Kuliner Batam - Ikan Asam Pedas Tiam Huat


Ikan Pute yang diguyur dengan kuah dengan cita rasa asam segar dengan sayup-sayup semburat rasa manis dan cubitan rasa pedas yang hampir tak kentara. Tak hanya ikannya, nanas yang menjadi bagian dari hidangan ini juga tidak layak hanya jadi hiasan, perlu untuk disantap untuk menyecap kesegaran yang dihadirkan.


Siang itu sangat terik di kota Batam, akan tetapi perut yang keroncongan mendorong saya untuk mencari tempat makan yang enak di kota ini. Diantarkan teman, pilihan jatuh pada sebuah resto sederhana yang menjadikan ikan sebagai bahan utama untuk menu andalannya. Tiba sekitar pukul 12 siang, tak ada meja yang tersisa di restoran ini. Tapi saya beruntung, tidak sampai 5 menit ada rombongan yang sudah selesai bersantap dan meninggalkan mejanya. Ikan Asam Pedas, menjadi signature dari tempat ini. Ikannya pake ikan pute, demikian sang penjaja menyebutnya, mungkin karena warna ikan ini yang putih. Kuah berwarna merah-oranye terlihat kontras dengan ikannya, sekaligus memberikan pesona yang menggiurkan pandangan, bahkan sebelum suapan pertama meluncur ke rongga mulut.



Bagaimana rasanya? Seperti nama dan tampilannya cita rasa asam segar langsung menyergap sang indera pengecap, yang diikuti dengan sayup-sayup semburat rasa manis dan cubitan rasa pedas yang hampir tak kentara. Enaknya juara, belum lagi ditimpali dengan nanas, yang bukan hanya menjadi pemanis tampilan, tapi juga memperkuat rasa yang asam pedas yang ada. Daging ikannya juga lembut dengan duri yang tidak banyak, membuat makan siang saya semakin terasa nikmat. Oh ya, ada menu Sop Ikan juga, yang saat ini seolah menjadi salah satu ikon kuliner kota Batam. Kuah sop ikan yang gurih, panas dan segar, membalut potongan daging ikan yang lembut, membuat keringat tak kerasa mengucur dari dahi, mengimbangi keindahan rasa yang tersaji.


Tiam Huat, demikian nama kedai ini. Tidak ada plang nama ataupun identitas lainnya terpasang di toko ini, selain iklan rokok yang justru terpasang di bagian atas toko ini. Namanya pun saya ketahui dari tukang parkir, yang diperkuat dengan hasil pencarian dari Google. Jam bukanya pun hanya sekitar 5 jam, mulai dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang, atau bisa lebih cepat jika menu yang disediakan sudah habis. Berlokasi di kawasan ruko di daerah Windsor, Tiam Huat perlu dicatat jika kamu tengah berburu kuliner atau mencari tempat makan siang di Batam.

Wisata Kuliner Indonesia #418
Kuliner Batam
Ikan Asam Pedas Tiam Huat
Komplek Windsor Central Blok B No. 18 - Batam
Koordinat GPS: 1.1414395,104.0120896

Peta Lokasi:

Comments

Popular Posts