7 Kuliner Khas Bogor, Ini Lokasinya Buat yang Mau Kulineran ke Bogor(1)

Toge Goreng - Laksa Bogor - Soto Kuning - Soto Mie - Doclang - Cungkring - Asinan Bogor

Pertanyaan tentang kuliner khas Bogor cukup sering ditanyakan ke saya, termasuk lokasi rekomendasi untuk menyantapnya. Paling tidak itu adalah 7 kuliner khas Bogor yang harus kamu coba kalo sedang mengunjungi Kota Hujan.

Disclaimer: Tulisan ini tidak memberikan informasi lengkap keseluruhan penjual kuliner khas Bogor tersebut, tapi paling tidak bisa memberikan patokan untuk memilih lokasi kuliner yang diinginkan

1. Toge Goreng

Masih menjadi misteri kenapa makanan khas bogor dengan bahan utama toge yang direbus ini malah disebut dengan toge goreng. Yup, toge rebus itu kemudian disajikan di atas piring bersama kupat, mie kuning, dan tahu goreng. Kemudian diguyur bumbu tauco yang bercita rasa manis asam nan segar. Jangan lupa bubuhkan kerupuk kuning yang khas. Dimana bisa mendapatkan Toge Goreng ini? Ini beberapa penjaja toge goreng legendaris yang bisa kalian kunjungi:

- Toge Goreng Hj. Omah

Kalau ada tamu dari luar kota, saya suka bawa ke sini. Selain salah satu penjaja toge goreng legendaris, tempatnya juga paling mudah diakses dengan parkiran luas karena menyatu dengan toko roti Bogor Permai yang juga legendaris.

Lokasi: Jl. Sudirman (samping Toko Roti Bogor Permai) - Peta
Jam Buka: 07.30 - 17.00
Baca Reviewnya di sini

- Toge Goreng Pak Inin

Tempatnya nyempil karena ada di gang. Kalau membawa mobil parkir agak jauh di deket Bank BNI. Tapi soal rasa ini termasuk yang legend. Perlu disepatkan mampir ke sini.

Lokasi: Jl. Juanda (Gang samping Hotel Royal) - Peta
Jam Buka: 08.00 - 15.00

- Toge Goreng Pak Iwon

Nah ini yang paling deket dengan terminal Baranangsiang. sekitar 50 meter dari pintu terminal ada Ngesti Swalayan. Toge Goreng ini berjualan di pelatarannya bersama pedagang makanan lainnya.

Lokasi: Jl. Pajajaran (pelataran Ngesti Swayalayan Baranangsiang) - Peta
Jam Buka: 09.00 - 20.00


2. Laksa Bogor


Laksa Bogor memang berbeda. Potongan kupat, tahu rebus, soun, toge, daun kemangi dan potongan oncom membentuk sajian spesial ini. Kuah santan dibiarkan keruh dengan taburan parutan kelapa, dengan rasa gurih dan sedikit semburat rasa manis. Penjaja Laksa Bogor legendaris yang bisa kamu kunjungi:

- Laksa Bogor Mang Wahyu

Dulu sempat namanya hanya Laksa Gg. Aut, karena memang berlokasi di Gg. Aut, tak jauh dari Jl. Suryakencana.

Lokasi: Gg Aut - Peta
Jam Buka: 07.00 - 14.00


- Laksa Bogor Pak Inin

Dikenal juga sebagai Laksa Cihideung karena berlokasi di daerah Cihideung, yang memang agak jauh dari Kota Bogor. Biasa menjadi jalur gowes, sehingga tak heran menjadi salah satu alternatif tempat sarapan favorit para pesepeda

Lokasi: Jl. Palasari - Cijeruk, Cihideung - Peta
Jam Buka: 06.00 - 16.00

3. Soto Kuning

Soto Kuning Bogor punya kuah yang khas berwarna kuning dengan aroma gurih yang segar. Isiannya bisa kita pilih terlebih dahulu, ada daging, lidah, paru, tulang rawan, usus, dan lain-lain. Berikut beberapa penjaja Soto Kuning yang cukup ternama di kota Bogor:

- Soto Kuning Pak Salam

Buat saya ini soto kuning yang terbaik sekaligus terabsurd jam bukanya, karena buka setelah jam makan siang dan tutup sebelum jam makan malam. Sapaan khas dari pedagangnya, menjadi daya tarik sendiri selain tentunya rasa dari sotonya itu sendiri.

Lokasi: Jl. Siliwangi (tidak jauh dari perempatan Gg Jl. Suryakencana - Gg. Aut) - Peta
Jam Buka: 16.30 - 19.00
Baca Reviewnya di sini.

- Soto Kuning Pak Yusup

Salah satu penjaja soto kuning yang paling terkenal, dan banyak direkomendasikan orang. Apalagi terletak di salah satu pusat kuliner kota Bogor.

Lokasi: Jl Suryakencana - Peta
Jam Buka: 13.00 - 20.00

- Soto Kuning Pak Aris

Nah kalau rata-rata Soto Kuning Bogor dijajakan untuk menu makan siang/malam, di sini justru dijual untuk sarapan. 

Lokasi: Jl. Bangbarung - Peta
Jam Buka: 07.00 - 11.00



4. Soto Mie (Lanjut Bagian 2)

Comments

  1. Soto Kuning-nya benar2 bikin ngiler walau hanya dilihat fotonya. Iya benar foto yang bisa tercium, hehehehe

    ReplyDelete

Post a Comment