Kuliner Cianjur - Sate Maranggi Sari Asih

Buka 24 jam, tempat ini memang tidak berhenti kedatangan pelanggannya yang tengah melewati jalur Cipanas - Puncak. Sate maranggi dengan bumbu yang meresap sampai ke tiap serat daging berikan rasa manis legit kaya rempah yang meresap sampai ke hati. Nikmati bersama ketan bakar dan sambal oncom serta segelas bandrek susu untuk mendapatkan cita rasa original yang khas.


Jika melewati jalur Cipanas-Puncak, pada pukul berapapun, jangan lewatkan untuk mampir ke Sate Maranggi Sari Asih ini. Tempat makan yang buka 24 jam ini memang tidak banyak sajikan aneka macam menu, hanya Sate Maranggi. Akan tetapi itu sudahlah cukup menjadi magnet bari para pelintas jalur ini untuk mampir, menikmati potongan daging sapi sebagai pengisi perut dan penghangat badan di sejuknya udara di kawasan Cipanas ini. Tapi apa sebenarnya yang membuat Sate Maranggi Sari Asih ini hampir tidak pernah terlihat sepi walau buka 24 jam?



Jalur Cipanas-Puncak sendiri memang bisa disebut sebagai jalur yang tidak pernah sepi, apalagi di musim liburan atau akhir pekan. Selain menjadi jalur utama Bandung-Cianjur-Bogor, jalur ini juga menjadi jalur wisata bagi para pengunjung yang ingin menikmati kesejukan udara di kawasan Puncak. Tapi tentu bukan itu saja alasan Sate Maranggi Sari Asih ini selalu ramai dikunjungi pelanggannya, sajian lezat menjadi magnet utama orang berkunjung ke sini. Daging sapi yang dibumbui khas maranggi dengan cita rasa manis yang khas dari olahan berbagai rempah memang tidak bisa dipungkiri menarik perhatian "lidah" para pelanggannya. Cuma ada dua pilihan menu satenya: sate polos yang setiap tusuknya full berisi daging semua dengan harga 4ribu per tusuk, serta sate selip lemak dengan harga 3ribu per tusuk. Tadinya saya pesan yang full daging, tapi tergoda melihat yang selip lemak. Benar saja, waktu saya cicipi lemaknya tidak enek seperti yang saya bayangkan, teksturnya lebih seperti urat yang agak liat, ketimbang "gajih" yang berlemak.


Untuk teman makan sate maranggi ini bisa kita pilih untuk menggunakan nasi putih atau ketan bakar. Jika mau menikmati sajian ini dengan kelengkapan kekhasannya coba pilih ketan bakar, tapi pilihan nasi putih hangat bisa menjadi pilihan "aman" sembari menikmati serat demi serat daging sate yang marinated ini. Tapi apapun pilihan karbonya, ada satu pendamping yang tidak boleh tidak disertakan dalam hidangan ini: Sambal Oncom. Ya, di setiap meja tersedia satu mangkok besar sambal oncom yang bisa kita nikmati sepuasnya tanpa biaya tambahan. Cubitan rasa pedas yang khas dari oncom yang gurih benar-benar cocok melengkapi cita rasa manis dari sate maranggi ini.

Enaknya lagi, sate maranggi ini dijual per tusuk, yang artinya kita tidak harus membeli satenya dalam porsi 10 tusuk misalnya, tapi bisa memesan dengan jumlah yang kita inginkan. Untuk sate polos (hanya daging) harganya 4000 rupiah per tusuknya, sedangkan yang campur lemak 3000 rupiah saja pertusuk. Lokasi Sate Maranggi Sari Asih berjarak sekitar 2km selepas Istana Cipanas kalo dari arah Bogor, berada di sebelah kanan jalan. Mudah untuk ditemukan, apalagi dengan banyaknya kendaraan yang terparkir di halaman kedai yang tidak terlalu besar, membuat kita tidak perlu takut untuk kesasar jika ingin mengunjungi


Wisata Kuliner Indonesia #417
Kuliner Cianjur / Kuliner Puncak
Sate Maranggi Sari Asih
Jl. Raya Pacet, Cipendawa, Pacet, Kabupaten Cianjur
Telpon: 0263-514401; 087720006047

Koordinat GPS: -6.75112, 107.04664

Comments

Popular Posts