Saturday, April 22, 2017

Kuliner Semarang - Gudeg Abimanyu


Wisata Kuliner Indonesia #407
Kuliner Semarang
Gudeg Bu Lasmi (Gudeg Abimanyu)
Jl. Abimanyu VII/6, Semarang
Telp: 024-3542100; 081229910281


Gudeg memang identik sebagai Kuliner Yogyakarta, tapi ada beberapa kota yang punya penjaja gudeg yang terkenal dan hadirkan ciri khas yang berbeda dengan gudeg di Jogja. Misalnya di Bandung ada Gudeg Yu Nap yang hadirkan daun singkong sebagai pelengkapnya. Nah di Semarang ada satu tempat makan gudeg yang "highly recommended" yaitu Gudeg Abimanyu. Nama asli tempatnya sebenarnya Gudeg Bu Lasmi, tapi karena lokasinya ada di Jl. Abimanyu, orang lebih mengenalnya sebagai Gudeg Abimanyu. Apa kelebihan dan ciri khas yang membuat gudeg di sini berbeda dengan sajian gudeg di tempat lainnya?

Silakan pilih "teman" gudegmu sesuai selera
Berbeda dengan gudeg Jogja pada umumnya, rasa dan "konten" dalam Gudeg Abimanyu ini memang lebih kaya. Dalam satu porsi gudeg yang tersaji kita bisa temukan sayur gudeg, sambal krecek, sambal goreng kentang, ayam, telur pindang, koyor, serundeng manis, kol dan daun singkong, dan diguyur kuah areh. Lebih banyak isinya kan? Gudegnya tidak terlalu manis seperti gudeg Jogja, ada sentuhan rasa gurihnya, tapi ada kuah areh yg sajikan rasa legit dan gurih. Daun singkong dan kol pun surprisingly bisa memperkaya cita rasa dari sajian ini, tidak hanya menjadi sayur hiasan, tapi menjadi pelengkap rasa yang menjadikan Gudeg Abimanyu ini istimewa. Belum lagi telur pindang, koyor, serundeng dan sambal goreng kentang yang tidak biasa kita temukan di sajian gudeg pada umumnya. Jadi dibanding Gudeg Jogja yang "hanya" sajikan rasa manis dan pedas (dari sambal kreceknya), gudeg Abimanyu ini lebih beragam baik dari sisi rasa maupun tekstur isiannya.

Pilihan Menu dan Harga Gudeg Abimanyu
Gudeg Abimanyu buka sejak pukul 6 pagi sampai 3 sore, tapi selepas jam makan siang siap-siap saja kehabisan beragam sajian yang ada. "Kalo mau sampe malem ke cabang kami saja yang di Jl. Depok", begitu ujar sang pramusaji sembari sibuk melayani pelanggan yang pagi itu datang silih berganti. Jalan masuk ke warung gudeg ini tidaklah besar, hanya cukup dua mobil paspasan. Jadi biasanya para pelanggan yang membawa kendaraan roda empat akan memarkirnya di Jl Imam Bonjol, jalan besar di depan Jl. Abimanyu VII. Kedainya tidaklah besar, di bagian depan akan kita temui seorang ibu yang sigap melayani pesanan pilihan kita, karena tentunya kita bisa pilih kawan gudeg yang akan kita santap seperti opor ayam, koyor, telur pindang dan sebagainya. Jika kamu penggemar gudeng dan lagi di Semarang, sempatkanlah untuk mencoba sarapan di Gedeg Abimanyu, dijamin ketagihan :)


Gerbang Jl. Abimanyu VII, jalan kecil tempat kedai Gudeg Abimanyu berada

Peta dan Alamat Gudeg Abimanyu:
Jl. Abimanyu VII/6, Semarang
Koordinat GPS: -6.97522, 110.41285




Kuliner lain di kota ini:



3 comments:

  1. Baru tau, gudeg ada kobisnya juga. Kreatif Bu Lasmi.

    ReplyDelete
  2. Salam kenal mas, saya kalau masalah makanan apalagi gudeg,,, waduh, gak nahan bikin laper mulu,,,

    ReplyDelete