Kuliner Sukabumi - Bubur Ayam Pengkolan

Bubur yang gurih dengan "topping" yang lengkap memang menjadi rekomendasi pilihan sarapan buat kamu yang lagi di Sukabumi. Apalagi pilihan pendamping mulai dari sate telur puyuh, sate ati ampela, gorengan kroket bihun sampai pepes jamur.   

Di pengkolan, alias sudut sebuah jalan, di kota Sukabumi, tampak sebuah gerobak penjaja bubur ayam yang cukup ramai dikunjungi pelanggannya pagi itu. Namanya, sesuai tempatnya, Bubur Ayam Pengkolan. Satu porsi bubur langsung saya pesan untuk menu sarapan saat itu. "Mau pake ati ampela?" tanya sang penjaja yang langsung saya iyakan.


Sementara di meja tersaji banyak pilihan side dish yang bisa kita ambil. Sate telur puyuh pastinya hadir dengan dua tampilan, ada yang berwarna pucat dan kuning keemasan.  "Apa bedanya bu?" tanya saya. "Ah, beda yang ngirim aja pak, sama-sama telor puyuh" :). Selain telur puyuh, tersaji juga sate usus ayam dan sate ampela (siapa tahu pesanan yang tadi kurang ati ampelanya.

Nah, yang bikin beda, ada sajian pendamping lain yang dihadirkan. Gorengan karoket bihun bisa kita comot buat menanti pesanan bubur ayam tiba, atau justru sebagai lauk tambahan. Satu lagi ada makanan yang dibungkus daun pisang. "Ieu naon bu? (Ini apa bu?)", "Pepes Jamur pak". Hah, pepes jamur jadi temennya bubur ayam? Unik banget sih ini. Karena penasaran saya buka lah satu pepes jamurnya. Ternyata enak, bumbunya gak terlalu kuat, sehingga cocok buat ditambul ataupun jadi teman makan bubur.


Wisata Kuliner Indonesia #442
Kuliner Sukabumi
Bubur Ayam Pengkolan
Jl. Surya Kencana 60-62, Selabatu, Sukabumi


Comments