Sunday, August 27, 2017

Kuliner Pemalang - Nasi Grombyang H. Warso


Kuah serupa soto yang segar yang berwarna pekat dengan parutan sangrai kelapa yang dibiarkan "mengotori" semangkuk nasi, plus potongan daging sapi yang gurih dan taburan bawang daun, seolah mengharuskan kita yang tengah melintasi kota Pemalang untuk mencicipi Nasi Grombyang ini. Apalagi ditambah dengan sate sapi dalam balutan bumbu kelapa yang legit sebagai pelengkapnya.


Wisata Kuliner Indonesia #411
Kuliner Pemalang
Nasi Grombyang H. Warso
Jl. R.E. Martadinata Pelutan, Pemalang, Jawa Tengah
Telp: 0284-325460


Seorang kawan baikku yang asli orang Pemalang, selalu mengiming-imingi kelezatan Nasi Grombyang yang hanya bisa ditemui di kota Pemalang. Tak heran, begitu saya ada kesempatan untuk berkunjung, hanya satu yang ada di pikiran saat itu yaitu harus bisa menyempatkan diri mencicipi kelezatan kuliner khas Pemalang ini. Nasi Grombyang H. Warso menjadi salah satu destinasi kuliner Pemalang yang banyak dikunjungi para pelanggannya baik yang berasal dari dalam kota maupun para tamu yang tengah berada atau melintasi kota ini. Tak terkecuali saya yang sudah lama penasaran akan cita rasa Nasi Grombyang ini. Jam belum menunjukkan waktu makan siang ketika saya menyambangi tempat ini, tapi para pelanggan sudah memenuhi sekitar 75% bangku yang tersedia. Tidak lama setelah saya pesan, semangkuk Nasi Grombyang hadir di hadapan saya. Nasi dalam mangkuk kecil disiram kuah berwarna pekat dengan campuran kelapa sangrai yang seolah membuat kuahnya keruh. Potongan daging sapi pun hadir dengan taburan bawang daun dan bawang goreng. Seperti biasa ritual yang saya jalani dalam mencicipi hidangan berkuah adalah tidak terburu-buru menyantap isi nasinya. Pertama saya seruput dulu kuahnya, ada rasa gurih yang kaya rempah dengan parutan kelapa sangrai yang sengaja dibiarkan "mengotori" kuahnya untuk mempertegas rasa gurih itu yang muncul dari cita rasa kaldu daging sapi. Daging sapinya pun terasa elok, potongannya terasa empuk dengan rasa bumbu yang meresap ke setiap serat dagingnya.


Tak hanya sajian nasi grombyangnya, tersaji pula piring yang penuh dengan sate daging sapi yang sulit untuk ditolak panggilannya. Tapi tunggu dulu, sate ini tidaklah seperti layaknya sate yang biasa kita santap. Sate ini terbalut bumbu kelapa yang menghadirkan rasa gurih dari kelapa berpadu dengan semburat rasa manis. Sangat cocok untuk dipadupadankan dengan hidangan utama sang nasi grombyang. Porsi mangkuk yang kecil pun membuat kita tak sadar menghabiskannya dalam waktu singkat, dan segera berujar "Mas, satu lagi!"


Konon dulu, daging pada nasi grombyang ini beserta satenya menggunakan daging kerbau. "Tapi sekarang nyari daging kerbau susah, jarang yang jual. Makanya kita pake daging sapi", begitu kata salah seorang pegawai yang melayani kami ketika membayar makanan yang kita santap. Seporsi Nasi Grombyang di sini harus ditebus dengan harga Rp. 16.000, sedangkan satu tusuk sate sapinya harganya Rp. 4.000. Lokasi Nasi Grombyang H. Warso ini berada di Jl. RE Martadinata, tak jauh dari alun-alun kota Pemalang. Kedai ini buka sejak pagi, sekitar pukul 9 sampai malam hari sekitar pukul 10. Dan menjelang malam tiba, ruas jalan RE Martadinata ini semakin ramai dengan banyaknya para pedagang kaki lima yang menawarkan sajian kuliner lain dari Kota Pemalang ini termasuk beberapa kedai nasi grombyang. Silakan pilih penjaja yang mana, tapi jangan pernah tinggalkan kota Pemalang tanpa mencicipi Nasi Grombyang.

Peta dan Alamat Nasi Grombyang H. Warso:
Jl. R.E. Martadinata Pelutan, Pemalang
Koordinat GPS: -6.88702, 109.38057


Kuliner lain di kota ini:



5 comments:

  1. Duh bacanya kok jadi ngences kang, bisa ajaaa deh tulisannya, makin penasaran sama Pemalang...

    ReplyDelete
  2. Save, kalau ke Pemalang insyaallah mampir.

    ReplyDelete
  3. udah pernah cobain waktu kmrn mudik k pemalang kampung mertua,,rasanya memang enak dan benar satu mangkok aja gak cukup loohhh

    ReplyDelete
  4. Kota saya nih. Tiap pulang kampung pasti mampir kesitu. Mantappppp nikmattt

    ReplyDelete
  5. aku belum pernah nyoba nasi grombyang, tapi terlihat sangat enak ya jadi penasaran sama rasanya..

    ReplyDelete