Kuliner Bogor - Soto Mang Bonin


Potongan daging sapi yang empuk dalam kuah soto bening yang segar, ditemani potongan kroket/risoles isi bihun yang renyah menjadi ciri khas soto di tempat ini. Tambahkan perkedel kentang dan bubuhkan sedikit sambal utk menyempurnakan hidangan yg tersaji. Tak heran Soto Mang Bonin sudah menapaki hampir 4 dekade menjajakan menunya, dan sekarang sudah dikelola oleh generasi ketiganya.

Kalau berbicara tentang soto di kota Bogor, maka yang terbersit adalah dua jenis soto yang menjadi kuliner khas kota Bogor: Soto Mie dan Soto Kuning. Tapi di tempat yang menjadi salah satu ikon kuliner Bogor ini, soto yang disajikan berbeda dengan dua jenis soto tersebut. Soto Mang Bonin menyajikan hidangan soto bening (tanpa santan) dengan kuah yang segar dan potongan daging sapi yang empuk sebagai bahan isian utamanya, tetapi mirip dengan Soto Mie, Soto Mang Bonin juga menyajikan potongan kroket/risoles isi bihun yang renyah sebagai isian dari sotonya. Potongan daging sapi yang dihadirkan juga cukup generous, tidak pelit. Kroketnya juga menjadi magnet tersendiri, teksturnya yang renyah menjadi "penyeimbang" yang membuat hidangan soto ini terasa spesial, tak heran banyak pelanggan yang memesan tambahan kroketnya saja sebagai penambah isian dari soto ini. Oh ya, jangan lupakan perkedel kentang yang tersaji di meja untuk ditambahkan ke dalam sajian soto ini, plus kucuran sambal untuk membuat hidangan ini lebih sempurna.





Soto Mang Bonin menjadi salah satu legenda kuliner di kota Bogor. Menurut salah satu pengelolanya, Soto Mang Bonin sudah mulai berjualan sejak tahun 80an, dan saat ini sudah dikelola oleh generasi ketiganya. Menempati tenda sederhana di ruas jalan Semboja yang tidak tidak terlalu besar di kawasan Bogor Tengah, bisa dibilang tempat makan ini tidak pernah sepi dari bukanya jam 7 pagi sampai tutupnya sekitar jam 2 siang. Satu porsi Soto Mang Bonin ini bisa dinikmati seharga 17 ribu rupiah, sudah termasuk sepiring nasi putih. Tak jarang terlihat para pengemudik ojek online pun datang ke tempat ini untuk membelikan pesanan para pelanggannya. Walaupun ramai, tapi sampai saat ini Soto Mang Bonin belum membuka cabang dimanapun



Wisata Kuliner Indonesia #422
Kuliner Bogor
Soto Mang Bonin

Jl. Semboja, Kota Paris - Bogor Tengah
Telp: (0251) 8356945 / 085710710064
Koordinat GPS: -6.58936, 106.78328


Comments