ke Bogor. Diagendakan ah libur ka Bogor dan jalan pagi di kebun raya. Op.

    ReplyDelete

Post a Comment