Kuliner Solo - Tengkleng Klewer Ibu Edi - Wisata Kuliner Indonesia

Saturday, August 10, 2019

Kuliner Solo - Tengkleng Klewer Ibu Edi


Potongan iga, kaki, mata, telinga, lidah, usus, daging, babat, pipi, lidah, sumsum, sampai otak kambing semua siap terhidang dalam panci besar, disajikan dalam pincuk daun pisang, diguyur dengan kuah tengkleng segar dengan sedikit cubitan rasa pedas dari lombok rawit yang juga hadir dalam menu ini. Tengkleng Klewer Ibu Edi memang menjadi destinasi wajib untuk kuliner Solo

Siang itu, mendung tampak menggelayut di langit kota Solo, membuat udara agak sedikit sejuk walau mentari berada posisi tepat di tengah peraduannya. Rasa lapar pun tak terasa menghampiriku, sembari berpikir kuliner apa yang menarik untuk dijajal di kota ini. Sekelibat kata "tengkleng" melintas di benakku, yang langsung mencari jejak tengkleng legendaris di kota ini. Tengkleng Klewer Ibu Edi menjadi "top of mind" banyak warganet ketika berbicara tengkleng solo, terbukti dengan banyaknya yang merekemondasikan tempat ini ketika saya mencari tengkleng di Solo. Berlokasi di kawasan Pasar Klewer yang ternyata tidak jauh dari tempat saya menginap, Hotel Royal Heritage Surakarta. Pasar Klewer ini hanya berjarak sekitar 550 meter saja dari hotel ini. Langsung saya bergegas menuju Tengkleng Klewer Ibu Edi untuk mencicipi legenda rasanya.




Sebuah kedai kecil yang berada di deretan kedai lainnya di Pendopo Taman Parkir Pasar Klewer tampak ramai. Spanduk berwarna merah di depannya cukup jelas menunjukkan bahwa tempat itulah yang saya cari: Tengkleng Klewer Ibu Edi. Tidak banyak tempat duduk yang tersisa, tapi karena saya sendirian tidak sulit untuk menemukan ruang untuk bersantap.


Satu porsi tengkleng lengkap langsung saya pesan. Sajiannya cukup unik karena menggunakan pincuk dari daun pisang, dengan nasi yang dibanjur dengan tengkleng. Isian tengklengnya sangat lengkap: tulang, iga, kaki, mata, telinga, lidah daging, jeroan, lidah, sumsum dan juga otak. Aneka rempah dari bumbu yang digunakan meresap ke dalam isian tengkleng ini, menandakan proses memasak yang cukup lama dan tidak main-main.  Kuahnya gurih dengan cubitan rasa pedas dari lombok yang turut tersaji dalam kuah tengklengnya. Keringat pun tak terasa turut mengalir, menimpali nikmatnya sajian tengkleng yang begitu memanjakan indera pengecap ini. Satu porsi tengkleng lengkap ini bisa ditebus dengan harga 50ribu rupiah.


Tengkleng Klewer Ibu Edi konon sudah menjajakan dagangannya sejak tahun 70an, mulai dari berjualan keliling sampai menetap di Gapura Pasar Klewer dan kini sudah bergeser ke Pendopo Taman Parkir karena adanya larangan berjualan di gapura. Saat ini, tempat ini dikelola oleh generasi kedua, alias putri dari Ibu Edi yang bernama Mbak Tri. Buka dari jam 12.30, biasanya pengunjung sudah siap mengantri sejak kedai ini buka. Sekitar 2-3 jam kemudian biasanya sajian tengkleng yang disiapkan sudah ludes habis oleh pelanggan yang datang.


Wisata Kuliner Indonesia #426
Kuliner Solo
Tengkleng Klewer Ibu Edi

Pendopo Taman Parkir Pasar Klewer - SOLO
Telp: 0271-651552 / 0815-4871-6630
Koordinat GPS: -7.57521, 110.82732






No comments:

@way2themes