Kuliner Cirebon - Empal Gentong H. Apud


Kamu lebih suka Empal Gentong dengan kuah santan gurih yang menggoda atau Empal Asem dengan kuah bening dengan rasa asam yang melenakan?

Ke Cirebon kayaknya ada yang kurang kalau belum menikmati Empal Gentong. Potongan daging atau jeroan sapi yang berpadu dengan kuah santan gurih yang khas. Dan salah satu penjaja Empal Gentong Cirebon yang cukup ternama adalah Empal Gentong H. Apud, yang pusatnya ada di Jl. Ir. H. Juanda. Walaupun ada juga yang menyarankan menikmati empal gentong di tempat lain, tapi bagi saya tempat ini sudah cukup memberikan rasa yang mendalam di lidah dan hati saya hehehe

Nah satu hidangan lagi yang sering saya pesan di sini selain empal gentong adalah Empal Asem. Isiannya sama, tapi kuahnya yang beda. Jika empal gentong menggunakan kuah santan, maka empal asem menggunakan kuah bening dengan cita rasa asam yang segar. Rasa asamnya berasal dari blimbing wuluh. Dan bisa disebut, H. Apud inilah yang menjadi pelopor Empal Asem, alternatif bagi pelanggannya yang tidak bisa mengkonsumsi santan.

Gak cuma empal gentong dan empal asam, kedai ini juga menjajakan menu lainnya. Salah satunya adalah Sate Kambing, yang buat saya sangat perlu dicoba soalnya enak. Daging kambing yang empuk dibubuhi bumbu kecap yang lengkap dengan potongan bawang merah dan cabe rawit. Bumbu kacang pun turut tersaji jika ada yang ingin menikmati sajian sate ini pake bumbu kacang 

Berdasarkan info yang dilansir dari situs resminya, Haji Mahcfud atau yang lebih dikenal dengan nama H. Apud memulai usahanya pada tahun 1995, dengan berjualan Empal Gentong di warung sederhana yang didirikannya ditepi jalan Ir. H. Juanda Battembat Kab Cirebon. Dalam pembuatannya, empal gentong dimasak dalam gentong dan menggunakan kayu bakar. Cara memasak dalam gentong tanah liat ini akan membuat cita rasa makanan menjadi lebih sedap. Dan keempukan daging sapi dalam setiap porsi empal gentong terasa sangat pas karena sudah dimasak sejak dini hari setiap harinya.


Wisata Kuliner #432
Kuliner Cirebon
Empal Gentong H. Apud
Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kabupaten Cirebon

Comments