Saturday, December 30, 2017

Kuliner Jogja - Gudeg Sagan


Gudeg manis yang bercumbu dengan krecek yang punya cubitan rasa pedas, berpadu dengan areh nya yang manis gurih membalut potongan ayam kampung dengan daging lembut dan bumbu yang meresap sampai ke hati. Kamu bisa rasakan sensasi kenikmatan itu di Gudeg Sagan bersama sepiring bubur hangat.


Wisata Kuliner Indonesia
Kuliner Jogja
Gudeg Sagan
Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes No. 53, Sagan, Yogyakarta
Telp: 085100443035 - 081804220055


Jogja memang merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata popular di Indonesia. Tak hanya kekayaan budayanya yang menjadi daya tarik, kulinernya pun punya kekuatan magis yang bisa membuai para pengunjung kota ini. Tak heran, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang menjadikan Jogja sebagai tujuan liburannya. Untuk mendapatkan tiket pesawat murah ke Jogja, sekarang lebih enak karena kita bisa membandingkan harga dari berbagai situs perjalanan maupun maskapai hanya dengan mencarinya lewat Wego. Berkunjung ke Jogja tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi Gudeg, yang menjadi salah satu ikon kuliner Jogja. Banyak penjaja gudeg yang dengan mudahnya kita temui di berbagai penjuru kota. Tak heran, “Kota Gudeg” menjadi sematan nama lain dari kota ini. Dan selalu ada tempat untuk menikmat gudeg enak di Jogja. Pun dengan penjaja gudeg yang satu ini yang muncul menjadi “legenda baru” di kancah pergudegan kota Jogja: Gudeg Sagan. Yah, gudeg yang “baru” lahir di tahun 2003 ini, sudah punya banyak pelanggan fanatik. Dan tampaknya saya menjadi salah satunya sejak pertama kali berkunjung di Gudeg Sagan.


Pertama kali mendengarnya dari rekomendasi beberapa teman yang bilang bahwa kalau ke Jogja harus coba sambangi Gudeg Sagan ini. Dan ketika mendapat kesempatan mengunjungi sebuah acara di salah satu kampus di kota ini, saya pun meluangkan waktu untuk memenuhi rasa penasaran akan gudeg ini. Gudeg Sagan bertempat di bangunan rumah yang tampak besar, beberapa meja tampak terisi para pelanggannya ketika saya datang, baik yang makan di tempat atau membungkusnya untuk disantap di tempat lain. Di daftar menu tampak ada yang unik terlihat, tak cuma nasi, bubur pun bisa kita pilih menjadi makanan pokok, yang tentunya ditemani gudeg dan krecek. Dan untuk lauknya terdapat beberapa opsi sesuai selera kita: tempe, tahu, telur bebek yang dibumbu pindang, sayap, paha (termasuk cekernya), kepala, dada, ati rempelo dan uritan.


Setelah menimbang-nimbang, saya pilih Bubur Gudeg Krecek dengan Kepala dan Ati Rempelo. Selain gudeg manis yang bercumbu dengan krecek yang punya cubitan rasa pedas, koentji dari unggulnya Gudeg Sagan ini terletak pada kuah santan kelapa alias areh nya. Rasa manis gurih yang diberikan bener-bener manjakan indera pengecap kita, dan dengan sempurna membalut potongan ayam kampung dengan daging lembut dan bumbu yang meresap sampai ke hati penikmatnya. Ah, cita rasa arehnya memang melenakan. Tak butuh waktu lama untuk menuntaskan makan siang saya yang ini. Dan tanpa sadar saya sudah memesan porsi kedua: Bubur Gudeg Krecek Paha Atas. Duh, maafkanlah diriku yang tidak sanggup menahan godaan rasa nikmat ini. Untuk menu dan daftar harga di Gudeg Sagan bisa dilihat di gambar di atas yah.

Sebagai kota wisata, Jogja pun menyediakan banyak fasilitas penginapan dengan berbagai tingkatannya. Dan untuk memilihnya, kita juga gak perlu repot lagi karena bisa temukan daftar hotel di wego, yang membandingkan harga penginapan dari beragam situs-situs perjalanan terpercaya. Kamu cukup buka Wego untuk mendapatkan penawaran wisata terbaik yang ada, jadi jangan lupa klik wego sebelum merencanakan liburan kamu! Setelah tiket pesawat dan hotel sudah di tangan, menyusun daftar tempat wisata budaya dan kuliner yang akan kita kunjungi juga hal yang tidak boleh dilewatkan. Dan saya rekomendasikan untuk menaruh Gudeg Sagan di dalam daftar tujuan wisatamu di Jogja.


Peta dan Alamat Gudeg Sagan Jogja:
Jl. Prof. Dr. Herman Yohanes No. 53, Sagan, Yogyakarta
Koordinat GPS: -7.77792, 110.37971


Kuliner lain di kota ini:



4 comments:

  1. Ya ampun, liur saya hampir berlelehan pas baca ulasannya Mas Banyu. Kayaknya njitak banget ya rasanya.

    ReplyDelete
  2. kayaknya bakal jadi tempat favorit saya kalo ke jogja ini... :D

    ReplyDelete
  3. Ya Allah jadi pengen ke Jogjakarta lagi (aamiin). Aku penikmat gudeg karena rasanya manis pas buat teman nasi

    ReplyDelete